Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata Tersembunyi di Bogor

Lokasi, jam operasional, tarif masuk, hingga tips berkunjung


Kebun Raya Cibinong (WartaKota/Hironimus Rama)

Bogor memang dikenal mempunyai banyak kawasan wisata yang terkenal. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, juga terdapat sebuah kebun raya yang asri dan menarik.

Sama halnya dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong menawarkan wisata edukasi tentang keanekaragaman hayati. Tidak kurang dari 1000 spesimen tumbuhan tropis dataran rendah terdapat di Kebun Raya Cibinong.

Sebelum berkunjung ke Kebun Raya Cibinong, yuk simak dulu informasi wisatanya di bawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, tarif masuk lokasi, dan rute menuju lokasi

Soft Launching Kebun Raya Cibinong (instagram.com/kebunrayacibinong)

Kebun raya Cibinong berada merupakan kawasan yang dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Lokasinya berada dalam kawasan Cibinong Science Center BRIN, di Jalan Raya Bogor KM 46, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Setelah selesai dilakukan revitalisasi, Kebun Raya Cibinong kembali dibuka untuk umum pada tanggal 20 Desember 2020. Jam operasional Kebun Raya Cibinong dibatasi dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Tarif masuk ke lokasi sangat terjangkau. Pada hari biasa, pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp15 ribu, untuk weekend pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp25 ribu. Biaya parkir hanya sebesar Rp5 ribu rupiah.

Sangat mudah menemukan rute Kebun Raya Cibinong, apalagi kalo menggunakan google maps. Jika menggunakan angkutan umum, kamu bisa berhenti di gerbang kawasan BRIN Cibinong. Dari situ, kamu bisa menggunakan ojek untuk masuk atau berjalan kaki menuju lokasi yang jaraknya sekitar 2 kilometer.

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, dari tol Jagorawi kamu bisa keluar di Cibinong/Citereup. Dari situ berjarak sekitar 5 km menuju kawasan Kebun Raya Cibinong.

2. Destinasi eduwisata yang cantik dan menarik

Mahasiswa yang mempelajari dan meneliti tentang tanaman yang ada di Kebun Raya Cibinong (instagram.com/kebunrayacibinongofficial)

Sama dengan kebun Kebun Raya lain yang dikelola oleh BRIN, Kebun Raya Cibinong merupakan platform untuk melakukan penelitian terkait kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia.

Kebun Raya Cibinong merupakan kawasan konservasi berbagai jenis tanaman. Jika di Kebun Raya Bogor tumbuhan yang ada di klasifikasikan berdasarkan famili, namun di Kebun Raya Cibinong tumbuhan yang ada di klasifikasikan berdasarkan wilayah atau region. Ada 7 region pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Masing-masing region mempunyai luas dan kekhasan tumbuhan sendiri.

Sebagai sarana edukasi, setiap tumbuhan mempunyai barcode yang bisa di scan oleh pengunjung untuk mengetahui informasi mengenai tumbuhan tersebut.

3. Banyak spot untuk foto yang menarik

Danau Dora (Instagram.com/kebunrayacibinong)

Kebun Raya Cibinong memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain menampilkan keindahan berbagai macam tumbuhan tropis dataran rendah yang ada di sana, deretan danau yang ada tidak kalah eksotisnya.

Danau Dora merupakan danau yang ada di Kawasan Kebun Raya Cibinong, Pemberian nama Dora terinspirasi dari tokoh kartun Dora. Jika dilihat, jembatan yang ada di sekitar danau memiliki kemiripan dengan jembatan yang ada dalam film animasi Dora.

Ternyata Dora tidak sendirian berada di sana. Masih ada Dori dan Walini yang setia menemani Dora di sana. Tidak kalah dengan danau Dora, danau Dori dan Walini juga mempunyai jembatan yang cantik. Mengambil foto dari sudut manapun, dijamin kamu akan puas dan tidak akan kecewa.

Baca Juga: PP-IPTEK: Informasi dan Pengalaman Baru Berpetualang Iptek

4. Fasilitas di dalam Kebun Raya Cibinong

Track untuk jogging dan bersepeda di Kebun Raya Cibinong (Instagram.com/kebunrayacibinongofficial)

Di dalam area Kebun Raya Cibinong, tersedia tempat bermain untuk anak yang diberi nama Taman Bermain Mayaksa. Kawasan Kebun Raya Cibinong juga memiliki gedung pertemuan, konservasi dan juga pameran. Selain itu juga tersedia jogging track dan jalur untuk bersepeda bagi yang ingin berolahraga di sini.

Jangan khawatir, selain fasilitas tersebut juga tersedia fasilitas umum seperti toilet, bangku taman, gazebo, dan musala di tempat ini.

5. Tips berkunjung ke Kebun Raya Cibinong

Membawa perlengkapan dan bekal sendiri saat berkunjung ke Kebun Raya Cibinong (Instagram.com/jauharrafidy)

Kebun Raya Cibinong memang belum begitu terkenal jika dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Berbagai infrastruktur dan fasilitas masih dalam proses pengembangan.

Berikut beberapa tips bagi kamu yang akan berkunjung ke sana:

  1. Membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena sangat jarang ditemui penjual makanan dan minuman di sana
  2. Membawa payung atau jas hujan. Seperti Kebun Raya Bogor, kawasan Cibinong juga merupakan kawasan yang curah hujannya cukup tinggi. Selain itu, tidak ada tempat berteduh jika kita kehujanan di tengah kebun raya.
  3. Apabila ingin bersantai di Kebun Raya Cibinong, disarankan untuk membawa tikar sendiri. Karena tidak ada yang menyewakan tikar atau terpal di lokasi kebun raya

Sangat menarik ya. Itu dia informasi mengenai Kebun Raya Cibinong, destinasi eduwisata yang tersembunyi di Kabupaten Bogor. Bagaimana, apakah kamu tergoda untuk berwisata ke Kebun Raya Cibinong?

Baca juga: Catatan Panjang Perjalanan Kebun Raya Bogor Selama 205 Tahun


Like it? Share with your friends!

Life is Beautiful

3 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *