Wajah Baru Alun-alun Pancasila Salatiga, Semakin Cantik dan Kekinian

Penampilan dari wajah baru alun-alun Pancasila Salatiga tidak hanya cantik, namun juga untuk bersantai dan olahraga, dan sering digunakan untuk upacara dan event besar


Siapa yang belum pernah berkunjung ke Salatiga? Atau adakah yang belum pernah mendengar tentang Kota Salatiga? Jika belum pernah kesini atau belum pernah mendengar kota Salatiga, maka simak baik-baik. Salatiga adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah, di bawah kaki gunung Merbabu.

Hawanya yang dingin dan sejuk serta tingginya toleransi di kota ini, membuat kota Salatiga semakin dicintai dan dikunjungi banyak orang dari luar kota. Walaupun kotaya kecil, tapi suasananya dan atmosfernya membuat kalian tidak akan bisa beranjak dari kota ini. Selain itu, banyak sekali tempat-tempat makan maupun nongkrong yang biasa dikunjungi warga Salatiga, khususnya kaum muda.

Nah, ada salah satu tempat di Salatiga yang harus dan wajib kalian kunjungi di setiap waktu. Tempat tersebut adalah Alun-alun Pancasila. Bisa dibilang, alun-alun Pancasila ini adalah ikon dan jantung kotanya Salatiga. Karena segala aktivitas dan acara semuanya ada disini. Yuk, disimak artikel tentang wajah baru alun-alun Pancasila Salatiga.

Lokasi dan wajah baru alun-alun Pancasila Salatiga setelah direvitalisasi

Alun Alun Pancasila Salatiga yang dibuka kembali di tahun 2020, setelah revitalisasi. (Google/AndikaRamadhani)

Alun-alun Pancasila berlokasi di Kalicacing, Sidomukti, Salatiga. Tepatnya, berada di tengah kota. Pada tahun 2019, Pemerintah Kota Salatiga merevitalisasi alun-alun yang menjadi ikon dari Kota Salatiga. Kurang lebih hampir setahun revitalisasi ini selesai.

Pada hari Jumat, 17 Januari 2020, Alun-alun ini resmi dibuka kembali. Padahal, rencananya Pansi (sebutan keren dari alun-alun Pancasila oleh anak muda) baru akan resmi dibuka kembali pada Maret 2020.

Tidak disangka, revitalisasi alun-alun Pancasila ini malah semakin membuat wajah dari ikon Salatiga tersebut semakin cantik dan kekinian. Jalur khusus untuk joging berubah menjadi warna-warni, tugu pahlawan didesain menjadi semakin modern, dan jalur masuk alun-alun kini ada di setiap sudutnya.

Tugu 3 pahlawan yang berasal dari Salatiga

Tugu 3 pahlawan di alun-alun Pancasila Salatiga (mycity.co.id)

Ada tiga pahlawan asal Salatiga yang adadi tugu ikonik Pansi tersebut. Ketiga beliau adalah Brigjen Sudiarto, Yos Sudarso, dan Marsekal Muda Agustinus Adisoetjipto. Dari ketiga pahlawan tersebut, ada dua pahlawan yang juga dijadikan nama jalan di Salatiga, yaitu Brigjen Sudiarto dan Yos Sudarso (Cungkup).

Aktivitas seru yang biasa dilakukan di Pansi

Alun-alun Pancasila Salatiga (kompasiana)

Banyak hal yang bisa dilakukan di Alun-alun Pancasila, seperti joging, jalan-jalan, maupun sekedar bersantai sembari menikmati makanan dan jajanan yang ada di sekitar Pansi. Tak hanya warga di segala usia, Pansi biasanya juga sering digunakan anak-anak sekolah dari SD hingga SMA untuk kegiatan olahraga outdoor. Biasanya mereka bermain sepakbola, kasti, dan juga lari-lari keliling lapangan.

Tak hanya di pagi hari, kadang sore hingga menjelang magrib pun Pansi juga masih ramai dengan orang-orang yang joging. Jika kalian merasa lapar dan haus setelah joging atau melakukan aktivitas karnaval, jangan khawatir. Banyak sekali stan makanan dan minuman yang tersedia di sekitar Pansi yang dulunya berjualan di dalam lapangan tersebut.

Tak hanya stan, banyak juga warung makan-warung makan yang terdapat di area sekitar pansi. Harganya sebagaian besar murah meriah. Jadi, jangan khawatir dan jangan takut bila kelaparan dan kehausan.

Pansi juga sering menjadi pusat event besar yang diadakan di Salatiga. Mulai dari upacara, konser, pasar malam, hingga karnaval. Untuk pasar malam, sekarang bertempat di lapangan belakang alun-alun. Karena dulunya, pasar malam selalu diadakan di dalam lapangan alun-alun Pansi. Untuk kegiatan karnaval, biasanya Pansi selalu menjadi rute titik awal dimulainya karnaval hingga rute berakhirnya karnaval.

Saat karnaval berlangsung, pasti banyak jalur menuju ke Pansi yang ditutup dan dijaga oleh polisi. Begitupun saat ada upacara hari kemerdekaan atau upacara penting lainnya. Tapi, meskipun Pansi sering digunakan untuk event besar dan karnaval dengan banyak kerumunan orang yang menonton, kebersihan Pansi patut diacungi jempol.

Banyak tempat sampah di setiap sudut area joging Pansi dengan ukuran yang berbeda-beda. Bahkan, juga ada beberapa petugas  kebersihan yang bertugas di area Pansi. Pokoknya, kecantikan dan pesona alun-alun Pansi yang baru ini selalu terjaga deh.

Waktu terbaik berkunjung ke alun-alun Pancasila dan fasilitas lainnya

Suasana Pansi saat malam hari. Sumber: Google

Pagi hari dan malam hari adalah waktu terbaik dan paling tepat untuk berkunjung ke Pansi. Asal jangan pas weekeend ya. Karena saat weekend, terutama di malam hari, Pansi selalu ramai dan padat pengunjung.

Pagi hari di hari reguler, suasana Pansi sangat asri, sejuk, dan damai. Apalagi jika melihat orang-orang yang sedang joging dan olahraga. Terlebih, jika kalian menikmati sarapan atau jajajan sembari duduk di kursi santai Pansi. Pasti tambah asyik dan nikmat.

Di malam hari, kecantikan dan pesona Pansi semakin nampak dengan disinari lampu-lampu taman yang terang benderang. Dan pastinya, di malam hari banyak sekali anak-anak muda yang nongkrong, nge-date, hingga melakukan aktivitas skateboard.

Fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di Pansi ini adalah:

  • play ground
  • peralatan workout
  • CCTV
  • Toilet umum
  • Tempat Parkir
  • Pendopo
  • Spot selfie

Salatiga memang selalu menghadirkan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Maka tak heran, banyak orang dari luar kota bahkan luar provinsi yang menetap di Salatiga karena suasananya yang asri, damai, dan sejuk.

Terlebih alun-alun Pansi yang menjadi ikon dari Kota Salatiga yang makin cantik dan memesona, semakin membuat para pengunjung luar kota tidak mau beranjak dari Salatiga. Sering seringlah main di kota kecil dengan sejuta kenangan ini ya!!

Baca Juga: Destinasi Wisata Taman Kyai Langgeng Magelang, Legendaris dan Menakjubkan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *