Tetap Asyik Meski Harus Liburan Sendirian


Ilustrasi travelling sendiri (pixabay.com/sofcor)

Liburan telah menjadikan hal yang begitu diinginkan oleh semua orang. Apalagi untuk mereka yang kesehariannya hampir dipenuhi oleh kesibukan. Liburan identik dengan beramai-ramai. Seperti liburan keluarga, karyawisata dan lain sebagainya. Liburan sendiri dapat menenangkan jiwa dari sibuknya aktifitas sehari-hari yang sering kali menegangkan otak dan badan. Untuk itu liburan memiliki peran penting dalam merilekskan pikiran.

Beberapa orang ingin sekali merasakan liburan sendirian namun sayangnya masih ketakutan akan seperti apa nantinya. Terlalu takut kalau-kalau nantinya akan tersesat dan mengalami kesulitan lainnya. Nah, tapi liburan sendiri itu paling tidak perlu dilakukan sekali seumur hidup. Supaya kamu bisa punya waktu diri sendiri.

Ini yang mau kita bahas disini. Yuk, coba simak apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk travelling solo.

1. Kumpulkan informasi tujuan destinasi kamu

Bukan hanya sendirian tapi saat beramai -ramai pun kamu harus tetap melakukan riset. Apa saja si yang menarik di tempat itu? Apalagi kalau sendirian kamu harus benar-benar mengerti agar tidak ada hal yang tidak diinginkan.

Riset bermanfaat ketika kamu sudah masuk ke dalam masa liburan, kamu tidak bingung lagi meu kemana tujuan wisata kamu kali ini.

2. Buat anggaran dana

Saat traveling solo kamu akan mengurus diri kamu sendirian. Kamu akan mulai mencari hotel dan kendaraan umum sendirian. Di situ kamu harus mengerti berapa biaya yang kamu butuhkan agar bisa membawa uang lebih. Kalau perlu kamu harus punya simpanan untuk keadaan darurat. Karena sendirian akan lebih membuat kamu cepat cemas, so harus lebih teliti lagi ya.

Buat catatan perkiraan biaya yang mungkin kamu keluarkan saat berlibur nanti, tentu saja nilainya dilebihkan, agar kamu masih ada uang untuk biaya tidak terduga.

3. Buat list

Agar lebih liburan tampak lebih menyenangkan. Kamu harus membuat daftar apa yang ingin kamu lakukan. Sendirian akan membuat kamu cepat bosan maka kamu harus membuatnya sebelum berangkat. Agar fokus kamu kepada liburan tanpa takut akan terganggu oleh apapun atau siapapun.

List ini bisa berisi tujuan wisata, penginapan, atau juga bisa berisi di mana kamu akan wisata kuliner nantinya.

Baca Juga: Berencana Jalan-Jalan ke Penang? 6 Spot Kece Ini Wajib Kamu Kunjungi

4. Mencoba hal baru

Tidak ada yang harus ditakutkan dengan berlibur sendirian. Untuk fokus pada liburanmu kamu harus melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan. Misalnya kamu mulai dengan mengunjungi pasar malam sendirian atau mungkin berkomunikasi dengan penduduk lokal. Menantang diri untuk melakukan salah satu hal yang akan membuat kamu merasa bersemangat.

5. Percaya diri

Sifat ini harus selalu ada pada setiap manusia. Mengingat kamu akan berlibur sendirian, maka pastikan kalau kamu yakin dengan apa yang kamu lakukan saat ini. Kalau ada hal tidak menyenangkan pastikan kamu tetap tenang dan mencoba berkomunikasi dengan orang sekitar.

6. Berkomunikasi dengan keluarga

Pastikan kamu memberitahu keluarga, saudara atau teman dekat dimana kamu akan berlibur. Hal ini akan mengurangi rasa khawatir dan cemas pada semua orang. Apalagi kalau keadaan darurat maka mereka tahu harus mencari kamu keberadaanmu.

7. Bawa barang secukupnya

Ini adalah aspek terpenting. Agar kamu tidak kesusahan karena sendirian. Maka kamu harus membawa barang yang benar-benar kamu butuhkan. Dan usahakan untuk membawa yang ringan saja. Pastikan kamu tidak akan kerepotan dengan itu semua.

So, masih mau liburan sendirian? Harus ya. Kamu perlu mencobanya untuk merasakan pengalaman baru dalam hidupmu.

Baca Juga: 5 Barang Sederhana Yang Sebaiknya Dibawa Saat Traveling

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


4 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *