6 Tempat Wisata Edukasi di Bandar Lampung, Murah dan Ramah Anak!


Tempat wisata edukasi di Bandar Lampung

Saat ini, wisata edukasi makin banyak dipilih sebagai tempat wisata favorit keluarga. Pasalnya, tak hanya bisa pelesiran, wisata edukasi juga memberikan pengalaman wisata sambil belajar dengan menyenangkan.

Meski identik dengan wisata ramah anak, nyatanya wisata edukasi juga cocok untuk remaja dan dewasa yang sangat instagramable.

Bandar Lampung, yang merupakan ibukota dari provinsi Lampung, ternyata menyimpan banyak tempat wisata edukasi. Walaupun lebih dikenal dengan tempat wisata pantainya, namun tempat wisata edukasi di Bandar Lampung ini ternyata tidak kalah kerennya.

Kali ini BekelSego akan sharing tentang beberapa wisata edukasi di Bandar Lampung paling populer!

1. Museum Lampung

Museum Lampung (wikipedia)

Museum Lampung adalah salah satu tempat kunjungan wisata sejarah sebagai sarana pendidikan, penelitian dan rekreasi. Di halaman museum, bahkan terdapat beberapa koleksi unik museum ini akan sudah menyambut setiap pengunjung. Tampak meriam kuno peninggalan masa penjajahan menjadi salah satu ikon dari Museum Lampung itu sendiri.

Selain meriam, replika rumah adat Lampung juga berdiri di halaman museum. Rumah adat lampung dikenal berbentuk rumah panggung yang dimaksudkan untuk melindungi si pemilik rumah dari binatang buas dan ada juga bola besi pembuka lahan.

Bola besi ini identik dengan identitas Lampung sebagai daerah tujuan transmigrasi pada tahun 1953-1956. Bola besi ini digunakan untuk membuka lahan transmigrasi di wilayah Kabupaten Lampung Timur, khususnya Raman Utara dan Purbolinggo, serta di Kabupaten Lampung Tengah khususnya Seputih Banyak, dan Seputih Raman.

Baca Juga:

2. Kampung Belajar D’lima

Kampung Belajar D’lima (Tribun Lampung)

Lokasinya berada di tengah permukiman padat penduduk, tepatnya Jalan Untung Surapati, Gang Tanjung, Kelurahan Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung. Sesuai namanya, Kampung Belajar merupakan sebuah tempat yang menyediakan berbagai fasilitas bagi anak-anak, mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga SMA dan mahasiswa, untuk mendapatkan wawasan dan pengalaman yang tidak ada di bangku sekolah.

Di sini, anak-anak diajarkan untuk belajar mandiri sekaligus lebih bersosialisasi dengan teman-temannya. Bahkan, anak-anak diedukasi untuk bisa lebih menghargai alam dan lingkungannya. Semuanya bisa diperoleh melalui permainan berbasis edukasi yang diberi nama unik.

Sebut saja seperti moving bomb (memindahkan bom), bambu gundu, tarkot alias tarsan kota, perahu getek, menangkap ikan, memberi makan kelinci, hingga pipa bocor. Selain itu, anak-anak bisa belajar bercocok tanam di tempat ini hingga mempelajari anatomi ikan.

3. Lembah Hijau

Lembah Hijau (xpressticket.co.id)

Memadukan  antara rekreasi, nuansa kesegaran alam nan hijau dan pengetahuan, taman wisata ramah anak yang berlokasi di Bandar Lampung ini berdiri di atas kawasan lembah dengan luas 30 Ha.

Berbagai wahana sarana rekreasi keluarga menarik tersedia mulai dari yang bernuansa hiburan, ilmu pengetahuan alam hingga petualangan. Saat ini Lembah Hijau memiliki Kebun Binatang dengan pengelolaan yang terbaik di sumatera. Gajah sumatera dari Way Kambas pun siap menyambut pengunjung dengan atraksinya dan safari berkeliling taman wisata serta arena  panggung hiburan yang menampilkan satwa-satwa pintar seperti: orang utan, burung dan berang-berang.

Beberapa fasilitas wisata berupa: cottages, restoran, meeting room, hiburan keluarga, waterboom, outdoor activity (Outbound Training Center, Outbound Kids & Children Playground, Camping Ground, Paint Ball & Air Soft Guns), Taman Satwa, Wahana Permainan (Mini Train, Carousel, Cinema 4 Dimensi, Boom-Boom Car, Rumah Hantu).

4. Rumah Stroberi dan Taman Kelinci Lampung

Rumah Strowbery & Taman Kelinci Lampung (tribun lampung)

Tempat wisata edukasi di Bandar Lampung ini mengusung tema Taman Edukasi, sehingga Kebun Stroberi dan Taman Kelinci Lampung ini memiliki tujuan utama untuk mengedukasi masyarakat tentang tanaman hidroponik.

Kebun Hidroponik di Rumah Stroberi ini tidak hanya berisi Stroberi saja. Masih ada beberapa jenis sayuran lainnya macam kangkung, sawi, sawi pahit, dan wortel. Anak-anak PAUD, TK, SD sudah banyak yang berkunjung ke Rumah Stroberi dan Taman Kelinci Lampung untuk mengenal lebih jauh tentang cocok tanam hidroponik.

Untuk kunjungan paket fieldtrip serta outing class, akan ada materi pengenalan dasar hidroponik sederhana, membuat media tanam hidroponik sederhana, menyemai, menanam, memberi nutrisi, merawat, panen bersama, serta interaksi dengan kelinci, memberi makan kelinci, bermain dengan kelinci, kontak langsung interaksi dengan kelinci di Taman Kelinci Lampung.

Baca Juga:

5. Taman Wisata Religi dan Edukasi Lembah Naga Kedaung

Taman Wisata Religi dan Edukasi Lembah Naga Kedaung (jumanto,com)

Tempat wisata edukasi di Bandar Lampung ini baru dibuka saat tahun 2021. Berada di lahan seluas kurang lebih 10 hektar, tempat wisata ini mengusung konsep wisata alam dan juga religi serta edukasi. Ke depannya, di lembah ini, akan dibangun pondok pesantren dan juga madrasah atau sekolah.

Karena terbilang masih baru, maka wajar jika fasilitas yang ada mungkin belum terlalu lengkap saat saya liburan ke sana. Namun, ke depannya saya yakin fasilitas dan wahananya akan makin lengkap.

Baca Juga:

6. Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung

Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung (Instagram/@visitindonesia)

Salah satu destinasi wisata edukasi di Bandar Lampung tak boleh ketinggalan adalah Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung. Lokasinya berada di Jalan Wan Abdurrahman, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Wisata edukasi di Bandar Lampung ini didesain menyerupai habitat asli kupu-kupu sehingga nyaris menyerupai hutan. Tapi selain alam bebas, di sana juga ada laboratorium kupu-kupu untuk melihat proses metamorfosisnya, museum serangga, perpustakaan, sampai tempat main anak.

Jika beruntung kamu bisa saja lho melihat bunga bangkai yang kadang kala tumbuh di sana.

Itulah beberapa tempat wisata edukasi di bandar Lampung. Ternyata destinasi wisata ramah anak ini juga instagramable banget ya. Kamu mau ke mana nih akhir pekan ini?

Baca Juga: Berada di Lereng Gunung Lawu, Berikut 5 Tempat Wisata di Karanganyar


Novice