Lakukan 5 Kegiatan Berikut Jika Anda Merasa Kesepian! Perasaan Dapat Merasa Terhibur


Ilustrasi merasakan kesepian (pixabay.com)

Siapapun dapat mengalami kesepian. Namun, cara untuk mengatasi kesepian bisa berbeda-beda setiap orang. Beberapa orang bisa sendirian dan tidak merasa kesepian, tetapi Sebagian yang lain bisa berada di keramaian dan merasa kesepian.

Kesepian adalah perasaan yang umum terjadi pada setiap orang. Banyak anak muda hingga dewasa sering berpikir jika mereka pernah mengalami kesepian. Namun yang mungkin tidak Anda sadari adalah kesepian merupakan perasaan yang paling sering terjadi pada anak muda.

Hampir 10 persen anak muda mengatakan mereka sering mengalami kesepian. Hampir 70 persen anak muda mengatakan mereka merasa sendirian selama di tempat ramai.

Mungkin Anda sering menyangkal bahwa tidak mungkin merasa kesepian jika berada di keramaian. Namun yang perlu Anda ketahui adalah tidak apa-apa untuk merasa kesepian kadang-kadang.

Pada intinya, kesepian bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Jika ini terjadi, Anda mungkin akan merasa sedih dan kecewa dengan kenyataan. Kesepian dapat meliputi rasa cemas, enggan, menyendiri, dan bahkan terpisah dengan orang-orang di sekitar Anda.

Beberapa orang mengaitkan kesepian dengan kesehatan mental. Orang dewasa dengan masalah kesehatan mental mungkin akan mengalami kesepian dua kali lebih sering dibandingkan anak-anak muda pada umumnya.

Rasa kesepian yang terlalu sering bisa menyebabkan isolasi, pembicaraan negatif pada diri sendiri, depresi, rendahnya harga diri, dan perasaan hampa. Jika Anda merasakan kesepian, maka tidak ada salahnya untuk mengatasi rasa ini.

Kesepian yang terlalu sering dapat berpengaruh pada masalah kesehatan, baik fisik, mental, maupun emosional. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu merencanakan kegiatan agar tidak merasa kesepian lagi. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di antaranya berikut.

1. Tuliskan kenangan positif

Jika mulai merasa kesepian, maka tidak ada salahnya jika Anda menuliskan kenangan positif yang Anda miliki. Dedikasikan 15 menit per hari untuk mencatat momen spesial yang Anda bagikan dengan teman dan keluarga.

Menuliskan kenangan positif cukup untuk mengatasi perasaan negatif. Tidak punya cukup waktu untuk menulis, maka Anda bisa mengenang kenangan manis yang pernah Anda lalui. Kenangan paling istimewa dapat membantu Anda melewati rasa kesepian.

Baca Juga:

2. Berinteraksi dengan binatang

Rasa kesepian mungkin bisa muncul kapan saja. Untuk mengatasinya, maka Anda dapat berinteraksi dengan hewan. Interaksi dengan hewan memiliki kekuatan untuk melepaskan dopamine di otak.

Dopamine di otak dapat menciptakan perasaan senang dan kebahagiaan. Anda bisa mengajak hewan peliharaan jalan-jalan atau hanya sekedar bermain dengan mereka. Terkadang berinteraksi dengan binatang dapat memulihkan perasaan hati Anda.

3. Berkomunikasi dengan orang terdekat

Ketika rasa sepi itu datang, tidak ada salahnya untuk mencoba terhubung dengan orang terdekat Anda. Jika Anda memiliki teman, keluarga, atau relasi lama yang mungkin kehilangan komunikasi dengan Anda, tak ada salahnya menciptakan komunikasi lagi dengan mereka.

Anda bisa katakana jika Anda ingin merasa terhubung lagi dengan mereka. Mungkin Anda bisa katakan mengapa Anda ingin berkomunikasi dengan mereka lagi. Betapa Anda merindukan mereka, mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi rasa kesepian Anda.

4. Ikut komunitas

Merasa kesepian perlu untuk diatasi. Perasaan sepi mungkin terasa tidak menyenangkan untuk dialami. Anda bisa mengatasinya dengan berencana untuk mengikuti komunitas, seperti klub atau grup.

Mulai dari komunitas yang memiliki hobi sama dengan Anda hingga klub bermanfaat bagi pengembangan diri Anda. Mungkin Anda bisa mengikuti grup yang bisa Anda gunakan untuk berbagi cerita bersama.

Baca Juga:

5. Lakukan Hobi

Jika kesepian sedang Anda rasakan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan hobi atau kegiatan yang paling Anda sukai. Kegiatan ringan seperti merajut, menggambar, atau berkebun merupakan kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika sendirian.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan jika merasa kesepian. Kesepian adalah perasaan yang wajar dan hampir dirasakan oleh setiap orang. Kesepian yang terus-terusan dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan mental, fisik, dan emosional.

Baca Juga: Kerap Merasa Hampa dan Kesepian? 5 Tips Berikut Ampuh Mengatasinya!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.