5 Makanan Khas Korea Menggugah Selera, Sering Muncul di Dramanya!

Makanan seperti Tteok-bokki sampai Kimbab adalah beberapa makanan khas Korea yang sering muncul dalam drama Korea


0
Ilustrasi Kimbab (Pixabay/Changpun)

Drama Korea memiliki banyak peminat bukan hanya dari negaranya saja, melainkan dari penjuru dunia, termasuk juga Indonesia. Drama Korea menjadi tontonan wajib bagi para remaja di Indonesia. Aktor yang tampan, bakat akting yang luar biasa, pembuatan drama yang terlihat nyata, serta alur cerita yang tidak membosankan adalah beberapa hal yang membuat drama Korea sangat digemari.

Sering kali di setiap drama korea menampilkan adegan santap makanan yang seketika membuat penonton menelan ludah karena tergiur dengan makanannya. Untuk mereka yang sering menonton drama korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan-makanan khas asal negeri ginseng tersebut. Pasalnya, makanan-makanan itu hampir tak pernah absen di setiap drama Korea dalam setiap genrenya. Hal ini membuat para penonton ingin segera melangkahkan kaki menuju swalayan yang menjual makanan Korea lalu menyantapnya sambil kembali melanjutkan tontonannya.

Berikut, 5 makanan khas Korea yang sering kali muncul dalam dramanya. Yuk, disimak!

1. Tteok-bokki

Ilustrasi Tteok-bokki (Pixabay/Jun Yang)

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini. Makanan khas ini sangat popular di Korea Selatan. Tak heran jika di setiap drama Korea selalu menyuguhkan makanan dengan saus merah berlimpah ini. Tteok-bokki merupakan makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari kue beras serta saus gochujang.

Gochujang adalah saus yang terbuat dari cabai merah dan merica. Saus gochujang yang terkenal dengan warna merah kentalnya adalah tambahan dalam potongan kue beras. Biasanya, telur rebus, ramyeon, keju, dan dumpling (kue berbentuk bola), menjadi tambahan dalam tteok-bokki.

2. Ramyeon

Ilustrasi Ramyeon (Pixabay/IHATEMYSELFQ)

Ramyeon adalah mie instan asal Korea Selatan. Orang Korea memiliki cara unik menyantap mie instan yang satu ini. Jika di Indonesia, mie ditiriskan atau dituang ke dalam mangkok setelah direbus, di Korea Selatan mereka merebus mie instan beserta dengan bumbunya.

Setelah mie masak, mereka tidak menuangkannya ke dalam mangkuk, melainkan memakannya di panci tempat mereka merebus mie tersebut. Ramyeon juga lebih enak jika di santap dengan tteok-bokki, telur rebus, sosis, kimchi, dan lain sebagainya.

3. Kimchi

Ilustrasi Kimchi (Pixabay/Dongtan Ko)

Kimchi adalah makanan yang wajib ada di dapur orang korea. Kimchi adalah makanan penambah yang terbuat dari beberapa jenis sayuran yaitu sawi putih, wortel, ketimun, dan juga lobak serta dibaluri dengan bumbu yang terbuat dari campuran bawang putih, jahe, merica, garam dan saus ikan. Dibutuhkan proses fermentasi untuk membuat kimchi agar kimchi memiliki cita rasa yang pas serta lebih bernutrisi.

Kimchi memiliki campuran rasa antara asin, manis, dan pedas. Biasanya, kimchi disantap pada saat sarapan bersamaan dengan nasi dan lauk lainnya.

Baca Juga: 11 Kosakata Korea di KBBI Daring, Tidak Perlu Ditulis Miring Lagi!

4. Japchae

Ilustrasi Japchae (Pixabay/Cjoung6728)

Japchae, atau Korean Glass Noodle Stir fry adalah makanan khas Korea yang yang terbuat dari mie bening dari kanji ubi jalar, dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel, bayam, jamur, juga tambahan daging. Japchae memiliki bentuk yang lurus serta berwarna bening seperti kaca.

Itulah mengapa Japchae sering disebut sebagai Glass Noodle atau dalam Bahasa Indonesia yaitu ‘mie kaca’. Japchae termasuk salah satu makanan yang wajib ada saat merayakan festival liburan, seperti festival tahun baru, festival hari panen, dan lain sebagainya.

5. Kimbab

Ilustrasi Kimbab (Pixabay/Changpun)

Kimbab adalah makanan khas Korea yang pembuatannya tidak sulit tetapi tidak juga mudah. Kimbab adalah nasi yang digulung bersamaan dengan rumput laut serta beberapa isian lainnya seperti ikan tuna, wortel, telur, daging sapi, dan lain sebagainya. Kimbab digulung dengan menggunakan alat sederhana. Setelah proses penggulungan selesai, kimbab dipotong menjadi beberapa bagian.

Pembuatan kimbab terbilang agak sulit untuk pemula karena proses penggulungan yang harus hati-hati. Namun, jika sudah berlatih beberapa kali, menggulung kimbab akan terasa mudah. Kimbab menjadi makanan praktis bagi para pelajar di Korea ketika akan melakukan piknik atau juga sebagai bekal makan siang karena bentuknya yang minimalis.

Itulah 5 makanan Khas korea yang sering kali muncul dalam dramanya. Beberapa kota di Indonesia pun sudah banyak pedagang yang menjual makanan-makanan tersebut. Jika kalian adalah penikmat drama Korea, pasti kalian sudah pernah mencicipi makanan-makanan yang di sebutkan di atas, bukan?

Baca Juga: Belajar Kegigihan dari Idola Pop Korea

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *