6 Tips Liburan Bersama Anak di Musim Hujan


Ilustrasi liburan bersama anak (pexels.com/any lane)

Libur sekolah telah tiba, sebagai orangtua tentu ingin mengajak anak jalan-jalan bertamasya ke tempat wisata untuk mengisi waktu liburan. Sayangnya, prediksi musim hujan yang dimulai pada Desember ini, menimbulkan kekuatiran apakah rencana liburan bersama anak bisa direalisasikan atau tidak.

Tapi tenang saja, liburan tetap bisa berjalan kok asalkan sebagai orangtua bisa mempersiapkan beberapa perencanaan dengan matang, seperti perlengkapan kesehatan dan lain-lainnya. Untuk lebih jelasnya, ini dia enam tips rencana liburan bersama anak di musim hujan yang bisa dipersiapkan sebelumnya. Simak ya.

1. Pastikan kondisi tubuh sehat sebelum liburan

Agar rencana liburan bersama anak di musim hujan bisa terlaksana, pertama pastikan dahulu kondisi tubuh sehat sebelum berlibur ya. Mengingat liburan membutuhkan aktivitas fisik, tentu kondisi juga harus sehat dan prima agar liburan menjadi asik dan menyenangkan.

Caranya yaitu menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan sehat, istirahat cukup, minum air putih cukup dan konsumsi vitamin tambahan. Dengan mengatur pola hidup sehat, tubuh akan lebih terjaga kesehatannya, lebih prima fisiknya dan siap untuk pergi berlibur.

Baca Juga:

2. Siapkan perlengkapan untuk melindungi tubuh saat beraktivitas di bawah hujan

Selanjutnya, jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan perlindungan tubuh seperti payung, jas hujan, atau boots untuk bisa beraktivitas di bawah hujan. Bawa payung berukuran kecil agar bisa dimasukkan ke dalam tas dan praktis dibawa saat berjalan-jalan.

Sementara untuk anak-anak, bisa menggunakan jas hujan dan boots anak agar mereka bisa lebih leluasa bergerak di bawah hujan yang turun. Jika membawa stroller, jangan lupa siapkan rain cover agar si kecil juga terlindungi dengan baik.

3. Bawa pakaian tambahan

Meski telah menggunakan pelindung tambahan agar bisa aktivitas di bawah hujan, ada baiknya tetap membawa pakaian tambahan untuk anak-anak dan orangtua juga ya. Bawakan jaket, sweater, baju dan celana panjang untuk membuat tubuh anak menjadi hangat.

Celana panjang tidak hanya bantu menghangatkan tubuh, tetapi juga bisa menghindari anak dari gigitan nyamuk. Selain itu bisa juga menambahkan selimut yang pas agar kehangatan tubuh anak bisa bertambah.

4. Pastikan nutrisi anak tetap terpenuhi selama berlibur

Selain menjaga pola makan di rumah, jangan lupa untuk tetap perhatikan nutrisi anak selama berlibur ya. Pastikan nutrisinya terpenuhi dengan mempersiapkan makanan sehat bervitamin seperti sayur dan buah yang mengandung vitamin C.

Selain itu, perhatikan juga metabolisme tubuhnya agar terjaga baik serta tetap terhidrasi dengan minum air putih. Bisa juga membawakan susu favorit anak agar tubuhnya tetap sehat dan kuat dan tidak mudah sakit.

5. Siapkan obat-obatan

Meski telah menjaga pola makan yang benar sebelum berlibur, terkadang sakit tidak bisa diprediksi, khususnya pada anak. Jadi, sebaiknya siapkan obat-obatan untuk mengantisipasi anak yang mendadak sakit karena cuaca dingin ataupun setelah beraktivitas di bawah air hujan.

Bawakan obat-obatan ke dalam tas anak seperti obat penurun demam, obat diare, vitamin serta obat flu dan batuk. Persiapkan juga minyak telon plus agar tubuh anak hangat selama berpergian dan terlindungi dari gigitan nyamuk atau serangga lain.

Baca Juga:

6. Mempertimbangkan tempat wisata indoor

Terakhir, tidak salahnya untuk mempertimbangkan objek wisata dalam ruangan untuk meminimalisir udara dingin yang bisa membuat anak sakit. Seperti tempat wisata dengan menyajikan wisata bermain seru di dalam ruangan.

Entah permainan dalam mal, wisata ikan dalam aquarium, mengunjungi museum atau bisa juga wisata kuliner. Dengan alternatif ini, anak tetap bisa merasakan liburan yang seru, asik dan menyenangkan bersama keluarganya.

Semoga, sekarang sudah tidak kuatir lagi ya ketika ingin liburan bersama anak di musim hujan. Dengan enam tips di atas, kalian bisa wujudkan liburan bersama anak yang asyik di musim hujan. Selamat liburan.

Baca Juga: 5 Tips Mencari Sopir Travel yang Profesional dan Aman

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *