7 Ide Lomba di HUT RI Ke-78 Tahun 2023


Lomba HUT RI

Pada tanggal 17 Agustus 2023 diperingatkan sebagai hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Setiap 17 Agustus, Masyarakat Indonesia mengisi kegiatan berbagai keseruan acara lomba di sekolah, lingkungan perumahan, kantor, dan tempat lainnya. Lomba tersebut biasanya menggelar perlombaan tingkat perumahan, RT, RW, kelurahan dan kecamatan. Kalangan anak muda dan tua bisa ikut partisipasi lomba 17 Agustus

Bahkan, tak jarang mereka mengabadikan lomba 17 Agustus di media sosial dan setelah itu viral setelah diunggah. Mereka tertawa dengan menonton video aksi lomba 17 Agustus. Sehingga perlombaan 17 Agustus sebagai sarana hiburan para penonton.

Berikut ini beberapa ide lomba di HUT RI Ke-78 Tahun 2023

1. Lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk

Lomba ini seru dengan bahan kerupuk dan tali rafia. Tali rafia dimasukkan ke kerupuk dan diikatkan di tiang tali sesuai dengan tinggi badan peserta. Peraturan lomba ini tangan tidak boleh memegang tangan kerupuk. Tangan hanya di belakang saja.

Baca Juga:

2. Lomba Balap Karung

Lomba balap karung (Instagram@teoliampheng)

Setiap 17an pasti tidak asing dengan lomba satu ini yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Cara bermainnya memasukkan kedua kaki peserta ke dalam karung goni, kemudian melompat dari garis awal sambil memegang karung goni. Apabila cepat, maka peserta melewati garis akhir pertama.

3. Lomba Balap Kelereng

Lomba balap kelereng (internal.sekap.net)

Lomba ini tak kalah serunya. Cara bermainnya adalah kelereng ditaruh dalam sendok, lalu gagang sendoknya digigit dengan mulut. Apabila peserta kelerengnya jatuh, maka dinyatakan kalah. Peserta dari garis awal hingga akhir kelerengnya tidak jatuh maka dinyatakan menang.

4. Lomba Panjat Pinang

Lomba panjat pinang

Lomba ini paling seru dan heboh. Biasanya dipakai dengan batang pohon bambu atau pohon lain, kemudian diolesin minyak pelumas atau oli. Peserta naik ke atas pohon untuk mengambil hadiah. Makna lomba panjat pinang bagaimana bekerja sama dan saling kompak dalam tim.

5. Lomba memasukan paku ke dalam botol

Lomba memasukkan paku ke dalam botol (cianjurexpress)

Lomba ini sangat sederhana. Cara mainnya tali yang sudah ada paku diikatkan ke pinggang peserta. Peserta lari dari garis awal ke arah botol lalu beradu memasukkan paku ke dalam botol. Apabila peserta berhasil memasukkan paku dalam botol, maka peserta langsung lari sambil memegang botol sesuai garis awal kembali. Siapa cepat, dia yang menang! Namun, peraturan permainan ini tidak boleh memegang paku menggunakan tangan.

6. Lomba Tarik Tambang

Lomba ini cukup menguras tenaga. Dalam permainan ini dibagi jadi dua kelompok. Dalam satu kelompok dibagi menjadi enam orang atau lebih. Biasanya tali yang digunakan adalah tali goni khusus lomba tarik tambang. Siapa kelompok menarik tali dengan lebih kencang dan berhasil menyeret kelompok musuh melewati garis tengah, dialah pemenangnya!

Baca Juga:

7. Lomba Sepeda Hias

Lomba sepeda hias (jalurnews)

Lomba satu ini terlihat sangat menarik. Lomba menghias sepeda adalah ajang lomba kreativitas dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan orang tua dengan anak. Dengan bahan kertas krep warna, silik bambu dibalut dengan kertas krep, dan lem. Serta tambahan baling-baling kertas dan bendera merah putih. Siapa peserta menghias sepeda paling bagus dan unik maka itulah pemenang.

Masih banyak lagi berbagai macam lomba di HUT RI Ke-78 Tahun 2023. Mana lomba favorit kalian?

Baca Juga: 4 Lomba Hari Kemerdekaan Indonesia Legendaris, Beserta Sejarah dan Filosofinya

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *