Kuliah Sambil Kerja?, Ini Manfaat dan Resikonya!

Salah satu resiko kuliah sambil kerja, nilai akademik menjadi kurang bagus


0
Ilustrasi kampus (pixabay.com/12019)

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai kebutuhan manusia semakin meningkat. Salah satunya adalah kebutuhan akan pendidikan. Pendidikan sangat penting bagi manusia karena pendidikan dapat meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan SDM suatu bangsa.

Kebutuhan mahasiswa sangatlah banyak seperti, kebutuhan untuk membayar SPP, membeli buku, biaya pelatihan, fotocopy, dll guna menunjang pendidikan terutam pada tinggi. Tak hanya itu, ada tambahan kebutuhan sehari-hari mahasiswa seperti makan, biaya kos, ojek, dll, harus dipenuhi.

Banyaknya kebutuhan tersebut, mengharuskan mahasiswa mencari solusinya. Tujuannya agar pendidikan dan  kebutuhan hidupnya tetap terpenuhi.

Salah satu cara yang banyak ditempuh mahasiswa adalah dengan kuliah sambil bekerja. Umumnya mereka akan memilih bekerja dengan sistem kontrak atau bekerja jangka pendek dan paruh waktu. Namun, mahasiswa lebih memilih bekerja part-time karena, jam kerja lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan waktu kuliah.

Kerja part-time hanya membutuhkan waktu 3-4 jam/hari, sehingga mahasiswa dapat tetap bisa mengatur waktu bekerja dan kuliah.

Baca Juga: 7 Tips Mengerjakan Skripsi Dengan Maksimal

Tulisan 'Kamu yang Lagi Kuliah Sambil Kerja.
Tulisan ‘Kamu yang Lagi Kuliah Sambil Kerja (Sumber ig : @campuspedia)

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi seorang mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja. Alasan utamanya yakni, untuk membayar biaya pendidikan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus membebani keluarga. Ada pula mahasiswa yang bekerja sambilan semata hanya untuk mengisi waktu luang karena jadwal kuliah yang tidak padat.

Diluar dari itu semua, mahasiswa yang bekerja sambil kuliah dituntut untuk seimbang dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab di dunia pekerjaan maupun pendidikan. Kuliah sambil bekerja bukanlah hal mudah. Banyak resiko dan manfaat yang di dapatkan.

Berikut ini kami uraikan manfaat dan resiko kuliah sambil bekerja :

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Manfaat mahasiswa kuliah sambil bekerja adalah sebagai berikut :

  1. Memenuhi kebutuhan finansial
  2. Mengembangkan keterampilan, pemahaman yang luas tentang dunia bisnis
  3. Meningkatkan kepercayaan diri
  4. Mampu berfikir kreatif
  5. Memiliki jiwa profesional

Dari uraian diatas, mahasiswa yang menyambi bekerja diharapkan dapat menerapkan keterampilannya di kehidupan nyata. Selain meringankan beban orang tua, mahasiswa yang bekerja sambil kuliah biasanya memiliki jiwa mandiri dan lebih menghargai finansial.

Resiko Kuliah Sambil Bekerja

Akan ada banyak hal yang harus dikorbankan bagi mahasiswa yang menyambi bekerja. Mereka akan kehilangan waktu bersosialisai dengan teman, waktu istirahat, serta kurangnya waktu belajar dikarenakan harus terbagi dengan aktivitas bekerja. Adapun resiko-resiko lainnya yang  dialami oleh mereka yang kuliah sambil bekerja:

1. Berkurangnya Waktu Belajar

Waktu belajar seorang mahasiswa akan berkurang ketika kuliah sambil bekerja. Bagaimana tidak ? waktu yang seharusnya dipakai untuk belajar, kini harus terbagi untuk bekerja.

2. Lalai Mengerjakan Tugas Kuliah

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, umumnya akan cenderung lalai untuk mengerjakan tugas kuliah. Konsentrasi mereka saat kegiatan belajar mengajar pun turut  berkurang.

3. Lupa Masuk Kuliah

Karena lebih asik bekerja, sebagian mahasiswa akan mengesampingkan kuliah atau bahkan keluar dari study-nya. Hal ini terjadi apabila motivasi belajar mereka kurang, dan berfikir pekerjaannya saat ini sudah cukup untuk bekal masa depannya nanti.

4. Nilai Akademik Menurun

Menurut Purwanto, dkk (2013: 36), berdasarkan hasil dari observasi yang dilakukan terhadap beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil FT-UNP angkatan 2008 semester Januari- Juni 2012, menyatakan bahwa, para mahasiswa yang tidak bekerja memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai para mahasiswa yang menyambi bekerja. Hasil observasi ini membuktikan bahwa kuliah sambil bekerja memiliki resiko nilai akademik yang kurang bagus.

Demikian manfaat dan resiko kuliah sambil bekerja bagi mahasiswa. Semoga dapat membantu bagi kamu mahasiswa yang berencana untuk memulai kerja sampingan.

Sumber Tulisan:  Jurnal Elma Mardelina dan Ali Muhson (2007) Mahasiswa Bekerja.

Baca Juga: 8 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Dilakukan Mahasiswa

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *