6 Perguruan Tinggi di Jepara

Jika kalian tinggal di Jawa Tengah bagian timur dan ingin kuliah dekat rumah, beberapa perguruan tinggi di Jepara bisa kamu pertimbangkan


Perguruan Tinggi di Jepara

Kabupaten Jepara ada di wilayah lereng Gunung Muria. Wilayah ini dulunya adalah Pulau Muria dan karena pendangkalan sehingga menyatu dengan pulau Jawa. Jepara terkenal sebagai tempat kelahiran tokoh pejuang wanita yang terkenal di negeri ini. Sebut saja Kartini, Ratu Kalinyamat dan Ratu Shima. Ketiganya membuat Jepara atau Japara dikenal.

Bukan hanya itu, Jepara juga dikenal sebagai kota ukir dengan kerajinan ukir yang mendunia. Selain ukir juga dikenal dengan batiknya yaitu batik Troso.

Apakah Anda tinggal di wilayah Kabupaten Jepara dan sekitarnya? Atau anda lulusan SMA/MA dan sederajat? Anda ingin kuliah di perguruan tinggi yang dekat rumah, silakan baca dan cari info perguruan tinggi di sekitar daerah Anda.

Ada beberapa perguruan tinggi di Jepara, mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi. Apa saja perguruan tinggi di Jepara? Simak dan perhatikan informasi berikut.

1. Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU)

Unisnu Jepara (suaranahdliyin.com)

Perguruan tinggi di Jepara yang pertama adalah UNISNU. UNISNU Jepara adalah universitas swasta berbasis islam dan berlokasi di Jalan Taman Siswa Pekeng, Tahunan Kec. Tahunan Kab. Jepara Jawa Tengah, 59427. UNISNU bediri sejak 2013 dan penggabungan dari 3 kampus yaitu STAINU, UNISNU dan STTDNU.

Walau tergolong muda, UNISNU jadi rujukan dan tujuan kuliah masyarakat Jepara. Perkembangan yang pesat menjadikan UNISNU memiliki beberapa program studi atau jurusan. Ada 3 fakultas dan 15 prodi dengan jenjang S1 dengan akreditasi B dari BAN-PT. Ada juga program pascasarjana (S2) yaitu prodi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas yang ada di UNISNU adalah Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi, Ekonomi dan Bisnis serta Syariah dan Hukum.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan memiliki program studi yaitu pendidikan agama islam, pendidikan bahasa inggris, pendidikan guru PAUD, dan PGSD. Fakultas Dakwah dan Komunikasi hanya terdapat satu program studi komunikasi penyiaran islam.

Fakultas Sains dan Teknologi terdiri atas delapan program studi yaitu teknik informatika, teknik sipil, teknik industri, teknik elektro, teknik informasi, desain produk, desain komunikasi visual dan budidaya perairan.

Fakultas ekonomi dan bisnis memiliki tiga jurusan yaitu akuntansi, ekonomi islam dan manajemen. Sementara fakultas syariah dan hukum terdapat dua jurusan yaitu hukum keluarga islam dan perbankan syariah.

Baca Juga:

2. Universitas Terbuka Pokjar Jepara

Universitas Terbuka Pokjar Jepara (youtube/zuni zunzun)

UT Pokjar Jepara ialah pokjar adri UT UBJJ Semarang beralamat di Jalan Shima No. 206, Mulyoharjo II, Mulyoharjo Kec. Jepara Kab. Jepara Jawa Tengah 59415. UT sangat cocok bagi mahasiswa yang tidak bisa berkuliaah reguler di hari kerja karena UT membuka perkuliahan di hari Minggu.

UT Pokjar Jepara memiliki program studi jenjang S1 dalam beberapa fakultas yaitu fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, ekonomi, hukum dan sosial. Terbaru UT Pokjar Jepara membuka program studi sistem informasi jenjang S1.

3. UNDIP Kampus Jepara

Kampus Undip di Jepara (Universitas Diponegoro)

UNDIP sebenarnya ada di Semarang. Namun, jika kamu ingin kuliah di Jepara juga bisa, kamu bisa kuliah di Jepara. Namanya UNDIP Kampus Jepara. Mulai tahun akademik 2021/2022, Kampus UNDIP di Teluk Awur Jepara memiliki program studi S1 Ilmu Hukum, S1 Keperawatan dan S1 Kelautan dan Perikanan. Kampus ini lengkap dengan berbagai fasilitas perkuliahan yang mumpuni serta laboratorium.

Kampus UNDIP di Jepara ini beralamat di Kampus Jl. Ade Irma Suryani Jepara (Lab. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Kampus Mlonggo Jepara (Fakultas Kedokteran), Kampus Teluk Awur Jepara (Fakultas Ilmu Kelautan : Lab. Kelautan, Ruang Kuliah, Asrama, Perpustakaan, Rumah Dinas, Ruang Fasilitas Selam).

4. Akademi Komunitas Negeri Jepara

Akademi Komunitas Negeri ini adalah rintisan perguruan tinggi dan berlokasi di Jalan RMP Sosrokartono No. 1, Pengkol, Jepara, Jawa Tengah. Status akademi tersebut ialah program studi di luar domisili dari Politeknik Negeri Malang. Kampus ini didirikan tanggal 19 Oktober 2012 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 210/P/2012.

AKN Jepara menyediakan program pendidikan vokasi dengan pendidikan selama 2 tahun. Lulusannya dipersiapkan untuk bekerja setelah lulus, berwirausaha atau melanjutkan pendidikan ke jenjang D3, D4 atau S1. Program studi yang ada ialah D2 Manajemen Informatika dan D2 Teknik Informatika.

5. Akademi Komunitas Balekambang (AKB)

Akademi Komunitas Balekambang berlokasi di Jalan Balekambang Gemiring Lor, Nalumsari, Jepara. Akademi ini ada di bawah naungan Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang dan bekerjasama dengan universitas lain seperti UNNES Semarang, Politeknik Negeri Semarang, IKIP Veteran dan Unwahas Semarang.

AKB ini beroperasi sejak 2015/2016 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ada 3 program studi yaitu D2 Teknik Komputer dan Jaringan, D2 Teknik Otomotif dan D2 Teknik Elektro.

Baca Juga:

6. Akademi Kebidanan (Akbid) Al Hikmah Jepara

Akbid Al Hikmah Jepara cocok bagi kalian yang ingin berkuliah di bidang kebidanan. Jurusan Akbid Al Hikmah ini hanya satu yaitu kebidanan jenjang D3 saja.

Demikian, 6 perguruan tinggi yang ada di wilayah Kabupaten Jepara. Jika kalian tinggal di Jawa Tengah bagian timur dan ingin kuliah dekat rumah, perguruan tinggi di Jepara tersebut bisa jadi referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 11 Perguruan Tinggi di Kabupaten Pati

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *