6 Tips Traveling Hemat ke Tempat Wisata Favorit

Traveling hemat ke tempat wisata favorit, membutuhkan perhitungan yang matang, agar kantongmu tidak jebol


Ilustrasi traveling ke tempat wisata favorit (pixabay.com/ 822640)

Apakah kamu sedang merencanakan perjalanan wisata jarak jauh dalam waktu dekat? Jika iya, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti membeli tiket pesawat, memesan penginapan, membuat itinerary, dan lain sebagainya.

Berwisata ke tempat wisata favorit, sering kali membutuhkan biaya yang cukup besar. Tapi jangan takut, kamu bisa kok menikmati perjalanan ke tempat wisata favorit tanpa harus menguras tabungan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk traveling hemat ke tempat wisata favorit, Yuk, Simak!

1. Rencanakan perjalanan kamu dengan matang

Sebelum kamu memulai perjalanan wisata kamu, hal yang mesti kamu lakukan adalah merencanakan sebaik mungkin perjalanan kamu nantinya.

Kamu bisa menghitung-hitung dari awal, anggaran yang dibutuhkan untuk perjalanan wisata kamu. Bahkan jika kamu memesan tiket pesawat dan kamar hotel jauh hari sebelumnya, kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding memesan beberapa hari sebelum keberangkatan.

Apalagi jika kamu memilih perjalanan saat musim liburan, tentunya harga tiket dan hotel akan lebih mahal dibanding hari biasanya.

Baca Juga:

2. Mencari akomodasi yang terjangkau dengan kemampuan

Jika kamu berniat untuk menginap, kamu mesti mencari dan membandingkan harga-harga berbagai penginapan yang tersedia di sekitar lokasi wisata. Kamu bisa memanfaatkan berbagai situs untuk membandingkan harga ataupun melalui aplikasi pemesanan online.

Pilih akomodasi yang sesuai dengan anggaran kamu. Jika kamu mencari melalui internet, lihat juga komentar atau ulasan dari para pengunjungnya. Jika harga hotel mahal, kamu juga bisa mempertimbangkan opsi penginapan lainnya seperti guesthouse, losmen, atau bisa juga apartemen dengan sewa harian.

Menginap di penginapan yang lebih sederhana namun nyaman, sangat membantu dalam menghemat biaya perjalanan wisata kamu.

3. Makan di warung-warung biasa

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah dengan menekan biaya untuk makan. Tentunya kalo kita makan di tempat-tempat wisata favorit, harganya akan lebih mahal dibanding dengan makan di warung di luar area wisata. Termasuk juga jika kita makan di hotel, atau restoran yang besar.

Kamu bisa menyiasati hal ini dengan makan di warung sekitar lokasi wisata favorit, atau makan di warung-warung di sekitar penginapan. Selain lebih murah, kamu jika bisa merasakan cita rasa kuliner khas daerah tersebut.

4. Efisiensi dalam menekan biaya transportasi 

Biasanya biaya transportasi untuk mengunjungi tempat wisata favorit merupakan pengeluaran terbesar. Untuk menyiasati hal ini kamu harus berhitung dengan cermat. Jika menggunakan pesawat terbang, kamu bisa mencari tiket-tiket promo.

Kalau kamu menggunakan kereta api ataupun bis, kamu bisa memesan tiket untuk kelas ekonomi. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, hitung dengan seksama pengeluaran bensin dan tol untuk pulang dan pergi. Jangan lupa menganggarkan biaya tak terduga untuk biaya transportasi.

Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta untuk berkeliling di destinasi favorit kamu dalam satu kota. Transportasi umum biasanya lebih murah dibandingkan menyewa mobil atau naik taksi.

5. Berwisata di hari kerja (weekday)

Biasanya tempat-tempat wisata mematok harga tiket yang berbeda antara hari kerja dan hari libur. Di hari libur (weekend), harga tiket masuk akan lebih mahal dibanding hari kerja (weekday).

Kamu bisa memanfaatkan hal ini, kunjungilah tempat wisata favorit kamu di hari kerja untuk lebih menghemat pengeluaran. Namun kamu harus cari info terlebih dahulu, karena satu hari di hari kerja tersebut, biasanya tempat wisata favorit ditutup. Jangan sampai kamu ke sana, namun pas tempat wisata tersebut ditutup. Penutupan satu hari ini, biasanya digunakan pengelola untuk maintenance dan pembersihan.

Keuntungan lainnya jika kamu berwsiata di hari kerja, kamu akan lebih tenang berwisata, karena sepi pengunjung. Kamu bisa bebas berfoto ria, dan tidak terganggu lalu lalang pengunjung lainnya.

Baca Juga:

6. Membawa bekal makanan sendiri

Untuk lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Tujuan sebenarnya baik yaitu agar tidak kekurangan makanan di tengah perjalanan. Perkirakan dengan tepat jumlah makanan sesuai dengan kebutuhan. Hitunglah berapa kali akan makan dan berapa orang yang ikut dalam perjalanan. Tidak perlu membawa lebih dari porsi yang diperkirakan. Biasanya, porsi lebih itu hanya akan dibuang karena tidak dimakan.

Membawa makanan dalam porsi yang banyak, juga akan membuat kamu juga kesulitan saat membawanya. Jika bepergian dengan pesawat terbang, bekal makanan yang berlebihan bisa menambah berat bagasi kabin.

Agar lebih meringankan beban bawaan kamu, kamu bisa menggunakan pembungkus makanan sekali pakai. Seperti daun pisang, kertas nasi, yang bisa langsung dibuang ke tempat sampah.

Itulah beberapa tips ringan untuk traveling hemat ke destinasi wisata favorit kamu. Selamat trevaeling ke tempat wisata favorit kamu.

Baca Juga: Tempat Wisata Murah Meriah di Jakarta, Hemat dan Berkesan


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *