Ketahui 6 Tips Ini untuk Menjaga Pola Hidup Sehat

Lakukan secara rutin dan teratur


Kebiasaan hidup sehari-hari setiap individu sangat menentukan bagaimana pola hidupnya. Seringkali seseorang mengabaikan kesehatan tubuhnya hanya demi pekerjaan. Bahkan sampai rela bekerja hingga larut malam, sehingga waktu tidur tidak teratur. Ditambah lagi pola makan sembarangan yang dapat mengundang berbagai penyakit. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Untuk itulah, penerapan pola hidup sehat perlu dilakukan secara rutin dan disertai dengan kesadaran diri setiap individu. Selain meningkatkan kekebalan imun tubuh, pola hidup sehat juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Karena itulah, kesehatan sangatlah penting dan tak ternilai harganya.

Berikut ini 6 tips menjaga pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar.

1. Lakukan Olahraga Teratur

Ilustrasi olahraga bersepeda (pexels-pixabay.com)

Agar tubuh tetap terlihat segar dan bugar, sebaiknya lakukan kegiatan olahraga secara teratur. Ada banyak ragam kegiatan olahraga yang bisa dicoba. Selain olahraga lari, ada aktivitas fisik lainnya yang juga bisa dicoba, seperti berjalan cepat, bersepeda, bermain basket, maupun senam aerobik. Tidak perlu hingga berjam-jam, cukup luangkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit saja sudah membuat tubuh berkeringat.

 

Akan lebih baik jika mengajak keluarga, teman atau orang terdekat lainnya untuk berolahraga bersama. Kegiatan olahraga yang dilakukan secara teratur merupakan cerminan dari pola hidup sehat.

2. Pilih Asupan Makanan Bergizi

Ilustrasi makanan bergizi (pexels.com/Jane Doan)

Pola hidup sehat tentu tidak lepas dari konsumsi makanan sehari-hari. Misalnya, jajan cilok atau minum es terlalu banyak, tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi kebersihannya belum tentu terjamin, sehingga dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada tubuh.

 

Oleh karena itu, selalu perhatikan asupan makanan bergizi yang mencakup karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan juga mineral. Jangan lupa, konsumsi buah-buahan segar sebagai pelengkap makanan bergizi. Pastikan takaran nutrisi makanan seimbang, agar mendapatkan tubuh yang ideal.

3. Cukupi Kebutuhan Tubuh dengan Air Putih

Pada umumnya, seseorang lebih memilih minum teh atau kopi daripada air putih. Padahal air putih lebih memberikan manfaat, bila dibandingkan kedua minuman tersebut. Selama beraktivitas seharian, tubuh pasti memerlukan air putih sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Karena itulah, semakin banyak minum air putih, semakin tercukupi pula cairan dalam tubuh. Secara otomatis, hal ini dapat memaksimalkan kinerja seluruh organ tubuh. Sebaiknya kondisikan pula kebutuhan air putih dengan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

4. Atur Waktu Tidur dengan Baik

Tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Belum cukup dengan ketiga hal di atas, tidur juga merupakan kebutuhan utama untuk menjaga pola hidup sehat. Tidur yang cukup, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kemungkinan mengantuk ketika beraktivitas sangat minim, karena sudah mengatur waktu tidur dengan baik.

 

Jika waktu tidur setiap harinya tidak teratur, tentu saja ini akan berdampak pada kesehatan tubuh seseorang. Tidak fokus dan selalu mengantuk ketika beraktivitas adalah ciri-ciri seseorang kurang tidur. Karena itu, pastikan atur waktu tidur sebaik mungkin agar tubuh tetap kuat dan fit.

5. Hindari Pergaulan Tidak Sehat

Manusia sebagai makhluk sosial memang perlu berinteraksi dengan sesamanya. Namun, jangan sampai interaksi tersebut mengarah ke dalam pergaulan yang salah. Biasanya hal ini sering terjadi pada anak-anak remaja. Misalnya jika tidak minum miras, maka akan dicap tidak “gentle” oleh teman sekelompoknya. Pandangan semacam itu jelas salah kaprah.

Justru hal seperti itu lama-kelamaan malah akan mendarah daging dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pintar-pintarlah memilah mana pergaulan yang baik dan tidak baik. Berteman dengan siapapun boleh-boleh saja, asalkan jangan mengikuti pergaulan yang salah.

6. Kendalikan Diri dari Rasa Stress

Ilustrasi menonton film sebagai alternatif untuk mengendalikan stress (pexels.com/cottonbro)

Padatnya aktivitas sehari-hari tentu akan membuat seseorang merasa lelah dan bahkan stress. Namun, tidak perlu terlalu memikirkan segala sesuatunya secara berlebihan. Karena stress yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan seseorang dan justru malah membuat tubuh rentan terserang penyakit.

Untuk mengendalikan diri dari stress, sebaiknya lakukan kegiatan refreshing dengan aktivitas ringan, seperti menonton film, membaca buku, atau melakukan hobi lain yang menyenangkan. Hal ini mampu mengurangi rasa stress berlebihan pada seseorang.

Demikianlah artikel mengenai 6 tips menjaga pola hidup sehat. Gaya hidup dan pergaulan sangat menentukan sehat atau tidaknya pola hidup setiap individu. Semakin rutin menerapkan pola hidup sehat, semakin banyak pula manfaat yang diperoleh. Pola hidup sehat dapat terlaksana jika disertai dengan tekad yang kuat.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *