Tempat Wisata Murah Meriah di Jakarta, Hemat dan Berkesan

Ternyata ada banyak tempat wisata murah meriah di Jakarta yang memberikan pengalaman berlibur yang seru sekaligus memberikan ilmu baru.


Tempat wisata murah meriah di Jakarta

Setiap orang butuh rekreasi untuk melepaskan penat setelah berminggu-minggu sekolah atau bekerja. Idealnya tentu berlibur ke tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan kota, atau mengunjungi kota atau negara lain. Tapi terkadang ada kendala di waktu dan biaya, sehingga pilihan tempat wisata pun menjadi terbatas.

Jakarta sebagai ibukota negara, menyediakan berbagai tempat rekreasi bagi penduduknya juga bagi pendatang. Jika liburanmu dibatasi oleh dana, jangan takut karena ada beberapa pilihan tempat wisata murah meriah di Jakarta yang bisa dikunjungi dengan harga terjangkau.

Tidak kalah seru kok dengan berwisata ke luar kota atau luar negeri! Berikut rekomendasi tujuh tempat wisata murah meriah di Jakarta untuk kamu yang dana liburannya terbatas.

1. Kebun Binatang Ragunan

Jerapah di Kebun Binatang Ragunan (instagram.com/ragunanzoo)

Tempat wisata murah meriah di Jakarta yang pertama adalah Kebun Binatang Ragunan. Dengan tiket masuk yang hanya 4000 rupiah untuk dewasa dan 3000 rupiah untuk anak-anak, Ragunan selalu penuh di akhir pekan dan hari libur lainnya. Lahan yang luas dengan jalanan yang lebar, membuat tempat ini cocok untuk berolahraga ringan seperti jalan pagi atau jogging, sambil melihat hewan-hewan di kandang.

Baca Juga:

2. Monumen Nasional

Suasana Monas di waktu senja (instagram.com/monumen.nasional)

Siapa yang belum pernah ke Monas? Tugu kebanggaan ini selalu menjadi destinasi wisata nomor satu untuk yang baru datang ke Jakarta. Lokasinya strategis di tengah kota dan dan mudah dicapai dengan transportasi umum sekalipun.

Area monas yang luas seringkali dijadikan tempat berolahraga bagi para pengunjung, baik di pagi maupun sore hari. Pengunjung juga dapat naik ke puncak Monas dengan membeli tiket terlebih dahulu. Tetapi karena area puncak Monas terbatas kapasitasnya, biasanya ada antrian cukup panjang sebelum naik. Selain menimati pemandangan, pengunjung juga bisa belajar sejarah Indonesia dengan mengunjungi museum yang berada 3 meter di bawah permukaan tanah.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Tampak atas area Taman Mini Indonesia Indah (tamanmini.com)

Tempat wisata terkenal kedua di Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah atau lebih dikenal dengan TMII. Tempat rekreasi yang terletak di Jakarta Timur ini sangat terkenal dan tidak pernah dilewatkan untuk dikunjungi oleh siapa saja yang baru pertama ke Jakarta. Lokasi yang strategis, banyaknya wahana yang bisa dikunjungi dan harga tiket yang terjangkau adalah beberapa alasan mengapa tempat wisata satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Di TMII, kamu bisa menambah wawasan tentang Indonesia dengan mengunjungi contoh rumah adat dari setiap provinsi di Indonesia. Ada juga berbagai museum menarik yang bisa menambah ilmu pengetahuan, seeperti museum komodo dan museum sains.

Untuk anak-anak, ada istana anak-anak dengan berbagai wahana seru di sekitarnya. Jangan lupa untuk menonton film di Teater Keong Mas yang terkenal itu ya! Jika lelah berkeliling, kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian kereta gantung yang berjalan pelan mengelilingi kawasan TMII.

4. Taman Ismail Marzuki

 

Taman Ismail Marzuki (tempo)

Taman Ismail Marzuki atau TIM adalah sebuah area yang menjadi pusat kesenian Jakarta, yang kemudian bertambah fungsinya menjadi tempat wisata seni dan budaya. Baru-baru ini TIM direvitalisasi dan memberikan tampilan yang lebih estetik sehingga banyak orang khususnya generasi muda yang tertarik menngunjunginya.

TIM memiliki dua teater, besar dan kecil. Keduanya sering digunakan untuk menampilkan pertunjukan seni dan budaya dari komunitas atau lembaga kesenian dari berbagai daerah. Salah satu tempat yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi di TIM adalah planetarium.

Tempat ini menjadi favorit para keluarga karena semua usia dapat menikmati pertunjukan bintang-bintang dalam bentuk 3 dimensi di dalam ruangan dengan langit-langit berbentuk kubah. Selain planetarium, ada juga perpustakaan dengan 138.000 koleksi buku yang tersebar di tiga lantai.

5. Setu Babakan

Cagar budaya Setu Babakan (instagram.com/wisatasetubabakan)

Lokasi wisata ini berada di pinggiran Jakarta Selatan, tepatnya di Kecamatan Jagakarsa. Tidak ada tiket masuk, tetapi untuk yang membawa kendaraan ada biaya parkir. Setu berasal dari kata situ, yang artinya danau.

Setu Babakan menyediakan pemandangan danau yang  bisa dinikmati sambil menyantap makanan yang dijual di kios-kios di sepanjang pinggir danau. Terdapat penyewaan perahu bebek kayuh jika ingin menikmati danau lebih dekat. Selain menikmati danau, kita bisa mengenal budaya Betawi lewat rumah adat dan pernak pernik Betawi yang ada di dalamnya.

6. Taman-taman di Jakarta

Salah satu taman di Jakarta Selatan (instagram.com/temantaman.jkt)

Wisata murah meriah lainnya adalah mengunjungi taman-taman hijau yang tersebar di area Jakarta. Tidak perlu menyiapkan uang untuk tiket masuk, karena semuanya gratis. Salah satunya adalah Taman Tebet (sekarang dikenal dengan nama Tebet Eco Park), yang sesuai dengan namanya berada di area Tebet, Jakarta Selatan. Kamu bisa jogging, menemani anak di area bermain yang disediakan taman, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati hijaunya pemandangan.

Taman lainnya yang cukup besar di Jakarta adalah Taman Menteng di Jakarta Pusat dan Taman Cattleya di Jakarta Barat. Di Jakarta Selatan, ada Taman Spatodea, Taman Tabebuya dan Taman Jagakarsa, yang semuanya berlokasi di Kecamatan Jagakarsa. Beberapa taman dilengkapi dengan mainan anak-anak seperti ayunan dan alat panjat untuk anak.

Baca Juga:

7. Wisata Kota Tua

Kawasan Kota Tua Jakarta (instagram.com/kotatuajakarta.id)

Kawasan wisata ini terletak di Jakarta Utara dan menyimpan banyak nilai sejarah yang menarik untuk dipelajari. Kawasan Kota Tua ini ditetapkan sebagai situs warisan sejak tahun 1972 oleh gubernur yang menjabat kala itu. Walaupun sarat akan sejarah, berwisata di sini seru lho!

Ada berbagai museum tersebar di kawasan Kota Tua ini. Yang paling populer adalah Museum Fatahillah, yang berisi informasi perjalanan sejarah Jakarta dan replika peninggalan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Di halaman depannya yang luas, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling sambil menikmati aktivitas yang berlangsung di area tersebut, sekaligus berolahraga.

Museum-museum lain yang bisa dikunjungi di kawasan ini antara lain, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang dan Museum Bahari. Setelah puas mempelajari sejarah di museum-museum tersebut, kamu bisa berfoto ria dengan berbagai lukisan 3D di Museum Magic Art 3D. Selain itu ada Toko Merah yang memiliki fasad bata yang unik dan menonjol di area ini, sehingga sering dijadikan latar foto bagi pengunjung.

Berlibur tidak harus mahal dan jauh. Dengan biaya hemat pun berlibur bisa menjadi momen berkesan dan tidak terlupakan. Dari tujuh tempat wisata murah meriah di Jakarta yang direkomendasikan di atas, kira-kira yang mana dulu yang akan kamu kunjungi nih? Jangan lupa patuhi aturan yang berlaku di tempat wisatanya ya!

Baca Juga: Menjelajahi Destinasi Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *