6 Cara Kobarkan Semangat Proklamasi Kemerdekaan Bagi Pemuda di Era Digital


Tidak terasa bahwa Indonesia akan genap merayakan kemerdekaannya yang ke 78 pada tahun ini. Hal ini sekaligus menandakan bahwa pembacaan teks Proklamasi sudah sampai pula pada umur tersebut. Namun, zaman sekarang di era digital ini tentu berbeda dengan zaman dahulu ketika para pahlawan masih mengangkat senjata untuk melawan para penjajah karena Indonesia sekarang telah menjadi negara yang memiliki kedaulatan penuh.

Pada saat ini pula, kita telah memasuki era digital yang ditunjukkan dengan berpindahnya hampir seluruh aspek kehidupan pada perangkat pintar yang dapat diakses dan dibawa kemana saja. Akan tetapi, kita tetap dapat mengobarkan semangat proklamasi kemerdekaan bagi pemuda di era digital dengan cara-cara berikut:

1. Membuat konten yang edukatif

Ilustrasi membuat konten kreatif (pixabay.com/pixelcreatures)

Sosial media sekarang ini telah menjadi salah satu sarana utama untuk mencari informasi. Apabila kita merasa bahwa diri kita memiliki pengetahuan yang cukup pada suatu bidang, alangkah baiknya untuk berbagi ilmu yang kita miliki di sosial media sebagai wadah belajar bersama.

Contohnya saja jika kita memiliki ketertarikan dalam bidang bisnis atau sudah membangun suatu bisnis, kita dapat membagikan tips dan trik untuk membangun bisnis sebagai sumber penghasilan. Motivasi juga dapat diberikan pada target konten agar mereka tetap konsisten dalam membangun perencanaan bisnisnya.

Baca Juga:

2. Tidak Menyebarkan Hoax

No Hoax (pixabay.com/geralt)

Setiap hari banyak sekali informasi yang bertebaran di internet dan bersamaan dengan itu, seringkali muncul berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya atau seringkali kita kenal dengan sebutan hoax. Oleh karena itu, ada baiknya bahwa kita tidak langsung mempercayai berita yang sedang beredar apalagi jika memang sumbernya tidak jelas atau tidak diketahui pasti.

Selanjutnya, kita dapat memastikan kebenaran beritanya dengan memeriksa berbagai sumber yang memang valid. Perlu diingat juga bahwa janganlah menjadi seseorang yang tidak jujur dengan menjadi penyebar hoax yang memang beritanya sudah diketahui tidak benar.

3. Memanfaatkan peluang untuk terus belajar

Belajar Dimana Saja
Ilustrasi terus belajar (Pixabay.com/sasins)

Sebagai bagian dari Indonesia, ada baiknya bahwa kita dapat memaksimalkan potensi yang memang sudah ada di dalam diri kita. Contoh saja kemampuan Soekarno sebagai orator handal yang akhirnya turut membantu untuk mengobarkan semangat rakyat Indonesia agar bersatu dan merdeka.

Apabila ada kesempatan untuk mengambil pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka ambilah dan maksimalkan potensimu untuk belajar. Saat ini pula, sistem belajar semakin dinamis karena banyak  sekali kursus-kursus online yang disediakan oleh berbagai platform dan membantu untuk menekuni hobi sampai mencapai karir impian kita. Selain itu, berpartisipasi dalam lomba yang diselenggarakan secara online  juga dapat membantu untuk mengasah kemampuan kita.

4. Menjaga etika dalam bersosial media

Promosi
Ilustrasi etika dalam sosial media (Pixabay.com/Mohammed Hassan)

Hal ini penting sekali mengingat terkadang ada beberapa individu yang berlaku kurang sopan di sosial media dengan menyinggung sesuatu yang tak pantas bahkan pada sesama dan orang sekitarnya. Tingkah dan tutur kata dalam bersosial media seharusnya dapat dijaga dengan baik karena ini merupakan cerminan dari bangsa yang beretika dan beradab.

Selain itu, para pahlawan dahulu memang berjuang secara satu kesatuan sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia sehingga sudah sewajarnya apabila kita saling menjaga dan menghormati satu dengan yang lainnya.

5. Membantu Promosi Pariwisata Indonesia

Ilustrasi promosi wisata Indonesia (pixabay.com/Kanenori)

Tenang saja, kita tidak harus sekeren iklan-iklan yang mungkin sering terlihat di televisi. Kita dapat mengunggah foto, video, dan tulisan ke media sosial terkait tempat wisata yang berasal dari Indonesia ketika kita sedang berkunjung kesana.

Cukup luangkan beberapa menit untuk edit foto, video, dan tulisan sebelum akhirnya diunggah mengingat cakupan dari media sosial yang sangat luas dan memungkinkan untuk terlihat oleh wisatawan mancanegara nantinya.

Baca Juga:

6. Melestarikan Seni dan Budaya

Ilustrasi budaya Indonesia (pixabay.com/masbebet)

Kekayaan Indonesia tidak hanya terbatas pada tempat wisata yang dimilikinya, tetapi juga pada seni dan budayanya. Kita dapat membantu untuk membagikan hal-hal unik terkait tradisi atau budaya yang mungkin jarang terlihat dan terdengar di media sosial.

Ada pula tren berpakaian di kalangan anak-anak muda dengan memadukan kain lilit batik dan atasan polos untuk kegiatan sehari-hari maupun acara formal. Hal ini sudah merupakan bentuk kepedulian rakyat Indonesia terhadap pelestarian budayanya.

Itulah beberapa cara untuk membantu mengobarkan semangat proklamasi kemerdekaan bagi pemuda di era digital. Coba direfleksikan kembali jika memang ada poin yang belum pernah dilakukan. Jadilah bangsa yang selalu mengingat semangat para pahlawan untuk merdeka!

Baca Juga: Makna Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78 Bagi Generasi Milenial

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *