5 Langkah Sederhana Dalam Partisipasi Memperingati Hari Kemerdekaan RI


hari kemerdekaan RI

Di era serba modern dan canggih ini, kebanyakan orang menginginkan sesuatu yang mudah dan praktis, seperti untuk memperingati hari kemerdekaan pun juga ingin sederhana tanpa mengurangi makna nasionalismenya. Hari kemerdekaan sejatinya merupakan hari yang membahagiakan setelah tidak lagi terjajah, pada era tersebut banyak orang berupaya untuk ikut berpartisipasi sesuai dengan kemampuannya.

Jika kamu ingin mencoba dengan cara sederhana dalam partisipasi memperingati Hari Kemerdekaan RI, kamu bisa dengan langkah-langkah sebagai berikut ya.

1. Mengibarkan bendera Merah Putih

Mengibarkan bendera merah outih (pixabay.com/mufidpwt)

Dengan mengibarkan bendera merah putih dalam satu periode di bulan Agustus, kamu juga sudah ikut berpartisipasi dalam memperingati hari kemerdekaan RI. Perjuangan para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan hingga bendera merah putih dapat berkibar tentu saja bukanlah perjuangan yang main-main.

Sudah sepatutnya, kita sebagai generasi penerus bangsa juga ikut mengibarkan bendera merah putih di ibu pertiwi ini, agar kita senantiasa mengingat jasa para pahlawan dan menghirup udara kebebasan dari para penjajah.

Baca Juga:

2. Berpartisipasi memperingati hari kemerdekaan RI dalam acara 17 Agustus

Lomba tarik tambang (pixabay.com/tresiahoban3)

Setiap tanggal 17 Agustus, banyak orang berbondong-bondong mengadakan acara baik syukuran hingga acara perlombaan untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI. Kamu dapat juga berpartisipasi dengan mengikuti serangkaian acara-acara tersebut.

Banyak event sengaja diadakan hanya untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang hanya dilakukan setahun sekali ini. Jadi tunggu apalagi, mari berpartisipasi dalam berbagai acara kemerdekaan untuk negeri ini.

3. Mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang

Ilustrasi berdoa (pixabay.com/geralt)

Sebagian dari kita pasti sudah hafal lagu mengeningkan cipta pada saat upacara bendera. Nah, itu juga merupakan salah satu cara untuk kita diberikan kesempatan mengingat jasa para pahlawan sembari berdoa untuk mereka.

Berterima kasih dengan cara yang sederhana, namun memiliki efek yang luar biasa terlebih kepada mereka yang telah gugur di medan perang. Mengingatkan kepada kita, bahwa doa juga merupakan kunci dari kemerdekaan.

4. Mengamalkan Pancasila

Pancasila (Kemenko PMK)

Kalau kamu bingung harus dengan cara apa ikut berpartisipasi dalam hari kemerdekaan ini, kamu bisa mengamalkan Pancasila sebagai pedoman kehidupan sehari-hari. Mengamalkan dengan sepenuh hati untuk mengabdikan diri pada negeri juga salah satu langkah di mana kamu bisa berpartisipasi dengan sederhana dan mudah.

Dalam Pancasila juga terdapat banyak sekali nilai-nilai luhur yang dapat mengajarkan kebaikan untuk berbagai bidang kehidupan. Dengan kamu menghafalnya saja pun, kamu juga sudah berpartisipasi untuk tetap mencintai bangsa sendiri.

Baca Juga:

5. Menjaga kelestarian budaya maupun kesenian

Wayang kulit, salah satu kesenian tradisional Indonesia (freepik/pikisupersta)

Tak perlu khawatir, kamu tidak perlu takut jika memang belum menguasai kebudayaan maupun kesenian seperti kebanyakan yang tayang di media sosial. Kamu bisa juga hanya dengan mengunggah ke dalam sebuah konten yang sederhana melalui perangkat pintar kamu ketika kamu sedang mengunjungi tempat wisata ataupun menonton pagelaran.

Dengan cara tersebut, kamu akan banyak meluangkan waktu kamu sambil kamu juga berpartisipasi untuk menjaga kelestarian budaya dan kesenian, karena dengan cara yang lebih modern, sasaran targetnya tidak hanya dalam negeri namun hingga ke luar negeri.

Nah, beberapa penjelasan di atas semoga bisa membantu kamu untuk tetap mengobarkan jiwa proklamasi hari kemerdekaan di era digital ini. Kamu dapat menggunakan langkah-langkah dalam partisipasi memperingati Hari Kemerdekaan RI. Merdeka !

Baca Juga: 6 Cara Kobarkan Semangat Proklamasi Kemerdekaan Bagi Pemuda di Era Digital

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *