7 Makanan Dari Jepang Yang Mirip Makanan Indonesia, Sama Enaknya!


Apakah kamu penyuka makanan dari Jepang? Penggemar masakan Jepang di Indonesia ternyata cukup banyak, terbukti dengan menjamurnya restoran Jepang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Mungkin karena sama-sama berasal dari Asia, cita rasa masakan Jepang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Walaupun dibuat dengan bumbu yang berbeda, tapi ada beberapa hidangan Jepang yang mirip dengan makanan Indonesia. Beberapa masakan Jepang ini ada yang mirip dari bentuk dan tekstur,  bahkan ada yang sama bahan dasarnya. Berikut 7 makanan dari Jepang yang mirip hidangan Indonesia.

1. Yakitori

Yakitori, hidangan sate versi Jepang (freepik.com/timolina)

Kalau di Indonesia ada sate, di Jepang juga ada yang namanya yakitori. Makanan ini terbuat dari daging ayam dan bisa dari bagian apa saja, paha, dada, bahkan kepala. Sebelum dibakar, yakitori tidak dimarinasi dulu, dan baru diberi saus setelah matang. Yakitori biasanya menjadi cemilan pendamping untuk minuman beralkohol.

Baca Juga:

2. Kakiage

Kakiage, gorengan sayur versi Jepang (chopstickchronicles.com)

Orang Indonesia pasti kenal yang namanya gorengan bakwan. Di Jepang, ada kakiage yang bisa dibilang mirip dengan bakwan. Kakiage adalah aneka sayuran yang dicampur dan dijadikan adonan kemudian digoreng. Adonan kakiage biasanya terdiri dari tepung terigu, garam dan air es atau air soda, agar teksturnya lebih renyah. Seperti bakwan, kakiage merupakan cemilan favorit yang dianggap enak dan sehat.

3. Dorayaki

Cemilan tradisional Jepang dorayaki (freepik.com/freepik)

Makanan favorit Doraemon ini di Indonesia dikenal dengan nama kue apem. Dorayaki merupakan kue tradisional Jepang berbentuk bundar ini terbuat dari tepung dan telur dengan isian kacang merah, sedangkan kue apem umumnya disajikan polosan saja tanpa isian. Cara membuat dorayaki pun mudah, karena pada dasarnya dorayaki adalah dua buah pancake yang ditangkupkan dan diberi isian di tengahnya.

Baca Juga:

4. Sushi roll

Sushi roll adalah lemper versi Jepang (freepik.com/freepik)

Makanan Indonesia yang mirip sushi roll adalah lemper. Perbedaan paling mencolok adalah pada bungkusnya, sushi roll dibungkus nori dan bisa dimakan, sedangkan lemper dibungkus daun pisang dan tentu saja tidak bisa ikut dimakan. Tekstur sushi dan lemper juga mirip tetapi rasa sedikit berbeda karena ada perbedaan isi. Sushi roll biasanya diisi udang, ayam dan beberapa jenis sayuran.

5. Dango

Snack Jepang dango yang mirip klepon (int.japanesetaste.com)

Dango adalah cemilan tradisional Jepang berbentuk bulat yang terbuat dari tepung beras, mirip seperti klepon di Indonesia. Bedanya klepon dilumuri parutan kelapa dengan isian gula merah, sedangkan dango dibiarkan polos tanpa lumuran apapun dan isiannya adalah kacang merah. Dango memiliki tekstur kenyal dan ada yang disajikan dengan ditusuk seperti sate.

Baca Juga:

6. Yakimeshi

Nasi goreng Jepang yang gurih (tiger-corporation.com)

Yakimeshi dan nasi goreng bisa dikatakan hidangan yang sama, karena bahan dasar dan cara mengolahnya memang sama, yaitu nasi yang digoreng. Beda keduanya ada pada cita rasa yang dihasilkan, nasi goreng Indonesia cenderung manis karena ada campuran kecapnya, sedangkan yakimeshi bercita rasa asin dan gurih. Yakimeshi biasanya dibuat dengan campuran telur, daging dan sayuran.

7. Yakisoba

Mie goreng Jepang dengan cita rasa unik (japancentre.com)

Mie goreng dan yakisoba juga bisa dikatakan makanan yang sama, karena terbuat dari bahan dasar yang sama, yaitu mie. Hidangan yakisoba biasanya dicampur dengan daging, jamur dan aneka sayuran, serta saus uster atau saus yakisoba. Saus inilah yang membuat cita rasanya berbeda dengan mie goreng khas Indonesia. Tekstur mie yakisoba juga lebih kenyal daripada mie umumnya.

Jangan berkecil hati jika belum pernah mencicipi masakan Jepang, karena beberapa ternyata tidak jauh beda kok dengan makanan Indonesia. Bahkan untuk mencoba membuat sendiri pun tidak terlalu sulit karena bahan baku mudah didapatkan di Indonesia dan resepnya juga bisa dengan mudah didapatkan dari internet. Makanan dari Jepang mana nih yang paling bikin kamu penasaran untuk dicicipi?

Baca Juga: Patut Bangga! 8 Kota di Indonesia Dinobatkan sebagai Best Food Cities in the World

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *