5 Tips Sederhana Untuk Atasi Gangguan Tidur di Malam Hari

Gangguan tidur bisa diatasi dengan minum teh chamomile, hingga menghindari makanan berat dan pedas


Tidur adalah salah satu istirahat terbaik bagi tubuh dan merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh setelah seharian beraktivitas. Maka, Kualitas dan jumlah jam tidur yang baik sangat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan mental seseorang. Meskipun demikian, tentu jumlah jam tidur setiap orang tentu berbeda-beda tergantung usia dan beban aktivitas yang dilakukan.

Belakangan ini banyak sekali orang yang mengalami gangguan susah tidur atau Insomnia. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari stress, pengalaman traumatis, perubahan jam tidur, dan rasa cemas berlebih.

Gangguan tidur seperti ini tentu tidak akan terasa nyaman jika terus-menerus dibiarkan tanpa mencoba mengatasinya. Namun, untuk beberapa orang yang enggan pergi ke dokter untuk mengatasi masalah gangguan tidur, berikut ini ada lima tips sederhana yang bisa dicoba di rumah untuk meringankan gangguan tidur di malam hari.

1. Minum Teh Chamomile

Teh bunga Chamomile (amazonaws.com)

Teh Chamomile merupakan teh herbal yang baik untuk dikonsumsi untuk orang yang mengalami insomnia. Aroma bunga Chamomile yang menenangkan membuat teh chamomile sering dikonsumsi untuk orang-orang yang mengalami insomnia. Kandungan zat apigenin yang ada dalam teh Chamomile bekerja seperti obat penenang sehingga mampu menurunkan ketegangan dalam saraf.

Lebih lanjut lagi, teh chamomile ini juga mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh karena teh ini mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang membuat peminumnya merasa lebih rileks dan kadar stressnya pun berkurang.

Selain itu, teh chamomile juga sering disebut sebagai obat tidur herbal karena zat flavonoid yang dapat mengikat reseptor benzodiazepine di dalam otak yang mempu menimbulkan rasa kantuk. Untuk mendapatkan manfaat dari teh chamomile ini, konsumsi lah setidaknya 2 hingga 3 teh cangkir teh chamomile setiap harinya.

2. Meditasi Sebelum Tidur

Mindfulness (otcdigest.id)

Meditasi umumnya dikenal sebagai bagian dari olahraga yoga, dan bagian dari terapi mental yang tujuannya untuk meredakan stres dan mengatasi rasa cemas berlebih, sehingga meditasi sangat dianjurkan untuk orang yang mengalami gangguan tidur.

Meditasi untuk menghilangkan stres dan rasa cemas berlebih ini disebut dengan meditasi mindfulness yaitu sebuah teknik meditasi yang bertujuan melatih fokus dan menjadi sangat sadar dengan apa yang sedang dirasakan saat ini tanpa interpretasi atau penilaian.

Metode meditasi mindfulness berfokus pada mengatur nafas, menyadari nafas, sambil menyesuaikan dengan sensasi udara yang masuk ke dalam tubuh. Rasakanlah sensasi perut yang naik dan turun saat udara masuk dan keluar dari hidung. Cukup lakukan meditasi ini selama 5 menit untuk pemula dan 15 menit sebelum tidur jika sudah terbiasa bermeditasi.

Baca Juga:5 Jenis Gangguan Cemas yang Jarang Diketahui

3. Menghirup Aroma Bunga Lavender

Minyak Bunga Lavender (okezone.com)

Bunga lavender yang berwarna ungu ini memang dikenal memiliki aroma wangi yang sangat khas. Banyak juga produk sabun ataupun parfum yang mengadopsi aroma bunga lavender.

Untuk sebagian orang yang mengalami susah tidur, menghirup aroma minyak bunga levender bisa jadi pilihan alternatif. Hal ini karena minya lavender mampu memberikan efek tenang dan diyakini menaikkan hormon melatonon yaitu hormon alami yang berperan penting dalam mengatur tidur dan membangkitkan rasa kantuk.

Selain itu, aroma minya lavender juga mampu memberikan efek ketenangan dan memperbaiki suasana hati hati yang buruk, dan mengurangi rasa gelisah. Untuk mendapatkan aroma lavender ini, tuangkan minyak esensial lavender ke dalam alat diffuser, sebelum tidur lalu biarkan aroma nya memenuhi ruang tidur.

4. Berpikir Positif Sebelum Tidur

Berpikir Positif Sebelum Tidur (istockphoto.com)

Memiliki pikiran yang tenang dan rileks sebelum tidur sangatlah penting, sebagaimana kondisi pikiran sebelum tidur akan menentukan baik-buruknya kualitas tidur. Namun tidak jarang orang-orang memiliki pikiran yang cemas, dan tegang sebelum tidur hingga akhirnya menganggu jam tidur dan menurunkan kualitas tidurnya.

Sebelum tidur, maka sangat disarankan untuk mengkondisikan pikiran terlebih dahulu dengan berpikir positif sebelum tidur. Berpikir positif diyakini mampu menenangkan pikiran sebelum tidur, dan menjauhkan diri dari pikiran negatif yang berpotensi mengganggu tidur.

Untuk dapat melatih diri berpikir positif sebelum tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara self talk hal positif pada diri sebelum tidur, dan mengucapkan afirmasi positif pada diri.

5. Hindari Makanan Berkarbohidrat

Ilustrasi Makanan Berat dan Pedas (asset.kompas.com)

Karbohidrat memang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga saat beraktivitas. Namun di malam hari, saat aktivitas mulai menurun sebaiknya hindari makanan yang berkarbohidrat tinggi terlebih lagi jika makanan itu disantap dekat dengan jam tidur.

Makanan berat umumnya membutuhkan waktu untuk dicerna sekitar 2-3 jam lamanya, sehingga ini akan membuat tidur menjadi tidak nyaman. Dengan demikian penting untuk memperhatikan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari menjelang tidur.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari menjelang tidur yaitu, makanan berlemak seperti gorengan, roti, cemilan manis, makanan pedas dan makanan yang memicu gastronomi.

Demikian 5 tips sederhana yang bisa dicoba untuk mengatasi gangguan tidur, semoga bisa dijalankan secara rutin demi mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Baca Juga:  5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *