Siapkan Hari Tuamu, 6 Tips Menabung Ala Mahasiswa Perantauan!

Jangan biarkan dirimu menyesal karena tidak menabung di masa muda


Ilustrasi menabung (pixabay.com/stevepb)

Kebiasaan menabung adalah suatu hal yang perlu dilatih sejak dini. Hal itu dimaksudkan supaya kita dapat memanagemen keuangan kita saat kita sudah dewasa nantinya, juga untuk mempersiapkan masa tua.

Tapi, pernahkah kalian yang mahasiswa apalagi di perantauan sering skip kebiasaan satu ini karena alasan uang yang pas-pasan? Tenag saja, di bawah ini ada tips bagi kalian yang merasa kesusahan untuk berhemat dan tetap menabung

1. Membuat anggaran, sisihkan sebagian uangmu untuk menabung

Ilustrasi penganggaran (Pixabay.com/ Megan Rexazin)

Sebetulnya, membuat anggaran adalah satu hal yang perlu dilakukan agar kita dapat mengontrol diri kita supaya tidak boros dan menggunakan uang kita seperlunya saja. Jika awal bulan waktunya dapat kiriman dari orang tua, hal pertama yang kita lakukan adalah membuat anggaran.

Anggaran yang kita buat, biasanya mencakup kebutuhan sehari-hari serta kebutuhan pendidikan seperti buku penunjang perkuliahan bagi mahasiswa perantauan. Dalam membuat anggaran, pastikan untuk menyisihkan sebagian uang kita sebagai tabungan.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Mahasiswa dan Pelajar

2. Boleh jajan, asalkan tidak sering

Aneka jsjanan fastfood (pixabay.com/ DanaTentis)

Ketika mendapatkan uang bulanan, tentunya kita akan berpikir untuk membeli barang-barang atau makanan yang sudah lama kita inginkan. Eits, tunggu dulu! Pikirkan matang-matang sebelum kita membeli barang ya. Sebetulnya, sah-sah saja kok kalau ingin jajan, hitung-hitung self reward karena sudah bisa melalui hari-hari penuh cobaan dan tantangan di bulan sebelumnya.

Cuma, hati-hati duit boncos dan tidak menabung gara-gara habis untuk beli jajan mahal dan enak dengan kedok self reward. Harus tetap bijaksana untuk menggunakan uang ya, guys!

3. Pintar-pintarlah mencari peluang

Ilustrasi mencari peluang (pixabay.com/Firmbee)

Hidup jauh dari orang tua, terkadang menuntut kita untuk berpikir lebih kreatif. Karena uang bulanan pas-pasan mengharuskan kita untuk tidak diam saja, namun memutar otak agar dapat menghasilkan uang tambahan. Uang tambahan dapat dihasilkan dengan berbagai cara, mulai dari yang tanpa modal dengan bekerja freelance lewat internet atau juga berbisnis online shop. Hitung-hitung untuk mendapatkan pengalaman atau berlatih berwirausaha.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja?, Ini Manfaat dan Resikonya!

4. Jangan malas, masak sendiri

Memasak sendiri (Pixabay.com/ Congerdesign)

Hal sepele namun penting. Memasak dan mencuci adalah suatu hal yang kadang membuat kita malas untuk melakukannya. Alih-alih memasak sendiri, kita lebih memilih untuk makan di luar. Alih-alih mencuci sendiri, kita lebih memilih untuk laundry karena menganggap kegiatan-kegiatan ini ribet.

Tapi, sebagai anak kost yang jauh dari pantauan orang tua, jangan terlalu berharap untuk ada yang memasakkan atau mencucikan baju kita. Daripada berharap, lebih baik luangkan waktu dan jangan bermalas-malasan. Selain menghemat, memasak juga dapat menjamin nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

5. Membuat rekening terpisah khusus untuk menabung

Ilustrasi membuka rekening baru (pixabay.com/JesusManuel1)

Ada baiknya kita memisahkan uang kita. Dengan membuat rekening khusus untuk menabung akan membuat kita lebih berhati-hati untuk menggunakan uang. Kita juga tidak perlu mengotak-atik rekening karena sejak awal sudah dimantapkan sebagai rekening untuk menabung dan menyisihkan sebagaian uang kita.

6. Mencoba investasi

Ilustrasi investasi (pixabay.com/ nattanan23)

Di era yang sudah modern ini, investasi adalah hal yang lazim kita dengar. Investasi dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menyimpan uang kita. Tapi, jangan sampai uang tabunganmu dialokasikan untuk investasi, ya.

Investasi ini sifatnya high risk high return. Jadi alangkah lebih baiknya, investasi perlu dipelajari dan jangan hanya tergiur dengan tingkat pengembaliannya. Dibalik itu, nilai uang yang kita investasikan ke dalam reksadana maupun saham dapat anjlok sewaktu-waktu.

Sudah tahu tips-tipsnya, bukankah jadi lebih semangat untuk menabung? Yuk, menabung mulai sekarang dan jangan sampai menyesal di hari tua.

Baca Juga: 8 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Dilakukan Mahasiswa

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *