5 Tips Mencari Sopir Travel yang Profesional dan Aman

Dari memilih supir yang berpengalaman, hingga supir yang memiliki kemampuan mekanik


Profesi yang paling banyak dicari saat tiba musim liburan adalah sopir travel. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya masyarakat yang pergi wisata dengan menggunakan mobil dari rental. Sehingga, kebutuhan terhadap tips mencari sopir travel begitu vital bahkan mendesak.

Sekalipun demikian, Anda tetap tidak boleh memilih sopir travel secara sembarangan. Karena yang dipertaruhkan adalah keselamatan Anda di perjalanan.

Nah, untuk mengetahui tips menemukan sopir travel yang baik, maka silakan baca ulasan ini sampai selesai dan ini ulasannya:

1. Pilih sopir yang berpengalaman

Sopir Travel
Ilustrasi Sopir Travel

Tidak cukup kemampuan menyetir saja untuk menjadi sopir travel yang handal. Tetap dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang bagus demi keamanan penumpang di tengah perjalanan. Termasuk kebiasaan menyetir di segala medan dari jalan yang mulus hingga jalan yang terjal.

Anda juga harus memilih sopir travel yang berpengalaman jika ingin bepergian saat liburan. Karena sopir semacam ini yang akan memberikan rasa aman di perjalanan. Termasuk memiliki ketangkasan yang bagus jika dihadapkan pada kondisi-kondisi yang darurat.

2. Pilih sopir lolos sertifikasi menyetir

Ilustrasi ujian sertfikasi menyetir

Ada banyak sopir yang bisa menyetir melalui pelatihan secara otodidak. Artinya, mereka belajar menyetir dari orang yang bisa menyetir saja dan bukan belajar secara resmi pada pelatih yang berlisensi. Sopir travel semacam ini tentunya terlalu beresiko karena tidak ada bukti sertifikat yang menunjukkan kalau dia telah lulus ujian mengemudi.

Untuk itu, yang perlu ditanyakan pertama kali kepada penyedia jasa travel, apakah seluruh driver telah memiliki sertifikat menyetir atau tidak. Pertanyaan ini perlu disampaikan karena keselamatan Anda di perjalanan berada di tangan supir-supir tersebut. Jangan sampai perjalanan untuk wisata, malah menjadi hal yang membahayakan.

3. Pilih Sopir berdokumen Lengkap

Ilustrasi membawa dokumen lengkap

Tips mencari sopir travel yang berikutnya ialah, memilih sopir berdokumen lengkap. Tentunya, dokumen yang dimaksud, yang terkait dengan surat mengemudi seperti SIM, STNK, Surat Jalan dari penyedia jasa dan dokumen yang lain. Dokumen-dokumen semacam ini sangat penting bahkan menjadi jaminan kelancaran sebuah perjalanan.

Tidak dimungkiri, seluruh supir travel pasti memiliki SIM, STNK dan Surat Jalan. Akan tetapi, penumpang tidak akan pernah tahu apakah dokumen tersebut masih berlaku atau tidak. Untuk itu, tidak ada salahnya menanyakan hal tersebut sebelum menyetujui untuk menggunakan jasa.

Baca Juga: 5 Barang Sederhana Yang Sebaiknya Dibawa Saat Traveling

4. Pilih Sopir yang tidak memiliki riwayat kecelakaan

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Jika ada sopir travel yang tidak memiliki riwayat kecelakaan, dan sudah menyetir sejak lama, berarti si sopir ini bisa menyetir dengan bagus, tenang, konsentrasi serta tidak suka kebut-kebutan. Pilih saja sopir travel semacam ini kalau Anda ingin bepergian bersama keluarga. Tentu jaminannya perjalanan Anda akan nyaman dan menyenangkan.

Sebaliknya, kalau sopir sering mengalami kecelakaan, berarti dia tidak memiliki kemampuan menyetir yang bagus. Bisa jadi, dia suka lepas kontrol, konsentrasi kurang fokus, sering mengantuk atau memang gaya menyetir yang kasar dan ugal-ugalan. Sopir travel semacam ini lebih baik dijauhi demi keselamatan di perjalanan.

5. Pilih sopir travel yang juga mekanik

Ilustrasi mengganti ban mobil sendiri

Kita tidak akan pernah tahu tentang peristiwa-peristiwa yang bakal dialami di dalam perjalanan. Termasuk peristiwa kerusakan pada kendaraan sekalipun kendaraan tersebut masih gres. Untuk itu, carilah sopir travel yang sekaligus mekanik, supaya masalah semacam ini bisa cepat teratasi.

Sopir yang mekanik bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh penumpang. Karena jika terjadi kerusakan, masalah bisa langsung diatasi dan kendaraan bisa dikendarai kembali. Para sopir semacam ini pun pasti melengkapi dirinya dengan peralatan mekanik yang lengkap.

Jadi, sebelum Anda mulai menyewa mobil rental, silakan pelajari dulu tips mencari sopir travel di atas. Untuk itu, jangan malu bertanya kepada penyedia jasa supaya Anda benar-benar menemukan sopir yang bisa menimbulkan rasa aman. Bukan hanya sopir yang bisa menyetir dan asal penumpang tiba di tempat saja.

Baca Juga: 5 Kelebihan Ban Diisi Nitrogen untuk Kendaraan Kamu

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *