11 Perguruan Tinggi di Kabupaten Pati

Anda tinggal di wilayah eks-Karesidenan Pati? Anda lulusan SMA dan sederajat? Anda ingin kuliah di perguruan tinggi di Kabupaten Pati dan dekat rumah, silakan cari info di sini.


Perguruan Tinggi di Pati

Anda tinggal di wilayah eks-Karesidenan Pati? Anda lulusan SMA dan sederajat? Anda ingin kuliah di perguruan tinggi yang dekat rumah, silakan baca dan cari info perguruan tinggi di sekitar daerah Anda.

Ada beberapa perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Pati, mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi. Apa saja perguruan tinggi di Pati? Simak dan perhatikan informasi berikut.

1. Universitas Terbuka/UT Pati

Kampus Univertitas Terbuka (telegraf.co.id)

UT atau Universitas Terbuka yang ada di Pati sebagai bagian dari UBJJ Semarang. UT merupakan perguruan tinggi negeri yang menggubakan sistem belajar jarak jauh. UT berdiri sejak 1984 dan terakreditasi. UT Pati beralamat di Perumahan Sukoharjo Indah, Jalan Indrakila No. 34-36, Dukuh Godog, Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati.

Jurusan yang ada adalah pendidikan matematika, keguruan dan pendidikan, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan bahasa indonesia, pendidikan bahasa inggris, teknologi pendidikan, pendidikan anak usia dini, akuntansi, manajemen, ekonomi syariah, pariwisata, ekonomi pembangunan, ilmu administrasi, ilmu hukum ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan, ilmu perpustakaan, sastra inggris, administrasi bisnis, administrasi negara, perpajakan, kearsipan, perencanaan wilayah dan kota, matematika, statistika, biologi, agribisnis, ilmu dan teknologi pangan, teknik lingkungan, dan sistem informasi.

Juga menyelenggarakan pendidikan perguruan tinggi jenjang S2 untuk jurusan perikanan, manajemen, pendidikan matematika, keguruan dan pendidikan, pendidikan bahasa inggris, administrasi negara, dan pendidikan guru sekolah dasar.

Baca Juga:

2. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) AKI Pati

STIMIK AKI Pativ (infopmbindonesia)

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) AKI Pati menjadi kampus swasta. Kampus yang beralamat di Jalan Kamandowo No 13, Pati Kidul, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini telah memiliki terakreditasi dari BAN PT. Program studi yang tersedia di STIMIK AKI Pati adalah sistem informasi dan teknik informatika untuk jenjang S1. Ada juga program studi jenjang D3 yaitu komputerisasi akuntansi dan manajemen informatika.

3. Institut Pesantren Mathali’ul Falah-IPMAFA Pati

Institut pesantren Mathali’ul Falah (ipmafa)

Berdiri tahun 2008, sebelum bernama IPMAFA Pati memiliki nama Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah. Kampus beralamat di Jalan Raya Pati – Tayu Km 20, Kedung, Purworejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah telah terakreditasi Baik oleh BAN PT.

Jurusan di IPMAFA Pati adalah komunikasi penyiaran islam, pendidikan bahasa arab, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, pendidikan islam anak usia dini, pengembangan masyarakat islam, perbankan syariah, dan zakat dan wakaf. Semuanya merupakan jenjang pendidikan perguruan tinggi yang fokus pada keilmuan agama Islam.

4. Sekolah Tinggi Agama Kristen Wiyata Wacana (STAKWW) Pati

STAWW Pati (facebook.com/STAKWW Pati)

Selain kampus yang fokus pada keilmuan agama Islam, di Pati ada kampus perguruan tinggi berbasis agama Kristen yaitu Sekolah Tinggi Agama Kristen Wiyata Wacana disingkat STAKWW Pati.

Kampus ini berdiri sejak tahun 1965. Kampus beralamat di Jalan P Diponegoro 33, Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dan memiliki jurusan teologi kependetaan dan pendidikan agama kristen. Keduanya merupakan jenjang pendidikan perguruan tinggi S1 atau sarjana.

5. Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP)

STAI Pati (facebook.com/STAI Pati)

STAIP atau Sekolah Tinggi Agama Islam Pati berlokasi di Jalan Kampus Raya No 5, Sawah, Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah telah berdiri sejak 2000. Program studi yang tersedia di STAI Pati adalah ahwal al-syakhsiyah, pendidikan agama islam, dan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Ketiganya ialah program studi untuk jenjang S1 atau sarjana.

6. Akademi Kebidanan (Akbid) Duta Dharma Pati

Akademi Kebidanan (Akbid) Duta Dharma Pati (facebook.com/Akademi Kebidanan Duta Dharma Pati)

Akademi Kebidanan atau Akbid Duta Dharma Pati berlokasi di Jalan Raya Pati Kudus Km 6, Gintungan, Sukokulon, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menjadi pilihan untuk calon bidan masa depan. Berdiri tahun 2005 Akbid ini memiliki jurusan yaitu jenjang D3 Kebidanan ter akreditasi B.

7. STIKES Bakti Utama Pati

STIKES Bakti Utama Pati (stikesbup.ac.id)

STIKES Bakti Utama Pati beralamat di Jalan Ki Ageng Selo No 15, Blaru, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dan telah berdiri sejak 2005 dengan memiliki akreditasi B dari BAN PT. Program studi yang ada ialah Kebidanan, jenjang D3.

8. Akademi Pertanian Pragola Pati

Mahasiawa Akademi Pertanian Pragola Pati

Akademi Pertanian Pragola Pati beralamat di Jalan Gembong Rendole No 1, Rendole Indah, Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, telah berdiri sejak 1992. Jurusan yang tersedia adalah agrobisnis pertanian, dan nutrisi dan makanan ternak. Keduanya merupakan program studi jenjang D3.

9. STAI Syekh Jangkung

STAI Syekh Jangkung (stibi-syekh-jangkung.business.site)

Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Jangkung beralamat di Gg Tempel, Karang Mulyo, Trimulyo, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, telah berdiri sejak 2016. Program studi yang tersedia adalah sejarah kebudayaan Islam, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, dan pendidikan islam anak usia dini. Ketiganya menawarkan jenjang pendidikan perguruan tinggi S1 atau sarjana.

10. Akademi Perawat (Akper) Pragola Pati

Wisuda Perawat Akper Pragolo Pati

Akademi Perawat Pragolo Pati beralamat di Jalan Raya Banyuurip No 26 A Margorejo Pati, Kabupaten Pati, dan memiliki dua jurusan jenjang D3 yaitu keperawatan dan teknik elektro medik.

Baca Juga:

11. Universitas Safin Pati

Mahasiswa Universitas Safin Pati (main.usp.ac.id)

Universitas Safin Pati berdiri berdasarkan gabungan 3 sekolah tinggi yaitu STIMIK Triguna Utama Pati (berdiri 7 Mei 2003), STIA ASMI Solo (2 Juni 2009) yang sebelumnya akademi (1985) dan STIKES Duta Gama Klaten (5 September 2005). Universitas Safin ada di bawah naungan Yayasan Safin Bina Bangsa.

Universitas Safin Pati memiliki beberapa fakultas dan jurusan dan telah memiliki izin resmi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan nomr 246/E/O/2023 tanggal 8 Maret 2023. Universitas ini memiliki kampus di Jalan Raya Pati-Tayu Km. 13 Desa Ketanen, Kec. Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59153.

Demikian, 11 perguruan tinggi di Kabupaten Pati. Jika kalian tinggal di Jawa Tengah bagian timur dan ingin kuliah dekat rumah, perguruan tinggi di Kabupaten Pati ini bisa menjadi rujukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Suka Bahagianya Kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *