6 Tips Sukses Puasa Vegetarian di Bulan Ramadan, Kuat dan Sehat Sepanjang Hari


Ilustrasi makanan vegetarian (pexels.com/ella_olsson)

Sebagai seorang vegetarian, menjalani puasa Ramadan membutuhkan persiapan yang ekstra, mengingat tidak adanya asupan protein hewani ke dalam tubuh. Namun, ada beberapa tips sukses puasa vegetarian di bulan Ramadan agar tetap sehat, lancar dan kuat sepanjang hari.

Dengan mengonsumsi protein nabati yang seimbang dan tepat, serta beberapa tips puasa, vegetarian bisa berpuasa lebih nyaman dan tetap kuat. Lebih jelasnya, ini beberapa tips puasa vegetarian di bawah.

1. Cukupi dengan makanan yang kaya nutrisi

Tips pertama sukses puasa vegetarian agar bisa kuat dan fit sepanjang hari, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Seperti protein nabati, vitamin, serat, hingga karbohidrat dengan seimbang.

Contoh makanan dengan kandungan nutrisi tersebut adalah biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, hingga buah-buahan. Pastikan semuanya kamu dapatkan dengan seimbang selama menjalani puasa, terutama saat sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga:

2. Konsumsi protein nabati tinggi

Sebagai vegetarian yang tengah berpuasa, mengonsumsi protein nabati tinggi wajib dilakukan. Sumber protein nabati ini berguna untuk menghasilkan energi dan memperbaiki massa otot sehingga puasa tidak mudah lemas.

Protein nabati tinggi bisa didapatkan dari kacang kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai, kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah, biji-bijian seperti gandum, oat, beras merah, dan produk olahan nabati lainnya.

3. Perbanyak sayur dan buah

Vegetarian juga harus banyak makan sayur dan buah-buahan karena mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, kalium, serat, folat, mineral dan antioksidan. Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang bervariasi agar banyak nutrisi yang didapatkan.

Selain itu, sayur dan buah juga bisa menjaga pencernaan tetap lancar dan sehat selama puasa. Jenis sayur dan buah yang disarankan adalah brokoli, bayam, jamur, kale, kubis, jamur, pisang, beri, dan apel.

Saat puasa, sayur dan buah wajib dikonsumsi lebih banyak dibandingkan saat tidak berpuasa. Kemudian, dianjurkan mengonsumsi keduanya saat berbuka puasa karena bisa mempercepat nutrisi diserap dalam tubuh.

4. Cukupi kebutuhan cairan

Kekurangan cairan saat berpuasa bisa berdampak negatif pada tubuh. Maka itu, sebagai vegetarian kamu diharuskan mencukupi kebutuhan cairan dengan meminum air putih saat sahur dan berbuka puasa.

Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung mineral seperti buah semangka dan melon. Kemudian, hindari minuman yang mengandung kafein dan kadar gula tinggi ya seperti teh atau kopi karena bisa menyebabkan dehidrasi cepat.

5. Hindari makanan olahan dan berlemak

Makanan olahan atau cepat saji dan berlemak memang praktis untuk dikonsumsi apalagi ketika sahur karena tidak ribet saat dimasak. Namun, makanan ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan memengaruhi puasamu lho.

Sebab, makanan ini mengandung tinggi gula, garam, lemak jenuh, dan rendah nutrisi yang tidak sehat. Jadi, hindari mengonsumsi jenis makanan ini dan ganti dengan makanan sehat, dengan cara memasak yang dipanggang, kukus atau rebusan.

Baca Juga:

6. Mengonsumsi seitan

Mungkin ada yang merasa asing dengan nama makanan satu ini, tetapi seitan bisa jadi alternatif makanan untuk vegetarian dalam menjalankan puasa. Makanan seitan terbuat dari olahan protein gandum dengan tekstur dan rasa yang mirip seperti daging.

Seitan mengandung karbohidrat rendah dan sedikit lemak, sehingga aman sekali dikonsumsi oleh vegetarian. Bahkan seitan juga mengandung protein baik lho, yaitu sekitar 23 gram protein untuk satu ons seitan.

Nah, setelah tahu tips sukses puasa vegetarian di atas, kamu nggak perlu was-was lagi ya saat menjalani puasa. Mengonsumsi makanan yang tepat dengan cara yang tepat pula, puasamu bisa lancar hingga berbuka.

Baca Juga: 6 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur, Agar Tubuh Tetap Fit dan Terhidrasi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice