8 Tips Menjaga Berat Badan Yang Ideal, Jangan Terbawa Nafsu

Selain berusaha untuk menjaga berat badan yang ideal, kamu juga harus berusaha untuk menghindari stres dan rajin beribadah


Ilustrasi menjaga berat badan yang ideal (pixabay.com/ Tumisu)

Berat badan yang ideal, bukan berarti tubuh adalah langsing ataupun berisi. Berat badan yang ideal merupakan komposisi yang ideal antara berat badan dan tinggi tubuh seseorang. Idealnya, berat badan yang sehat adalah berat badan yang seimbang dan memenuhi kriteria kesehatan, bukan hanya berdasarkan aspek estetika atau kecantikan.

Berat badan yang ideal juga bervariasi antara individu, berdasarkan faktor-faktor seperti tinggi tubuh, jenis kelamin, komposisi tubuh, dan struktur tulang.

Secara umum untuk menghitung berat badan yang ideal adalah dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI).

Berikut delapan langkah atau tips yang bisa kamu gunakan untuk menjaga berat badan yang ideal.

1. Makan makanan yang sehat

Walaupun tubuh perlu asupan makanan, tetapi jangan sampai kamu tidak memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke tubuh kamu. Apalagi setelah musim liburan, biasanya orang-orang cenderung memakan apa saja saat liburan.

Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan olahan, cepat saji, makanan terlalu manis atau makanan berlemak tinggi. Perhatikan porsi makan kamu dan usahakan untuk mengontrol asupan kalori harian.

2. Menjaga pola makan setiap hari

Cobalah untuk makan pada waktu yang sama setiap hari. Biasanya pola makan berat adalah 3x dalam sehari. Porsi makanan juga harus stabil, jangan berlebih dan kurang.

Hindari melakukan diet yang sangat ketat, karena diet secara ketat dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan mengarah pada keinginan makan berlebihan setelah program diet selesai.

Di sela makanan utama, kamu juga bisa mengemil beberapa makanan ringan. Namun mesti diperhatikan, jumlahnya jangan sampai berlebih.

Baca Juga:

3. Perbanyak minum air putih

Air putih memang tidak mengandung kalori. Namun minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan secara umum. Mengandalkan minum air putih saja tidak cukup untuk menjaga berat badan ideal.

Air sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan membantu proses metabolisme. Minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari dan hindari minuman manis atau beralkohol yang tinggi kalori.

4. Hindari makan berat di malam hari

Biasanya, setelah makan malam, tingkat aktivitas fisik kita cenderung menurun. Jika makan berat di malam hari, makanan yang dikonsumsi cenderung tidak segera terbakar dan dapat disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak.

Makan berat di malam hari dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Proses pencernaan makanan berat membutuhkan energi dan dapat mengganggu pola tidur yang sehat. Kurang tidur atau tidur yang buruk dapat memengaruhi metabolisme tubuh dan keinginan makan di hari berikutnya.

Usahakan untuk tidak makan makanan berat menjelang tidur. Berikan waktu setidaknya 2-3 jam antara makan malam dan waktu tidur Anda. Jika kamu merasa lapar sebelum tidur, pilih camilan yang sehat seperti buah-buahan atau yoghurt rendah lemak.

5. Rutin berolahraga

Berolahraga memainkan peran penting dalam menjaga berat badan ideal. Melalui olahraga, kamu dapat membakar kalori yang lebih banyak untuk menurunkan atau menjaga berat badan.

Lakukan aktifitas fisik dengan berolahraga secara teratur. Pilihlah jenis olahraga atau aktivitas yang kamu nikmati seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang. Setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari atau lebih.

6. Hindari gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat dapat memengaruhi berat badan yang ideal. Gaya hidup seperti merokok, mengonsumsi alkohol, atau malas bergerak, dapat memengaruhi berat badan ideal dan kesehatan secara keseluruhan.

Menerapkan gaya hidup yang sehat membutuhkan komitmen dan konsistensi. Membiasakan diri untuk melakukan gaya hidup sehat secara teratur akan membantu kamu dalam menjaga berat badan ideal dan dan juga meningkatkan kualitas hidup kamu secara keseluruhan.

7. Pantau berat badan secara teratur untuk menjaga berat badan yang ideal

Memantau berat badan secara teratur adalah bagian penting dalam menjaga berat badan ideal. Dengan memantau berat badan secara teratur, kamu dapat mendeteksi perubahan berat badan lebih awal. Jika berat badan kamu naik atau turun di luar rentang normal, kamu dapat segera mengambil langkah-langkah untuk menyeimbangkan kembali.

Jika terjadi kenaikan berat badan yang signifikan, cobalah untuk mengevaluasi pola makan dan aktivitas fisik kamu.

Memantau perkembangan berat badan kamu dari waktu ke waktu juga dapat memberikan motivasi tambahan untuk tetap berkomitmen pada gaya hidup sehat. Selain itu kamu  juga dapat menilai efektivitas program untuk menjaga berat badan ideal yang sudah kamu jalani.

Baca Juga:

8. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup membantu mengatur produksi hormon yang mengontrol nafsu makan, seperti leptin (yang menghentikan rasa lapar) dan ghrelin (yang merangsang nafsu makan).

Sebaliknya, jika kamu kurang tidur, produksi hormon ini dapat terganggu, yang dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan keinginan untuk makan makanan tinggi kalori. Kurang tidur juga dapat memengaruhi metabolisme tubuh kamu. Ketika Anda tidur kurang, metabolisme basal Anda dapat melambat, yang berarti Anda membakar kalori lebih sedikit saat istirahat. Ini dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh dan peningkatan berat badan.

Ketika kamu kurang tidur, kamu juga cenderung merasa lebih lelah dan kurang berenergi. Kelelahan dan kurang energi ini juga dapat menyebabkan keinginan untuk makan makanan cepat saji dan tinggi gula untuk mendapatkan kembali energi secara cepat.

Beberapa hal tersebut, bisa kamu praktikan untuk menjaga berat badan yang ideal. Selain itu kamu juga perlu menghindari diri agar tidak stres. Karena stres juga dapat memengaruhi pola makan dan kebiasaan hidup sehat.

Baca Juga: Ketahui 6 Tips Ini untuk Menjaga Pola Hidup Sehat

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *