Batuk Pilek Melanda? Coba Resep ‘Jas Jenima’


Saat musim penghujan tiba, sehari-hari bumi akan diguyur air hujan. Musim penghujan identik dengan datangnya penyakit batuk pilek. Saat hujan akan terjadi penurunan suhu dan seringkali imunitas tubuh kurang terjaga.

Penyakit batuk pilek mudah menyerang mereka yang sedang mengalami penurunan imun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga penting sekali menjaga imunitas tubuh di segala kondisi.

Namun, apa yang harus dilakukan di saat batuk pilek sudah menyerang? Seringkali kita jadi khawatir berlebihan, apalagi di saat pandemi covid-19 seperti ini. Langkah sigap dan tepat yang dibutuhkan, tanpa melibatkan rasa cemas. Bergegas langkahkan kaki ke dapur dan tengok beberapa bahan yang ada di dalamnya.

Beberapa bahan yang biasa ada di dapur bisa disulap menjadi obat pereda batuk pilek. Dialah ‘Jas Jenima’, namanya terdengar unik tapi sebenarnya ini adalah singkatan dari bahan-bahan yang ada di dapur dan biasanya dipergunakan untuk memasak.

‘Jas Jenima’ singkatan dari jahe, serai, jeruk nipis, dan madu. Bahan-bahan ini bisa diolah menjadi obat pereda batuk pilek. Langkah yang sangat tepat untuk meredakan batuk pilek sebelum mengambil langkah untuk pergi ke apotek.

‘Jas Jenima’ juga sangat tepat dipilih bagi mereka yang lebih menyukai pengobatan secara tradisional atau mereka yang khawatir dengan efek samping dari obat sintetis. Bagaimana cara mengolah bahan-bahan ini menjadi obat pereda batuk pilek? Caranya sangat mudah sekali dan hanya bermodal pisau serta talenan sebagai alat dalam proses pembuatan.

Kupas satu rimpang jahe dan cuci di air mengalir hingga bersih. Setelah bersih, iris jahe tipis-tipis. Selanjutnya bersihkan satu batang serai di air mengalir dan iris tipis-tipis. Irisan jahe dan serai masukkan ke dalam gelas. Berikutnya ambil jeruk nipis yang sudah dicuci bersih. Iris jeruk nipis seperempat bagian. Lalu peras irisan jeruk nipis ke dalam gelas.

Tiga bahan telah terkumpul di dalam gelas, yaitu irisan jahe, serai, dan perasan jeruk nipis. Selanjutnya tuang air panas ke dalam gelas. Aduk-aduk supaya tercampur merata. Diamkan campuran tersebut sesaat supaya airnya menjadi hangat. Setelah itu masukkan  satu sendok teh madu ke dalam campuran tersebut. Aduk-aduk hingga merata dan ‘Jas Jenima’ siap untuk diminum.

Resep ini terbukti bisa meredakan batuk pilek karena kandungan senyawa aktif alami dalam bahan-bahan tersebut.

1. Jahe

Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale Rosc. mengandung karbohidrat, protein, lemak, air, serat, vitamin, dan mineral. Jahe juga mengandung senyawa fenolik yang bagus untuk sistem pencernaan, serta minyak atsiri yang berfungsi untuk meredakan batuk.

Baca Juga:

2. Serai

Serai yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus, mengandung vitamin dan mineral yang tinggi serta memiliki sifat bakterial. Serai bermanfaat untuk menangkal penyakit, detoksifikasi, dan memberikan efek menenangkan.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki nama latin Citrus aurantifolia. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga mineral. Jeruk nipis memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan pencernaan, dan mengatasi gangguan pernafasan.

4. Madu

Madu memiliki nama latin Apis mellifera. Madu kaya akan karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Madu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan resiko kanker dan jantung, menurunkan gula darah, menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah. Madu juga bermanfaat untuk menjaga kulit agar awet muda serta membantu proses penyembuhan luka.

Nah, itu tadi resep obat pereda batuk pilek. Jika musim hujan, sedia jas hujan. Maka saat batuk pilek, sedia ‘Jas jenima’.

Baca Juga: Cegah Flu Saat Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *