7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa Ramadan


ILustrasi olahraga saat puasa (pexels.com/alexy almond)

Saat puasa Ramadan, olahraga bisa jadi salah satu aktivitas yang kamu hindari karena dapat menguras tenaga sehingga tubuh menjadi lemas dan juga haus. Padahal, kamu bisa berolahraga asalkan tahu serta jam yang tepat pula.

Kalau takut lemas dan kehausan, kamu bisa berolahraga 60 menit sebelum waktu berbuka atau dua jam setelah berbuka puasa. Supaya, kamu nggak ragu lagi untuk berolahraga selama puasa Ramadan, ini dia beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa Ramadan.

1. Yoga

Yoga termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa Ramadan karena termasuk olahraga santai dan tidak membutuhkan terlalu banyak energi saat melakukannya. Gerakan yoga ini hanya fokus pada teknik pernafasan serta peregangan otot dan relaksasi otak.

Nggak harus keluar rumah, kamu bisa melakukannya di area rumah seperti halaman atau teras sambil menunggu waktu berbuka. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, yoga juga dapat menjaga kesehatan mentalmu.

Baca Juga:

2. Pilates

Pilates juga bisa jadi pilihan olahraga yang tepat ketika menjalani puasa Ramadan. Olahraga satu ini sangat baik dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh serta meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Pilates juga bukan olahraga dengan intensitas tinggi yang bisa membuatmu kelelahan dan haus. Jadi, kamu bisa melakukan pilates setidaknya selama satu jam karena kalori yang dibakar bisa mencapai 200 kalori.

3. Jogging

Ketiga, kamu juga bisa berolahraga jogging setidaknya selama 30 menit pada sore hari, khususnya menjelang waktu berbuka. Jika dilakukan selama setengah jam, olahraga ini dapat membakar kalori sekitar 210 kalori.

Hindari jogging dengan ritme lari cepat, cukup ritme santai dan ringan saja agar terhindar dari capek dan dehidrasi. Kamu bisa jogging sekitar satu atau dua putaran di area yang nggak jauh dari rumahmu.

4. Bersepeda

Gemar bersepeda tapi enggan melakukannya saat Ramadan karena takut lemas dan kehausan? Tenang, olahraga ini aman kamu lakukan saat berpuasa ya. Kamu bisa bersepeda di sore hari sambil ngabuburit menunggu waktu buka puasa.

Bersepeda dalam waktu satu jam dapat membantu membakar kalori sebanyak 300 kalori. Kebugaran dan stamina tubuh juga akan meningkat lho kalau kamu melakukannya. Tenang, nggak perlu bersepeda dengan ritme yang cepat, cukup bersepeda santai saja sambil menikmati sore hari dan menunggu waktu berbuka.

5. Jalan cepat

Selain jogging, jalan cepat selama 30 menit sebelum berbuka juga bisa kamu lakukan selama puasa Ramadan. Jalan cepat bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan tubuh selama berpuasa.

Jalan cepat juga tidak akan menguras energi terlalu banyak, jadi kamu akan aman dari rasa haus, lelah dan capek. Kalau malas jogging, kamu bisa jadikan olahraga ini sebagai alternatif lain.

6. Tai chi

Tai chi merupakan jenis olahraga yang lebih halus dari bela diri dan tidak terlalu menguras tenaga. Olahraga ini berfokus pada pernapasan, peregangan dan konsentrasi dengan gerakan yang mirip seperti tarian.

Gerakan tai chi bisa dijadikan sebagai latihan meditasi untuk mendapatkan ketenangan diri dan jiwa. Selain itu olahraga tai chi pun bermanfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan otot, menjaga kestabilan, hingga fleksibilitas tubuh.

Baca Juga:

7. Push up dan Sit up

Terakhir ada push up dan sit up yang disarankan karena gerakannya yang berintensitas rendah. Kedua olahraga ini dapat menjaga postur tubuh, mengurangi resiko nyeri pada pinggul hingga pembentukan massa otot perut.

Kamu bisa melakukan olahraga ini secara bersamaan pada pagi hari setelah imsak, maupun sore hari satu hingga dua jam menjelang berbuka puasa. Dengan begini, energimu akan tetap terjaga dan puasa bisa lancar hingga waktu berbuka tiba.

Nah, kira-kira dari jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa Ramadan ini mana aja yang bakal kamu coba saat puasa? Jangan takut atau malas berolahraga lagi ya!

Baca Juga: Mudah Lelah dan Bosan Saat Olahraga?, Ikuti 7 Tips Berikut Ini !

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor