Merajut, Kegiatan Banyak Manfaat Untuk Mengusir Penat

Selain mengusir penat, merajut juga bisa menghasilkan cuan


11

Halo, saya datang lagi, kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang cara saya menghabiskan waktu ketika sedang tidak ada kegiatan dan hampir mengalami depresi berat. 

Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan tekstil selama hampir empat tahun, di bagian laboratorium. Semuanya berjalan lancar dan saya bisa mengatasi kesulitan itu, hingga suatu ketika, pandemi datang dan memaksa saya dan pekerja lainnya untuk memilih antara mengundurkan diri atau tetap bekerja. Saya memilih untuk mengundurkan diri, karena tekanan bekerja di masa pandemi benar-benar berat dan menguras tenaga maupun pikiran.

Pada awal-awal ada di rumah saya bisa menikmatinya dengan baik-baik saja, dan bisa istirahat dengan baik, namun setelah lewat satu bulan, perasaan bersalah itu datang, dan mulai menyalahkan diri sendiri. Saya sempat membenci keputusan saya keluar dari pekerjaan saya, dari sana semuanya dimulai, saya jadi sering sakit, lebih mengurung diri, dan memikirkan hal-hal yang tidak baik.

Saya kemudian, mulai mencari alternatif agar fokus saya tidak melulu memikirkan keterpurukan, dari mulai melanjutkan lagi hobi membaca buku, lalu mulai menulis, dan terakhir, agar saya ada kegiatan saya mulai belajar merajut. Dari merajut itulah, saya sedikit-sedikit bisa mengontrol pikiran saya agar tetap berpikiran positif.

Jadi, ayo kita belajar merajut, tapi sebelum itu ada baiknya kita cari tahu dulu tentang merajut ini, simak!

1. Kegiatan seperti apa yang disebut merajut?

Dari yang saya pelajari, merajut itu adalah kegiatan membuat kain, pakaian, ataupun barang dengan menggunakan sehelai benang dan jarum yang disebut dengan Hakpen dengan kaitan spesial.

Merajut itu terbagi menjadi dua cara, yaitu crochet dan knitting, di mana crochet hanya menggunakan satu jarum, sedangkan knitting menggunakan dua jarum rajut.

Nah, yang saya pelajari adalah cara crochet, karena lebih mudah diikuti dan lebih mudah membentuk sesuatu yang saya inginkan, contohnya dengan crochet saya bisa membuat sarung ponsel, gantungan kunci, topi mini, dan lainnya.

Sebelum mulai merajut, ada yang harus kita persiapkan terlebih dahulu yaitu:

a. Benang

Benang yang dapat digunakan ada banyak jenisnya, bisa benang wol, benang sari, benang katun, atau benang jenis lainnya sesuai kebutuhan kita. Benang yang saya gunakan lebih sering benang wol yang tiga helai.

b. Jarum rajut atau Hakpen

Untuk membantu agar lebih mudah membentuk barang yang kita inginkan kita membutuhkan hakpen. Hakpen ada berbagai jenis ukuran seperti, hakpen ukuran 1/2 (2 mm – 2.20 mm), hakpen ukuran 3/4 (2.20 mm – 2.50 mm), hakpen ukuran 5/6 (3 mm – 3.50 mm), sampai paling besar dengan ukuran 10 mm. Penggunaannya disesuaikan dengan jenis benang yang akan kita gunakan. Saya lebih sering menggunakan ukuran 5/6.

c. Gunting

Gunting kita gunakan untuk memotong benang

d. Meteran baju

Biasa kita gunakan untuk mengukur seberapa besar barang yang akan kita buat.

2. Teknik merajut crochet 

Karena yang saya pelajari adalah cara merajut dengan cara crochet, tentu saya lebih mempelajari lagi, mulai dari cara memegang benang dan hakpen, hingga teknik apa saja yang harus saya ketahui, dan inilah teknik-teknik merajut crochet yang berhasil saya pelajari.

a. Slip knot atau ikat simpul, digunakan untuk membuat simpul pertama pada benang.

Slip Knot (Dok Pribadi/AniStarlibrary)

b. Chain stitch atau tusuk rantai, yang biasa digunakan sebagai dasar yang nantinya menjadi pacuan.

Chain stitch (Dok Pribadi/AniStarlibrary)

c. Single crochet, teknik ini digunakan untuk membuat satu loop dalam satu baris di tusuk rantai tadi.

Single crochet ((Dok Pribadi/AniStarlibrary)

d. Double crochet, teknik ini digunakan untuk membuat dua loop dalam satu baris di tusuk rantai yang menjadi dasar.

Double crochet (Dok Pribadi/AniStarlibrary)

e. Treble crochet, teknik ini digunakan untuk membuat tiga loop dalam satu baris pada tusuk rantai.

Treble crochet (Dok Pribadi/AniStarlibrary)

f. Half double crochet, teknik ini digunakan untuk membuat setengah dari dua loop pada tusuk dasar rantai yang pertama kali dibuat.

g. Increase, adalah teknik crochet untuk menambah jumlah loop agar ukuran lebih besar, dengan kata lain, dalam satu lubang kita membuat dua loop atau lebih.

h. Decrease, kebalikannya dari increase, decrease digunakan untuk mengurangi jumlah loop untuk mengerucutkan bentuk atau mengecilkan bentuk.

Itulah teknik-teknik crochet yang berhasil saya pelajari dapat diaplikasikan oleh saya dengan langsung mencobanya.

Baca Juga: 8 Kegiatan Produktif Untuk Menyibukkan Diri di Tengah Pandemi

3. Manfaat merajut

peralatan merajut (Dok Pribadi/AniStarlibrary)

Setelah belajar teknik-teknik merajut crochet, sekarang kita beralih ke manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan merajut ini. Mari simak ulasannya!

a. Merajut dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan relaksasi

Pengalaman saya, ketika merajut pikiran saya fokus dan membuat pikiran jadi lebih tenang, sehingga tubuh saya menjadi lebih rileks, dengan begitu saya tidak terlalu merasa stress.

b. Merajut dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan

Merajut membuat kita lebih sering menggerakkan tangan kita secara terus menerus dan teratur, sehingga motorik halus kita terlatih dan mengalami peningkatan jadi tidak mudah kaku.

c. Merajut dapat meningkatkan kreatifitas dan produktivitas

Merajut itu memerlukan ide dan keterampilan agar kita bisa mewujudkan bentuk dari apa yang ingin kita buat, sehingga sangat setuju jika merajut dapat meningkatkan kreativitas kita, dan kita lebih produktif.

d. Merajut dapat digunakan sebagai terapi untuk mengatasi masalah mental

Dari sekian manfaat yang sangat membantu, bagian ini yang paling saya rasakan. Saya dapat merasakannya secara langsung, jika gejala dari depresi saya berkurang, mungkin karena saya fokus pada satu hal, sehingga pikiran saya jadi lebih tenang dan rileks.

e. Merajut dapat menjadi sumber penghasilan tambahan

Nah, setelah proses terapi itu selesai, pasti kita sudah banyak menghasilkan produk dari kreativitas kita, misalnya sudah membuat topi mini untuk gantungan kunci, tas, dan lainnya, jika terkumpul banyak, kita bisa coba untuk mulai menjual produk dari hasil merajut kita itu, selain menjadi hobi, merajut juga bisa menjadi tambahan penghasilan yang menyenangkan.

Itulah pengalaman saya dalam kegiatan merajut, sangat menyenangkan dan membuat saya lebih rileks dalam menjalani hari-hari.

Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai belajar merajut!

Semangat!

Baca Juga: 8 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Dilakukan Mahasiswa

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

11

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *