8 Tips Aman Solo Traveling untuk Perempuan. Nggak Takut Sendirian Lagi!


Ilustrasi solo travelling

Ingin menikmati sensasi berlibur sendirian tapi masih bimbang dan ragu, ladies? Tenang, kamu bisa mengikuti 8 tips aman solo traveling untuk perempuan agar liburanmu nyaman dan nggak perlu takut sendirian lagi.

Mengingat keselamatan selama perjalanan masih menjadi perhatian utama bagi perempuan, tentu banyak pertimbangan untuk perjalanan solo ini. Agar perjalanan solo traveling kamu aman dan menyenangkan, kamu bisa mencoba tipsnya berikut ini.

1. Riset dengan Detail

Sebelum memutuskan solo traveling, kamu diwajibkan untuk melakukan riset sedetail dan sebanyak mungkin tentang destinasi liburan yang ingin dituju. Misalnya, testimoni dari medsos atau website terpercaya, kondisi lingkungannya, cuacanya, budaya penduduk setempat, rute dan transportasi, peginapan serta jam ramai dan sepi lingkungannya.

Dengan mencari informasi yang detail tentu bisa membuatmu lebih siap dalam perjalanan sendirian kali ini. Kamu bisa mencari informasi ini jauh-jauh hari agar persiapanmu lebih matang dan terarah, serta bisa membantumu meminimalisir kejadian-kejadian kurang menyenangkan nantinya.

2. Persiapkan Anggaran dengan Matang

Jangan lupa untuk persiapkan anggaran dengan matang. Tujuannya agar perjalanan kamu tidak menghabiskan banyak uang dan anggaran lebih terarah. Anggaran yang dimaksud di sini adalah biaya tiket kereta atau pesawat pulang pergi, transportasi umum selama berlibur, penginapan, destinasi wisata yang ingin dikunjungi, hingga uang pegangan selama berlibur.

Tapi perlu diingat juga, jangan terlalu menghemat uang ya. Sebab, terkadang ada beberapa anggaran tak terduga yang harus dikeluarkan. Jadi, kamu usahakan tetap menyisihkan sedikit uang lebih untuk berjaga-jaga keadaan yang darurat. Ingat, hanya untuk darurat saja.

3. Bisa Memulai Traveling dari Lokasi yang Dekat dengan Tempat Tinggalmu

Jika masih belum berani traveling ke tempat yang jauh. Kamu bisa memulai dengan lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggalmu saja. Misalnya, jika berlokasi di daerah Jakarta kamu bisa pergi ke tempat wisata daerah Bogor.

Kamu bisa gunakan kereta untuk sampai Bogor, lalu disambungkan dengan transportasi lain untuk bisa sampai wisata tujuan. Jangan lupa riset dahulu transportasi dan tempat wisata agar tidak tersesat. Memulai traveling di tempat terdekat, nanti bisa bantu menumbuhkan keberanianmu untuk traveling ke tempat yang lebih jauh.

Baca Juga:

4. Booking Tiket Perjalanan dan Penginapan Jauh-jauh Hari

Selanjutnya, penting juga untuk booking tiket perjalanan dan penginapan yang dituju jauh-jauh hari. Sebab, pemesanan tiket perjalanan jauh-jauh hari bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan beli dadakan.

Hal ini tentu akan menghemat budget pengeluaranmu dan bisa dialokasikan untuk persiapan dana yang lain. Selain itu, pilih juga penginapan terpercaya yang memiliki rating dan review bagus. Jangan sampai tergiur harga murah tapi kualitasnya jauh di bawah.

5. Persiapkan Kebutuhan Seperlunya

Selanjutnya, persiapkan kebutuhan seperlunya saja dan jangan terlalu banyak karena akan merepotkanmu yang pergi sendirian. Jadi cukup bawa barang-barang yang penting saja seperti kartu identitas, ponsel, peralatan mandi, baju secukupnya yang mudah dipadu padan, obat-obatan dan vitamin serta peralatan penting lainnya.

Bawa satu tas khusus untuk menyimpan dompet dan kartu identitas. Selain itu, tarik uang tunai yang cukup dan jangan taruh di satu tempat yang sama. Kamu bisa menyimpannya di beberapa tempat berbeda yang aman. Gunanya agar mencegah kehilangan dalam jumlah besar jika terjadi pencurian.

6. Selalu Beri Kabar Pada Keluarga dan Teman Terdekat

Kemanapun kamu ingin pergi, jangan lupa untuk tetap mengabari keluarga dan teman terdekatmu ya. Mulai dari nomer keberangkatan, plat kendaraan, tempat-tempat yang sedang kamu kunjungi hingga kembali lagi ke penginapan. Tujuannya, untuk mengantisipasi jika sesuatu hal terjadi padamu.

Jadi, jika amit-amit ada hal tak baik yang terjadi padamu, orang-orang terdekatmu tahu lokasi terakhir kamu berada dan bisa meminta bantuan segera. Pastikan juga baterai, kuota serta pulsa terpenuhi untuk memudahkanmu mengabari mereka.

Baca Juga: 

7. Simpan Nomer Darurat

Selain memberi kabar kepada orang-orang terdekat, jangan lupa untuk menyimpan nomer darurat seperti nomer polisi terdekat, ambulans, atau nomer emergency lainnya. Tujuannya, untuk mencegah sesuatu di luar dugaan terjadi.

Sebab, sebanyak apapun kehati-hatian yang dilakukan, terkadang hal-hal tak menyenangkan bisa saja terjadi. Jadi, penting untuk mencegahnya dengan menyimpan nomer-nomer darurat. Kamu juga bisa menyiapkan asuransi perjalanan untuk mengcover jika sesuatu terjadi padamu.

8. Jaga Sikap dan Tetap Waspada saat solo traveling

Terakhir, jaga sikap dan tetap waspada di manapun lokasi wisata tujuanmu. Nggak perlu memakai pakaian serta aksesoris yang mencolok, karena bisa mengundang perampok. Sebisa mungkin untuk menghormati warga lokal dan berbaur dengan mereka agar tidak terlihat seperti pendatang.

Jangan mudah percaya dengan orang baru dan jika ingin bertanya, bertanyalah dengan percaya diri tidak seperti orang linglung. Kamu harus berani, jangan grogi supaya tidak mudah dibohongi, dicurangi apalagi terkena scam. Hindari pula pulang malam dan jalanan yang sepi, pilih akses jalan yang ramai untuk berjaga-jaga.

Melakukan solo traveling mungkin terdengar cukup menakutkan bagi perempuan. Tetapi, jika mengikuti 8 tips aman solo traveling untuk perempuan di atas, skenario terburuk bisa saja diminimalisir. So, jangan takut untuk menikmati momen liburanmu dengan traveling sendirian.

Baca Juga: Tetap Asyik Meski Harus Liburan Sendirian

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *