8 Tempat di Indonesia yang Dijadikan Inspirasi Lokasi Film Internasional

Indonesia memang memiliki tempat dengan panorama alam yang indah. Tidak jarang karena keindahannya inilah dijadikan sebagai inspirasi lokasi di film.


Lokasi film Eat, Pray, Love

Indonesia ternyata memiliki beragam tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya terletak pada kesegaran udaranya, namun juga panorama alamnya yang menakjubkan. Bahkan tidak jarang beberapa tempat di Indonesia dijadikan untuk inspirasi lokasi film. Beberapa film internasional di antaranya mengambil inspirasi tempat di Indonesia.

Karena kecanggihan teknologi dan ide dari sang produser, tidak jarang lokasi-lokasi di film internasional menjadi mengagumkan. Berikut ini adalah beberapa tempat di Indonesia yang sempat dijadikan inspirasi lokasi di film internasional.

1. Pulau Mursala

Pulau Mursala/North Sumatera Invest

Pernah menjadi inspirasi lokasi di film King Kong tahun 2005, Pulau Mursala terletak di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Pulau ini memiliki pesona alam yang sangat indah, yaitu berupa hutan yang masih asri dengan pepohonan hijaunya. Ada sebuah air terjun yang berada di tepian pantai dan airnya jatuh di laut.

2. Kabupaten Yalimo

Kabupaten Yalimo/TMDB

The Salt of The Earth pernah terinspirasi oleh tempat bernama Kabupaten Yalimo yang ada di Provinsi Papua. Film yang digarap pada tahun 2014 ini merupakan film dokumenter yang menunjukkan keindahan alam Kabupaten Yalimo. Keindahan alam ini berupa bukit dan padang savana yang indah.

3. Desa Ubud

Desa Ubud (Bali Ventur)

Sebuah desa yang terletak di Provinsi Bali ini pernah menjadi inspirasi film Eat, Pray, Love. Film yang dirilis pada tahun 2010 ini ternyata terinspirasi dari desa Ubud yang ada di Bali. Dalam film internasional tersebut menampakkan panorama alam desa Ubud yang masih sejuk, alami dan hijau.

4. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove (Pexels.com)

Hutan Mangrove yang terletak di Borneo ini pernah menjadi inspirasi film Anaconda: The Hunt of Blood Orchid. Film yang rilis pada tahun 2004 ini menunjukkan keasrian hutan Mangrove yang ada di Kalimantan. Banyak adegan menegangkan yang ditampilkan oleh film Anaconda ini.

Baca Juga:

5. Pulau Moyo

Pulau Moyo (Komodo Adventure Cruise)

Pulau mungil ini berjarak antara 2,5 km dari Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Walau Pulau Moyo kecil, namun keindahan alamnya sangat fantastis. Pulau Moyo juga memiliki daftar hotel-hotel termahal di Indonesia. Karena potensinya inilah tidak heran jika Pulau Moyo dijadikan sebagai inspirasi lokasi film Savage tahun 2012.

6. Jakarta

Jakarta (Pexels.com)

Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta memang memiliki pesonanya sendiri. Karena kerennya Jakarta, tidak heran apabila wilayah ini sempat menjadi inspirasi lokasi di film Blackhat tahun 2015. Adapun area-area yang sempat menjadi inspirasi lokasi adalah Bandara Soekarno-Hatta, Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanah Abang dan Lapangan Banteng.

7. Kota Batam

Batam (Wiki Images)

Siapa sangka jika kota Batam memiliki pesonanya sendiri. Selain memiliki penampilan alam yang mengagumkan, ada sisi kota Batam yang juga menegangkan. Tidak heran apabila kota Batam dijadikan inspirasi lokasi untuk film Dead Mine tahun 2012. Keindahan alamnya dan suasananya yang mendebarkan adrenalin membuat kota Batam disukai.

Baca Juga:

8. Perairan Sumatera

Perairan Sumatera (Authentic Indonesia)

Film thriller yang berjudul Amphibious tahun 2010 ternyata pernah menjadikan perairan Sumatera sebagai inspirasi lokasi dalam film. Perairan sumatera memang menjadi 100% inspirasi di film Amphibious tersebut. Perairan sumatera yang tampak bersih ini akan menjadi mendebarkan di dalam film thriller tersebut.

Wilayah di Indonesia memang memiliki keindahan dan panorama alam tersendiri. Keindahan alam ini tentunya khas dan berbeda dari yang lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran apabila dijadikan sebagai inspirasi lokasi dalam beberapa film internasional.

Baca Juga: Wisata Jembatan Gantung Situ Gunung, Hanya untuk Kamu yang Punya Nyali

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *