6 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Selain beberapa tips menjaga kesehatan mental ini, kamu juga harus sering berolahraga


Kesehatan mental (pixabay.com/WOKANDAPIX)

Setiap orang pasti pernah merasakan stres, hal itu wajar karena setiap manusia pasti memiliki permasalahannya sendiri-sendiri tetapi jangan sampai karena masalah yang ada di dalam diri kita membuat kesehatan mental kita terganggu.

Berikut beberapa beberapa hal yang bisa dilakukan atau tips menjaga kesehatan mental.

1. Melakukan hobi

Ilustrasi melakukan hobi

Kita pasti memiliki hobi, entah menari, menulis, membaca ataupun yang lainnya. Dengan melakukan hobi tentu kita akan merasakan senang dan juga bebas.

Psikologi positif yang merupakan bentuk psikologi yang relatif baru, menekankan pengaruh positif dalam kehidupan seseorang. Ini mungkin termasuk kekuatan karakter, emosi optimis, dan institusi yang konstruktif. Teori ini didasarkan pada keyakinan bahwa kebahagiaan berasal dari faktor emosional dan mental.

Teori ini menerangkan bahwa hobi bisa menjadi hal yang luar biasa untuk relaksasi sehingga membuat pikiran kita lebih positif. Dengan melakukan hobi setelah aktivitas yang panjang dan melelahkan juga bisa meningkatkan produksi dopamin yang bisa membuat suasana hati kita menjadi lebih bahagia dan rileks.

2. Tidur yang cukup

Ilustrasi cukup tidur

Kelelahan karena terus beraktivitas sepanjang hari juga bisa membuat suasana hati kita menjadi lebih buruk dan mudah stres, atau bahkan memiliki emosi yang tinggi. Dengan tidur yang cukup kita bisa menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat dan juga bisa memperbaiki suasana hati sehingga membuat kita menjadi lebih segar dan bahagia.

Dengan memiliki waktu tidur yang cukup juga meningkatkan energi kita sehingga kita bisa melakukan banyak aktivitas di keesokan harinya.

Baca Juga:

3. Jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan

Ilustrasi sedih (pixabay.com/1388843)

Setiap manusia pasti pernah mendapatkan masalah, tetapi setiap masalah juga pasti memiliki solusi masing-masing. Kita tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan karena hal tersebut bisa membuat kita merasakan depresi dan stres. Selain itu kita juga cenderung menyalahkan diri kita sendiri sehingga kita makin merasa bersalah atas masalah yang terjadi sehingga kita cenderung makin depresi dan sedih.

Sedih berkepanjangan juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Dampaknya kita bisa mengalami nyeri dada, sesak napas, dan nyeri lengan kiri. Hal ini disebabkan rasa sedih akan membuat tubuh kita menjadi siaga karena tekanan hormon stres. Jadi selain berdampak terhadap kesehatan mental, berlarut dalam kesedihan juga bisa berdampak buruk terhadap kesehatan fisik kita.

4. Fokus dengan diri sendiri

Ilustrasi fokus pada diri sendiri

Kadang tanpa disadari hal yang membuat kita merasa sedih adalah karena kita selalu membanding-bandingkan pencapaian kita dengan orang lain, atau mungkin ketika kita melihat sosial media orang lain yang terlihat lebih bahagia dibandingkan kita.

Hal yang harus kita lakukan adalah kita harus fokus dengan diri kita sendiri. Setiap orang memiliki proses yang berbeda-beda dan juga memiliki pencapaian yang berbeda-beda dan mereka tidak menampilkan semua kehidupan mereka di media sosial yang mereka tampilkan hanya kehidupan yang menyenangkan saja. Dengan fokus terhadap diri sendiri dan juga self love, bisa meningkatkan kesehatan mental kita.

5. Selalu bersosialisasi

Ilustrasi melakukan sosialisasi (pinterest)

Kadang selalu sendirian juga bisa menimbulkan stres karena kita merasa sepi. Kita harus membuka komunikasi dengan orang lain agar menjaga kesehatan mental kita karena dengan berkomunikasi atau bersosialisasi dengan orang banyak kita bisa merasakan bahwa kita tidak sendirian.

Dengan bersosialisasi juga merasa bahwa kita masih memiliki teman yang akan membantu kita dalam keadaan apapun dan bisa menghibur kita. Dengan memiliki lawan bicara kita juga bisa mencegah depresi karena secara tidak langsung teman-teman kita pasti akan membantu menghibur atau memberikan solusi kepada kita.

Baca Juga:

6. Rutin melakukan meditasi

Ilustrasi melakukan meditasi (pixabay.com/leninscape)

Meditasi juga memiliki banyak manfaat di antaranya adalah mencegah dan meringankan stres, depresi, dan kecemasan, mengatur emosi dan melatih pikiran positif. Tentu saja jika kita rutin melakukan meditasi tubuh kita akan merasa semakin tenang dan rileks serta kita merasa bahagia, meditasi juga bisa memberikan ketenangan terhadap diri kita.

Di atas adalah beberapa tips menjaga kesehatan mental kita, semoga tulisan di atas bermanfaat untuk kita semua. Karena kesehatan mental adalah hal yang sangat penting untuk dijaga.

Baca Juga: 5 Manfaat Curhat Untuk Kesehatan Mental, Dari Mengurangi Beban Hingga Menjalin Silaturahmi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *