7 Euforia Generasi Milenial Dalam Perayaan Kemerdekaan RI

Suasana kemerdekaan masih akan terasa, berbagai euforia generasi milenial dalam perayaan Kemerdekaan RI akan berlanjut hingga satu bulan penuh


Ada banyak cara untuk memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 78 ini dari mulai acara perlombaan, upacara hingga pesta rakyat lainnya. Kita bisa juga melakukan berbagai hal yang bermakna sekaligus meriah dalam upaya peringatan kemerdekaan yang setiap tahun selalu dirayakan.

Berikut berbagai euforia generasi milenial dalam perayaan Kemerdekaan RI. Yuk simak artikelnya.

1.Perayaan karnaval kostum kebudayaan

Ilustrasi karnaval (pixabay.com/Dedy_Timbul)

Di era modern ini, banyak muda-mudi ingin mengeksplor kemampuan dan kreativitasnya untuk ikut serta dalam berbagai acara perayaan, salah satunya mengembangkan perayaan karnaval dengan memadukan unsur kebudayaan nusantara baik dari Sabang sampai Merauke.

Karnaval itu memadukan banyak unsur mulai dari batik, senjata tradisional dan lain sebagainya. Ada juga yang sengaja menggunakan barang bekas yang diolah kembali menjadi pernak-pernik kostum yang cantik.

Baca Juga:

2. Lomba panjat pinang dengan hadiah meriah

Ilustrasi panjat pinang (pixabay.com/anassueb)

Banyak sekali orang mengadakan lomba panjat pinang dengan iming-iming hadiah yang menarik dan beragam, dari hadiah makanan ringan hingga barang elektronik berharga jutaan rupiah. Acara panjat pinang saat ini memang sudah sedikit peminatnya, jadi sangat memungkinkan dilakukan inovasi dengan menambahkan hadiah yang luar biasa untuk menarik masyarakat agar kembali memeriahkan dan menggiatkan lomba panjat pinang kembali.

3. Pagelaran pentas seni kontemporer

Ilustrasi pertunjukkan kontemporer (pixabay.com/contemporaryarts)

Sudah tidak asing lagi apa itu seni kontemporer di telinga warganet saat ini. Sebuah pentas seni yang memadukan banyak unsur didalamnya, dari tradisional otentik dengan modernisasi. Pagelaran yang memang ditujukkan untuk mengangkat kebudayaan Indonesia sekaligus mengemasnya ke dalam bentuk yang lebih kekinian sehingga bisa diterima berbagai kalangan baik tua maupun muda.

4.Menghias kampung dengan warna warni

Menghias kampung dengan warna merah dan putih (Instagram @mediaindonesia)

Salah satu cara merayakan kemederkaan RI ini bisa dengan mempercantik kampung dengan menghiasnya dengan berbagai cat warna warni, dekorasi unik, menata tanaman bunga yang beraneka ragam, membersihkan sampah dan selokan, dan masih banyak lagi.

Menjaga kebersihan kampung juga bisa sekaligus mendapatkan penghargaan seperti kalpataru jika dapat mempertahankan kebersihan lingkungan tidak hanya saat perayaan kemerdekaan saja. Selain unik, menghias kampung tempat tinggal juga menarik wisatawan yang sekedar ingin berswafoto.

5.Tradisi tumpengan

Ilustrasi nasi tumpeng (pixabay.com/mufidpwt)

Tradisi nasi tumpeng di Indonesia menjadi hal yang biasa saat diadakan perayaan tertentu. Para ibu berbondong-bondong ingin berpartisipasi dengan menyajikan nasi tumpeng yang enak. Antusiasme yang tinggi membuat tradisi tumpengan disemarakan dengan menambah inovasi yang menarik, seperti menghias tumpeng dengan berbagai macam lauk dan sayuran di tampah tumpengan tersebut.

Tidak hanya itu saja, nasi kuning yang biasanya identik dengan warna kuning, saat ini banyak ibu-ibu yang mencoba berkreasi dengan berbagai warna seperti merah putih yang melambangkan bendera Indonesia, warna hijau untuk kesejahteraan bersama dan lain sebagainya.

6.Upacara dengan mengenakan baju adat

Ilustrasi upacara bendera (pixabay.com/mufidpwt)

Upacara dengan mengenakan baju adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia sudah cukup ramai menjadi pusat perhatian di acara upacara kemerdekaan yang diadakan di Istana Negara. Hal tersebut membuat inspirasi terhadap pihak lainnya yang juga melaksanakan upacara bendera saat memperingati kemerdekaan 17 Agustus saat ini, dari sekolah dasar hingga para aparatur sipil negara yang tampil menawan dengan berbalut busana adat pada saat pelaksanaan upacara bendera.

Baca Juga:

7. Perlombaan berbasis teknologi dan digital

Ilustrasi permainan dengan playstation (pixabay.com/pexels)

Tak hanya mengadakan lomba outdoor yang membutuhkan energi dan kekuatan fisik, saat ini perlombaan untuk memeriahkan kemerdekaan RI dengan mengusung konsep teknologi. Di era digital ini, perlombaan seperti futsal, sepakbola, catur, permainan taktik dan permainan lainnya sudah menerapkan digitalisasi. Perlombaan yang membutuhkan kemampuan dan kinerja otak dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini.

Perayaan kemerdekaan saat ini bisa dilakukan dengan banyak hal. Untuk menambah euforia generasi milenial dalam perayaan Kemerdekaan RI agar tetap bangkit dan mempertahankan solidaritas Pancasila dengan ikut berpartisipasi dalam berbagai pagelaran yang diadakan dengan tidak membeda-bedakan apapun.

Baca Juga: 7 Ide Lomba di HUT RI Ke-78 Tahun 2023

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *