6 Perguruan Tinggi di Rembang

Rembang adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah dan pantura timur. Berikut informasi 6 perguruan tinggi di Kabupaten Rembang, semoga bermanfaat.


Kabupaten Rembang ialah sebuah kabupaten di Jawa Tengah dan pantura timur. Jika Anda tinggal di wilayah Kabupaten Rembang dan sekitarnya dan Anda lulusan SMA dan sederajat, informasi perguruan tinggi di Rembang ini sangat bermanfaat.

Anda ingin kuliah di perguruan tinggi yang dekat rumah, silakan baca dan cari info perguruan tinggi di sekitar daerah Anda. Ada beberapa perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Rembang, mulai dari universitas, sekolah tinggi dan akademi.

Apa saja perguruan tinggi di Rembang? Simak dan perhatikan informasi berikut.

1. PSDKU Universitas Diponegoro

PSKDU Universitas Diponegoro di Rembang (youtube/CBFM Rembang)

Universitas Diponegoro ada di Semarang dan dikenal UNDIP.  Kampus ini memiliki program studi di luar kampus utama yang dikenal dengan PSDKU UNDIP Rembang. PSDKU kepanjangan dari program studi di luar kampus utama. Pemerintah Kabupaten Rembang bekerja sama dengan UNDIP guna meningkatkan akses pendidikan bermutu bagi masyarakat Rembang dengan menghasilkan kompetensi lulusan tenaga ahli dan tenaga terampil.

PSDKU UNDIP Rembang memiliki dua program studi yaitu D3 Manajemen dan S1 Administrasi Publik. Program D3 Manajemen dipimpin Kaprodi  Dr. Andriyani, S.E., M.M., sementara program S1 Administrasi Publik dipimpin oleh Drs. R. Slamet Santoso, M.Si.

Gedung kampus PSDKU UNDIP Rembang ada di Desa Turusgede, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Gedung baru tersebut memiliki tiga lantai yang terdiri atas 8 ruang kelas dengan luas tanah 1.967 meter persegi. Jika pembaca ingin kuliah jurusan manajemen dan administrasi publik dan anda tinggal di Rembang dan sekitarnya. PSDKU UNDIP Rembang layak untuk menjadi referensi dan tujuan kuliah.

Baca Juga:

2. Akademi Komunitas Negeri Rembang

Mahasiswa baru kademi Komunitas Negeri Rembang (AKN Rembang)

Akademi Komunitas Negeri Rembang biasa disebut AKN Rembang ini resmi berdiri 28 Mei 2013 dengan status negeri dan bernomor SK Akademi Komunitas 179/P/2013. Pendirian AKN Rembang ini bekerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto. Pada awalnya Program studi yang ditawarkan adalah D2 Teknologi Budidaya Perikanan dan D2 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.

Ini sangat cocok bagi masyarakat Rembang bagian utara yang berpenghasilan dari ikan laut dan pengolahan ikan. Bagi yang tertarik dunia teknologi dan sains khususnya bidang penerapan hasil perikanan dan budidaya perikanan, sangat cocok masuk AKN Rembang ini. Alamatnya Jalan Panglima Sudirman No. 2, Pandean Rembang.

3. Akademi Komunitas Semen Indonesia Rembang

Akademi Komunitas Semen Indonesia (infopmbindonesia.web.id)

Selain memiliki Akademi Komunitas Negeri, Kabupaten Rembang juga memiliki akademi yaitu Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) sebagai bagian dari Akademi Komunitas Semen Indonesia di Gresik. AKSI Rembang resmi berdiri pada bulan April 2017 yang bekerja sama dengan Semen Indonesia Foundation.

Akademi Komunitas Semen Indonesia memiliki 3 jurusan yaitu D2 teknik operasi mesin dan peralatan industri, D2 teknik perawatan mesin dan peralatan industri, dan D2 otomasi perkantoran. Selain belajar teori dalam kelas, mahasiswa AKSI Rembang juga berkesempatan belajar langsung di pabrik semen Gresik di Rembang. Alamatnya Jalan Pemuda Km. 3, Ngotet Rembang. Lulusannya bisa sebagai tenaga ahli dan bekerja di seluruh perusahaan di Indonesia.

4. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Anwar Sarang Rembang

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Anwar Sarang Rembang (maukuliah.id)

Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar, Sarang cocok untuk kalian yang ingin belajar keagamaan Islam. STAI Al Anwar berdiri pada 22 November 2011 dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Al Anwar dengan izin operasional dari Kementerian Agama RI berdasarkan SK Nomor: Dj.I/1636/2011 serta mendapatkan akreditasi dari BAN-PT.

Program studi yang ada di STAI Al Anwar ialah S1 Ilmu Al Quran dan Tafsir dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. STAI Al Anwar berlokasi di Jalan Raya Gondangrojo-Kalipang, Rt. 01 Rw. 05 Desa Gondanrojo, Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Kode pos 59274 ini didirikan oleh KH. Maimoen Zubair. Prestasi mahasiswa STAI Al Anwar seperti juara 3 Kaligrafi Festival Hadits 2021 an. M. Amiq Fahmi, juara 2 Kaligrafi festival hadits 2021 an. Sintia Ulul Azmi dan juga juara 1 kaligrafi festival hadits 2021 an. Didi Utama serta juara 1 MQK Pekan Raya IAT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

5. Sekolah Tinggi Agama Islam Al Kamal (STAIKA) Sarang, Rembang

STAI Al Kamal Sarang Rembang (jurnaliska.tv)

Sekolah Tinggi Agama Islam Al Kamal (STAIKA) Sarang berdiri sejak 4 September 2008 dan telah menghasilkan banyak lulusan. Sekolah ini berada di bawah Yayasan Al Kamal Sarang dan memiliki program studi yaitu S1 Manajemen Pendidikan Islam, S1 Ekonomi Syariah an S1 Ahwal Al-Syakhshiyyah.

STAIKA Sarang beralamat di Jalan Raya 55 Desa Jembanganuy Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Biaya yang ditawarkan cukup terjangkau dan memiliki tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya.

Baca Juga:

6. Universitas YPPI Rembang (UYR)

Universitas YPPI Rembang (br2brembang)

Universitas YPPI Rembang (UYR) ini terletak di Jalan Rembang-Pamotan Km. 4 Desa Tireman, Kecamatan Rembang. UYR ini resmi berdiri sejak 15 Januari 2000 di bawah naungan Yayasan Pengembang Potensi Instansi. Ada 5 program studi di UYR yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Sistem Informasi, S1 Statistika dan S1 Sains Aktuaria.

UYR ialah pengembangan dari STIE YPPI dengan 2 program studi yaitu S1 Akuntansi dan S1 Manajemen dan sejak 2022 berubah nama menjadi UYR dengan penambahan 3 program studi.

Demikian, enam perguruan tinggi di Rembang. Jika kalian tinggal di Jawa Tengah bagian timur dan ingin kuliah dekat rumah, perguruan tinggi di Rembang ini bisa menjadi rujukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja?, Ini Manfaat dan Resikonya!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *