8 Perguruan Tinggi di Kudus


Perguruan tinggi di kudus

Anda tinggal di wilayah Kabupaten Kudus dan sekitarnya? Anda lulusan SMA/MA/ SMK dan sederajat? Anda ingin kuliah di perguruan tinggi yang dekat rumah, silakan baca dan cari informamsi perguruan tinggi di sekitar daerah Anda.

Ada beberapa perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Kudus, mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi. Atau mungkin justru Anda salah satu alumni dari perguruan tinggi di Kudus. Apa saja perguruan tinggi di Kudus? Simak dan perhatikan informasi berikut.

1. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

IAIN Kudus ialah perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Kampus IAIN Kudus beralamat di Jalan Conge, Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae Kabupaten Kudus PO Box 51, telepon 0291-438818, fax 0291-441613. Gedungnya yang tinggi menjulang bisa dilihat dari jalan raya Kudus-Pati.

Awal berdirinya, kampus ini merupakan bagian dari IAIN Walisongo Semarang dan di tahun 1997 beralih menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus. Perkembangannya yang pesat, kini statusnya berubah menjadi IAIN Kudus di tahun 2016 dengan 4 jurusan dan 3 program pascasarjana.

Jurusan yang ada ialah jurusan Tarbiyah dengan 10 program studi, jurusan Syariah dengan 7 program studi, jurusan Ushukuddin dengan 4 program studi dan jurusan Dakwah dan Komunikasi dengan 5 program studi.

Sementara program pascasarjana jenjang S2 dengan program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Magister Ekonomi Syariah dan Magister Ilmu Syariah. Bagi pembaca yang ingin kuliah di bidang keagamaan baik jenjang S1 dan S2, bisa deh IAIN Kudus ini bisa menjadi tujuan pendidikan lanjutannya.

Baca Juga:

2. Universitas Muria Kudus (UMK)

Universitas Muria Kudus ialah perguruan tinggi swasta terbesar di Kudus dan banyak diminati oleh masyarakat Kudus dan sekitarnya. Kampus UMK terletak di Jalan Lingkar Utara UMK, Gondangmanis Kecamatan Bae, Kudus, 59327 Jawa Tengah telepon +62291-438229. Karena letaknya di Gondangmanis, banyak mahasiswa dan masyarakat memplesetkan kampus UMK sebagai UGM Kudus. Maksudnya Universitas Gondang Manis.

UNK Kudus memiliki 6 fakultas dengan program studi dari tingkat sarjana (S1) hingga pascasarjana. Fakultas tersebut adalah FKIP/ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (S1 Matematika, S1 PGSD, S1 Bahasa Inggris, S1 Konseling, S1 Bahasa dan Sastra Indonesia dan S2 Pendidikan Dasar), Fakultas  Ekonomi (S1 manajemen, S1 Akuntansi dan S2 Manajemen), Fakultas Teknik (S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Industri dan S1 Informasi), Fakultas Hukum (S1 Hukum dan S2 Magister Hukum), Fakultas Pertanian (S1 Agroteknologi) dan Fakultas Psikologi (S1 Psikologi).

3. Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU)

UMKU juga perguruan tinggi swasta di Kudus yang beralih status menjadi universitas di tahun 2018. Awalnya kampus ini bernama STIKES Muhammadiyah Kudus. Setelah beralih status, UMKU memiliki 3 fakultas dan 20 program studi terdiri 3 program diploma (D3 kebidanan, D3 Keperawatan dan D4 Teknik Laboratorium Medis), 14 program sarjana (akuntansi, ekonomi syariah, farmasi, hukum, ilmu komputer, keperawatan, matematika, PGSD, sistem informasi, teknik industri, kebidanan, gizi, administrasi rumah sakit dan bisnis digital) dan 3 program profesi (profesi Ners, Kebidanan dan Apoteker).

4. Akademi Kebidanan (AKBID) Pemda Kudus

Akbid Pemda Kudus ada di bawah naungan Pemerintah Daerah Kudus yang fokus di bidang kebidanan. Namun, telah terjadi alih bina ke Yayasan Bina Insan Mulia sehingga berganti status dari akademi menjadi politeknik. Akbid ini beralamat di Jalan Lukmonohadi No. 19 Kudus (Belakang RSUD Kudus) Utara Balai Desa Ploso Kudus, telepon 0291-437942 ext.5.

5. Akademi Kebidanan (AKBID) Mardi Rahayu Kudus

Akbid Mardi Rahayu Kudus berdiri sejak 2004 sebagai pengembangan di dunia pendidikan oleh yayasan yang menaungi Rumah Sakit Mardi Rahayu. Akbid ini memiliki satu prodi yaitu D3 Kebidanan. Alamat kampusnya ada di Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim N0. 89, Kelurahan Panjunan, Kudus telepon 0291-445979.

6. Akademi Kebidanan (Akbid) Muslimat Nahdlatul Ulama Kudus

Akademi Kebidanan atau Akbid Muslimat Nahdlatul Ulama Kudus berlokasi di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menjadi pilihan untuk calon bidan masa depan. Akbid ini memiliki jurusan yaitu jenjang D3 Kebidanan.

Akbid Muslimat NU Kudus mendapatkan izin penyelenggaraan program studi kebidanan D3 berdasarkan SK Mendiknas RI No. 244/D/O/2008, rekomendasi BPPSDM Depkes RI No. HK. 03/05/1/4/4325/2008 dan rekomendasi Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah No. 890/12541/2 serta telah melaksanakan kegiatan perkuliahan perdananya pada tahun akademik 2009/2010.

7. Akademi Keperawatan (Akper) Krida Husada Kudus

Salah satu perguruan tinggi di Kudus adalah Akademi Keperawatan Krida Husada. Akper Krida Husada memiliki 1 prodi yaitu D3 Keperawatan dengan akreditasi B. Akademi ini berdiri sejak 1995 dan berlokasi di Jalan Lingkar Raya Kudus-Pati, Kecamatan Mejobo, Kudus.

Baca Juga:

8. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Cendekia Utama Kudus

Stikes Cendekia Utama Kudus berlokasi di Jalan Lingkar Timur, Kecamatan Mejobo, Kudus dan memiliki beberapa program studi yaitu S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, S1 Farmasi dan D3 Farmasi.

Demikian, 11 perguruan tinggi di Kudus. Jika kalian tinggal di Jawa Tengah bagian timur dan ingin kuliah dekat rumah, perguruan tinggi di Kudus ini bisa menjadi rujukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 8 Perguruan Tinggi di Blora

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *