Agar Tetap Produktif Selama Puasa, Yuk Lakukan 7 Tips Ini!


Ilustrasi kegiatan produktif (unsplash.com/sable-flow)

Tetap produktif selama puasa, kenapa tidak? Saat berpuasa, terkadang tubuh merasa lesu dan lemas, sehingga malas sekali untuk melakukan berbagai aktivitas, maunya rebahan aja seharian.

Padahal, berbagai aktivitas yang dilakukan pada Ramadan ini bisa dihitung sebagai ibadah yang berpahala lho selama yang dilakukan positif. Nah, agar kamu tetap produktif selama puasa dan mendapatkan pahalanya, yuk lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Sahur dengan makanan yang kaya akan nutrisi dan serat

Salah satu cara agar tubuh tidak lemas dan tetap produktif selama puasa yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan serat saat sahur. Pasalnya, kedua kandungan makanan ini dapat melepas energi bertahap dan menbantumu menahan lapar seharian.

Pilihlah jenis makanan seperti kacang-kacangan, telur dan buah-buahan. Kemudian, hindari mengonsumsi kafein karena bisa membuatmu cepat haus dan minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga:

2. Hindari tidur setelah sahur

Saat puasa, mungkin jam tidurmu akan sedikit berkurang karena dimanfaatkan untuk sahur dan menunaikan ibadah lainnya demi mendapatkan pahala yang berlipatganda. Akhirnya, kamu memilih mengganti jam tidur setelah santap sahur.

Padahal, tidur setelah sahur ini harus dihindari lho. Sebab, dapat membuat tubuh lesu saat bangun nanti, sehingga kamu jadi malas deh beraktivitas.

Baiknya, manfaatkan waktu setelah sahur dengan berbagai aktivitas yang produktif. Misalnya, tadarus Al-Quran, bantu membereskan pekerjaan rumah, berolahraga ringan atau pekerjaan bermanfaat lainnya.

3. Mengerjakan berbagai pekerjaan setelah sahur

Selepas sahur, tubuh sudah pasti masih memiliki tenaga yang kuat. Jadi, kamu masih bisa tetap produktif dengan mengerjakan berbagai pekerjaan tanpa membuat tubuh lemas.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pagi hari dapat membuat orang-orang berkonsentrasi lebih baik. Jadi, lebih baik kerjakan pekerjaanmu setelah santap sahur ya.

4. Buat list rencana harian

Selanjutnya, cobalah untuk membuat list rencana harian apa saja yang akan dilakukan. Membuat list harian ini, akan membuatmu fokus dan tahu prioritas mana yang harus dikerjakan lebih dulu.

Selain itu, waktumu juga lebih terarah dan efisien karena tahu apa saja yang harus dikerjakan tanpa membuang banyak waktu dan tenaga. Jadi, tenaga bisa tersimpan lebih baik tapi produktivitas tetap berjalan.

5. Pastikan waktu istirahat cukup

Agar produktivitasmu berjalan dengan baik, kamu juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Kalau merasa lelah dan capek, istirahat saja, jangan memaksa diri untuk bekerja.

Pun ketika malam hari datang, jika tidak ada pekerjaan yang mendesak, lebih baik langsung tidur. Dengan istirahat yang cukup, tentu tubuhmu menjadi lebih segar dan produktivitas bisa berjalan lancar.

6. Lakukan olahraga ringan

Meski berpuasa, bukan berarti kamu nggak bisa berolahraga ya. Olahraga tetap harus dilakukan agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Nggak perlu olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai atau yoga. Lakukan olahraga ringan ini setelah sahur atau sambil menunggu jam berbuka puasa.

Baca Juga:

7. Seimbangkan pekerjaan dan ibadah

Terakhir, seimbangkan pekerjaan dengan ibadahmu ya. Mengingat bulan Ramadan setiap amal baik yang dikerjakan akan dilipatgandakan, jadi jangan sia-siakan momen yang hanya ada satu tahun sekali ini.

Jangan sampai kamu terlalu fokus pada pekerjaan, lalu lupa dengan ibadahmu ataupun sebaliknya. Lakukan keduanya dengan seimbang ya agar berkah dan pahalanya dapat kamu dapatkan. Tentu, produktivitasmu tidak menjadi sia-sia, bukan?

Sekarang sudah nggak ada alasan lagi nih untuk bermalas-malasan saat berpuasa. Dengan mencoba tujuh tips tetap produktif selama puasa di atas, tentunya kamu bisa beraktivitas seperti biasanya dan pastinya meraih pahala dan keberkahan yang berlimpah.

Baca Juga: 5 Langkah Mencapai Kesempurnaan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior