7 Tips Mudah Mewujudkan Resolusi Awal Tahun 2024 Agar Tercapai

Wujudkan resolusi awal tahun 2024 dengan tips mudah ini yuk! Dijamin bakal terwujud


Ilustrasi resolusi tahun 2024

Sebentar lagi, tahun 2024 akan datang dan biasanya orang-orang akan menyusun list resolusi baru. Tapi, membuatnya nggak semudah itu, diperlukan perencanaan yang tepat agar bisa mewujudkan resolusi awal tahun 2024 dan tak berakhir sia-sia.

Jangan sampai kamu cuma semangat di awal-awal tahun, tapi selanjutnya semangat itu memudar. Nah, agar semua itu nggak terjadi, yuk persiapkan resolusi tersebut dengan tujuh tips mudah di bawah ini.

1. Awali dari langkah-langkah kecil

Ilustrasi awali dari langkah kecil (pexels.com/Andrew Neel)

Untuk bisa mewujudkan resolusi awal tahun 2024, penting untuk tidak terlalu ambisius dalam mencapai target. Kamu bisa memulai dengan langkah-langkah kecil dahulu namun konsisten agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Bukan berarti tidak boleh berambisi, ambisi boleh saja tetapi jangan berlebihan ya agar tidak kewalahan yang berujung membuatmu frustasi. Lebih baik perlahan dengan logis, namun kamu fokus untuk mencapai target tersebut.

Ingatlah untuk mencapai sesuatu yang besar, kamu harus memulai dari hal-hal kecil dulu.

Baca Juga:

2. Buat resolusi yang lebih spesifik

Ilustrasi buat resolusi yang lebih spesifik (pexels.com/Polina Kovaleva)

Kedua, pastikan resolusi yang kamu buat lebih spesifik dan terukur. Misal, jika kamu ingin lebih sehat, jangan menulis atau berpikir “aku ingin hidup sehat”, tetapi tulislah “aku ingin lari pagi setengah jam setiap hari agar lebih sehat”.

Buat target dengan lebih spesifik dan terukur, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk lari atau jika ingin kurus, pastikan jelas banyaknya berat badan yang ingin diturunkan. Pembuatan yang lebih spesifik menjadikan resolusi bukan hanya sekadar wacana, tetapi target yang harus diwujudkan dan tentu membuatmu lebih terarah.

3. Jangan ulangi resolusi yang sudah gagal di tahun sebelumnya

Ilustrasi jangan ulangi resolusi yang gagal di tahun sebelumnya (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Berapa banyak resolusimu yang belum tercapai di tahun ini? Coba ingat-ingat kembali apa saja resolusi tersebut, kemudian lakukan evaluasi besar dengan mencari penyebab mengapa hal itu bisa terjadi, apa saja yang salah dan mana yang harus diperbaiki.

Dengan mencari sumber kesalahannya, barangkali kamu bisa belajar memperbaiki agar resolusi selanjutnya bisa tercapai. Caranya, dengan mengganti resolusi tersebut atau mencoba cara yang berbeda dari sebelumnya untuk bisa terwujud.

4. Masukkan list resolisi yang disukai

Ilustrasi masukkan list yang disukai (pexels.com/energepic.com)

Kamu juga bisa banget memasukkan list seperti hobi yang disukai untuk resolusi tahun baru. Seperti main alat musik, bernyanyi, menulis, main badminton atau apapun yang kamu sukai.

Sesuatu yang lebih disukai akan membuatmu lebih tertarik untuk melakukannya. Jangan lupa untuk terus mengembangkan passion-mu agar semakin terasah dan bukan tidak mungkin akan menghasilkan sesuatu.

Baca Juga:

5. Hindari resolusi terlalu banyak

Ilustrasi hindari resolusi terlalu banyak (pexels.com/Polina Kovaleva)

Punya banyak resolusi itu wajar saja, tetapi jika kamu menuliskannya semua dan berharap bisa mewujudkannya di tahun 2024 itu hal yang sulit dilakukan. Tulis seperlunya dan yang sekiranya paling ingin kamu wujudkan agar tidak membuatmu pusing, terintimidasi dan berakhir malas mewujudkannya.

Ingat, untuk mewujudkannya tidak bisa langsung berhasil dalam satu hari, banyak proses yang akan dilalui. Jadi, jangan bebani dirimu dengan tuntutan yang terlalu menumpuk, oke?

6. Ceritakan resolusimu agar mendapat dukungan

Ilustrasi ceritakan resolusimu agar mendapat dukungan (pexels.com/Edmond Dantès)

Support system dari orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat dan teman sangat dibutuhkan agar kamu bisa mewujudkan resolusi tersebut. Jangan ragu untuk menceritakan apa saja resolusimu agar dukungan yang didapatkan membuatmu lebih berkomitmen menjalaninya.

Selain itu, siapa tahu ada juga resolusimu yang sama dengan mereka dan bisa berjuang mewujudkan bersama-sama, ya kan?

Baca Juga:

7. Terus belajar dan bersabar pada prosesnya

Ilustrasi terus belajar dan bersabar pada prosesnya (pexels.com/Tim Gouw)

Untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, membutuhkan proses yang tidak sebentar dan terkadang berbagai rintangan datang menghalangi. Tetapi ini bukan sebuah alasan untukmu menyerah, takut gagal bahkan tak ingin melanjutkannya lagi.

Lebih baik, mulailah catat apa saja rintangannya untuk bisa diperbaiki atau buat rencana cadangan jika keinginan utamamu belum berhasil diwujudkan. Kamu juga harus sabar, karena tidak ada hasil yang bisa didapat secara instan ya, semua butuh proses.

Kalau semisal di tengah jalan kamu merasa capek banget, istirahat dulu saja. Lalu mulai kembali ketika segalanya terasa lebih baik.

So, sudah siap mewujudkan resolusi awal tahun 2024 dengan tujuh tips di atas? Selamat berjuang dan semoga tercapai!

Baca Juga: 6 Tips Cepat Bangkit dari Titik Terendah dalam Hidup

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *