5 Ide Kegiatan Bonding dengan Anak, Biar Makin Dekat

Banyak cara dan ide kegiatan bonding dengan anak untuk menambah kedekatan hubungan orang tau adan anak. Namun perlu diperhatikan cara yang tepat sesuai karakteristik anak.


Ilustrasi Bonding dengan anak (pexels/ Tatiana Syrikova)

Menghabiskan waktu bersama si kecil menjadi sesuatu yang sangat berharga. Kedekatan dan memperkuat ikatan atau bonding antara anak dan orang tua perlu dilakukan dengan cara yang tepat.

Dalam psikologi, bonding adalah ikatan emosional yang terjalin antara orangtua dan anak. Aktivitas ini membentuk skill attactment atau rasa aman dan dicintai akhirnya membuat anak lebih siap untuk mengeksplorasi dunianya.

Pentingnya Bonding Orang Tua dan Anak

Anak dan orang tua ternyata memiliki ikatan emosional tersendiri. Bonding menjadi salah satu cara merekatkan ikatan itu. Faktanya, bonding dapat meningkatkan kebahagiaan anak, membuat anak merasa dicintai, meningkatkan kepercayaan diri anak, sehingga mampu membangun hubungan yang baik dalam keluarga.

Selain itu, bonding yang dilakukan dapat membuat anak merasa aman dan nyaman. Apabila dilakukan sejak dini, akan membangun sisi keterbukaan anak untuk mampu meluapkan apa yang dirasakannya.

Baca Juga:

Beberapa ide kegiatan bonding dengan anak

Ayah dan bunda bisa melakukan berbagai cara untuk menghabiskan waktu bersama buah hati. Memperkuat bonding sama dengan membangun hubungan dan pondasi yang baik sejak awal. Kegiatan yang dilakukan bersama si kecil dapat menjadi kenangan yang selalu diingat.

Kendati begitu perlu dibarengi dengan sedikit pengetahuan agar anak mengerti artinya batasan, baik yang boleh dilakukan maupun tidak. Berikut ini ide kegiatan bonding dengan anak yang dapat dilakukan.

1. Bermain Bersama

Kegiatan bermain dapat menjadi salah satu cara bonding dengan anak. Ayah dan bunda bisa mengajak anak memainkan permainan sederhana seperti teka-teki sederhana. Anak dapat diberikan tebak-tebakan yang membuatnya berpikir. Jika ia merasa ragu untuk menjawab, ayah dan bunda bisa memberikan jawaban dengan cara yang menyenangkan. Seperti membuatnya menjadi candaan.

Pilihan lainnya, ayah dan bunda bisa mengajak anak ke luar rumah. Ajak ia ke taman bermain untuk sekadar bermain jungkat-jungkit bersama, perosotan, menaiki sepeda, atau bermain bola. Selain meningkatkan bonding, dapat meningkatkan jiwa sosialnya dan melatih motorik halusnya. Wah, banyak juga, ya, manfaatnya.

2. Mengobrol sebelum tidur

Ketika ayah atau bunda sudah lelah bekerja, luangkan waktu untuk mengajak si kecil mengobrol sebelum tidur. Ajak ia menceritakan kegiatannya dalam sehari, hal yang membuatnya terkesan, atau ada hal yang membuatnya marah.

Ada saatnya anak perlu dipancing untuk menceritakan kesehariannya. Dengan begitu, ia akan menaruh kepercayaan kepada ayah dan bunda. Keterbukaan anak sangat diperlukan. Maka dari itu, momen sebelum tidur dapat ayah dan bunda manfaatkan untuk membangun ikatan dengan si kecil.

3. Membacakan buku sebelum tidur

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa membacakan buku kepada anak sebelum mereka tertidur dapat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Nah, ayah dan bunda bisa mencoba cara yang satu ini untuk melakukan bonding dengan si kecil. Bacakan ia dongeng dan cerita lain, tanyakan apa yang menurutnya harus dilakukan di tokoh utama untuk mengatasi masalah yang ia hadapi.

Hal itu dapat membuat anak percaya diri dalam menyampaikan tanggapan dan pendapatnya. Ayah dan bunda bisa meresponsnya dengan sesuatu yang positif.

4. Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah

Ada kalanya ketika ayah dan bunda sedang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah sehingga harus membiarkan anak bermain sendiri. Mungkin ayah bunda bisa memanfaatkan keadaan itu untuk membangun bonding. Caranya dengan melibatkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah. Misalnya membereskan mainannya. Ajak ia menempatkan kembali mainannya ke tempat semula, sembari bersenandung kecil. Bangun suasana yang nyaman saat melakukan kegiatan itu, sehingga anak merasa bahwa membereskan mainan merupakan pekerjaan yang menyenangkan.

Ayah dan bunda juga mesti sabar apabila anak melakukannya agak lama. Karena sejatinya ia juga sedang belajar. Sementara dengan adanya kegiatan itu, anak bisa mengerti soal tanggung jawab dan saling membantu satu sama lain.

Baca Juga:

5. Berbelanja bersama

Kegiatan berbelanja dapat menjadi salah satu cara bonding juga, lho. Ayah dan bunda dapat meminta anak mengecek barang yang sudah dibeli dengan cara memberi tanda cek list. Pun dapat meminta pendapat anak mengenai barang yang akan dibeli dan pertimbangannya. Selain menjalin komunikasi, ayah dan bunda bisa melatih daya berpikirnya dalam memutuskan sesuatu.

Ketika anak ditempatkan pada sesuatu yang memaksanya mengambil keputusan, ia dapat mempertimbangkan beberapa pilihan. Ayah dan bunda jadi lebih mengenal karakteristik anak, caranya berpikir, dan bagaimana ia akan memutuskan sesuatu. Begitu pun sebaliknya. Sebab ia diberikan kesempatan untuk memilih dan memberikan masukan.

Itu lima ide kegiatan bonding dengan anak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hubungan ayah dan bunda dengan si buah hati.

Baca Juga: Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Handphone, Lakukan 4 Langkah Mudah Ini

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *