5 Tempat Wisata Bekas Tsunami Aceh yang Wajib Dikunjungi!


Museum Tsunami Aceh

Tsunami Aceh yang melanda Tanah Rencong pada 26 Desember 2004 silam menyisakan pilu dan kerugian besar. Bencana besar yang diawali dengan gempa berkekuatan 9,3 magnitudo itu merenggut setidaknya 230 ribu nyawa.

Walaupun telah dilanda oleh bencana besar, masyarakat dan Pemerintah Aceh bahu-membahu untuk membangun kembali Aceh. Aceh yang sekarang sangat berbeda dari pada Aceh yang dulu usai dilanda bencana besar itu.

Namun, bukti bekas bencana besar tsunami tersebut dapat ditemukan pada beberapa tempat di bumi Aceh. Simak penjelasan lengkap mengenai beberapa tempat wisata bekas Tsunami Aceh yang wajib dikunjungi.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman (wikipedia)

Mengenang 18 tahun Tsunami Aceh, masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh merupakan saksi bisu bencana besar itu. Masjid yang dibangun pertama kali pada tahun 1612 ini menjadi tempat perlindungan masyarakat ketika tsunami datang.

Masjid Raya Baiturrahman berada tepat di tengah pusat Kota Banda Aceh, persisnya beralamat di Jalan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Selain menjadi tempat wisata religi dan salah satu saksi Tsunami Aceh, masjid ini juga menjadi tempat kegiatan agama dan jadi tujuan utama masyarakat yang datang ke Banda Aceh. Ibarat kata kalau belum ke Masjid Raya Baiturrahman maka belum ke Banda Aceh. 

2. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh (museumtsunami.id)

Museum Tsunami Aceh adalah sebuah museum yang sengaja dibangun untuk mengenang kenangan pahit Tsunami Aceh 18 tahun silam. Museum ini di desain langsung oleh salah satu orang yang terkenal di Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil.

Berwisata di Museum Tsunami Aceh dapat menjadi tambahan tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Aceh. Museum ini berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh dan sangat dekat dengan Masjid Raya Baiturrahman.

Pengunjung dapat menikmati aneka peninggalan pasca tsunami seperti salah satunya helikopter bekas tsunami. Tidak hanya itu terdapat beberapa koleksi museum lain yang menarik untuk dilihat.

Baca Juga:

3. Museum PLTD Apung

Museum PLTD Apung (atourin)

Tempat wisata bekas Tsunami Aceh berikutnya adalah Museum PLTD Apung. Museum ini terletak di Desa Punge, Blang Cut, Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Museum ini sebenarnya merupakan kapal milik PLN yang terdampar ke pemukiman pasca tsunami.

Kapal ini menjadi saksi dibalik derasnya dentuman gelombang tsunami pada 2004 silam. Dalam museum pengunjung menikmati beberapa koleksi mengenai tsunami, mulai dari cerita tsunami dari sudut pandang kapal tersebut hingga penyebab tsunami bisa terjadi.

4. Kapal di atas rumah

Kapal di atas rumah (bithe.co)

Wisata bekas tsunami berikutnya yang dapat dikunjungi adalah Kapal di atas Rumah yang berada di Lampulo, Kota Banda Aceh. Kapal ini merupakan media yang selamatkan 59 awak kapal yang hendak berpergian ke Lhoksumawe.

Usai tsunami terjadi kapal ini terangkut di atas rumah milik salah sorang warga. Saat ini kapal ini menjadi destinasi wisata bekas tsunami yang wajib dikunjungi saat berada di Banda Aceh.

Pada area kapal terdapat beberapa informasi mengenai kapal tersebut. Tidak hanya itu detail peristiwa yang dialami kapal saat tsunami pun turut di informasikan.

Baca Juga:

5. Masjid Rahmatullah

Masjid Rahmatullah

Tempat wisata bekas tsunami terakhir adalah Masjid Rahmatullah. Selain Masjid Raya Banda Aceh, masjid ini juga menjadi saksi derasnya tsunami Aceh. Masjid ini terletak sangat dekat dengan bibir pantai yaitu  sekitar 500 meter.

Masjid Rahmatullah berada di Pantai Lampuuk, Lhoknga, Aceh Besar. Bangunan masjid tetap kokoh meski diterpa derasnya gelombang tsunami.

Demikianlah beberapa tempat wisata bekas tsunami Aceh dan telah berlalu 19 tahun yang lalu.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata di Dieng Yang Harus Masuk List Liburanmu!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Terkasih atas artikel yang mengagumkan tentang provinsi-provinsi dan geografi Indonesia! Sungguh menarik untuk mempelajari lanskap dan budaya yang beragam di kepulauan ini. Saya sangat menghargai usaha Anda menyajikan gambaran yang komprehensif. Ada rekomendasi pribadi untuk tempat wajib dikunjungi atau tempat tersembunyi di provinsi-provinsi Indonesia? Saya sangat bersemangat untuk menjelajahi lebih banyak dan akan sangat senang mendapatkan wawasan lokal! 🌴🗺️✨