6 Jenis Makanan Ini Bikin Cepat Tua lho, Yuk Hindari!

Jika tak ingin mengalami penuaan dini. Segera hindari enam jenis makanan ini ya


Menjaga wajah agar tetap awet muda nyatanya bukan hanya melakukan perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam lho. Selain treatment kecantikan, penggunaan skincare dan olahraga, kamu pun wajib memerhatikan makanan yang dikonsumsi tiap harinya.

Sebab, ada lho beberapa jenis makanan yang bikin cepat tua, sehingga kamu bisa terlihat lebih tua dari usia aslimu. Apa saja jenis makanan yang bikin cepat tua? Yuk simak penjelasannya untuk kamu.

1. Makanan pedas

Makanan pedas termasuk salah satu jenis makanan yang bisa bikin kamu cepat tua dari usia sebenarnya. Makanan pedas disinyalir bisa memperburuk kondisi kulit yang mudah rentan akan rosacea, yaitu kemerahan pada kulit wajah dan kerusakan saat memasuki menopause.

Makan pedas boleh saja kok, tetapi kamu harus bisa memporsirnya jangan terlalu sering, apalagi sampai setiap hari. Sebab, ini akan menyebabkan pembuluh darah melebar, sehingga kulit menjadi kemerahan dan terlihat bernoda.

Baca Juga:

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng terutama dengan suhu tinggi termasuk makanan yang patut dihindari karena dapat melepaskan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan pada sel. Selanjutnya, radikal bebas dapat memicu timbulnya cross-linking, yaitu mempercepatnya proses penuaan dini.

Cross-linking menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit dan memberikan dampak negatif pada molekul tubuh. Proses ini juga memengaruhi tubuh dalam membuang racun, sehingga dapat memperparah kerusakan pada kulit, terjadi pembengkakan, keriput, serta jerawat.

3. Makanan atau minuman yang tinggi gula

Bagi pecinta makanan dan minuman manis, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi gula dari sekarang jika tidak ingin mengalami penuaan dini. Sebab, kadar gula darah yang terdapat pada makanan tinggi gula dapat menimbulkan peradangan yang mengakibatkan rusaknya kolagen.

Gula juga dapat menempel pada area sekitar mulut, sehingga menyebabkan gigi menjadi kuning dan keropos. Kedua akibat ini, tentunya akan membuatmu terlihat lebih tua dari usia seharusnya, jadi mulai kurangi konsumsi gula dari sekarang.

4. Makanan dengan kadar garam tinggi

Selain makanan dengan kadar gula darah tinggi, makanan berkadar garam tinggi juga wajib dibatasi ya. Terlalu banyak mengonsumsi garam atau makanan asin dapat membuat wajahmu terlihat lebih tua dengan cepat.

Pasalnya, makanan dengan kandungan kadar garam tinggi dapat menyebabkan penumpukan air dalam tubuh. Alhasil, kulit wajahmu nantinya akan terlihat lebih sembap, tidak segar, dan sayu. Ini tentu akan sangat mengganggu penampilanmu.

5. Daging merah beserta olahannya

Daging merah atau seperti daging kambing, domba, kerbau dan sapi atau daging olahan seperti sosis, daging asap memiliki beberapa manfaat baik untuk tubuh dan juga rasanya yang enak dan lezat. Tetapi, mengonsumsi daging merah berlebihan juga tidak baik karena termasuk ke dalam makanan dengan kadar garam tinggi, lemak jenuh, dan juga sulfit.

Kandungan yang ada dapat membuat kulit cepat dehidrasi serta peradangan yang bisa merusak kolagen. Akibatnya, kulit menjadi kering, kusam, tidak kencang, terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, bahkan juga rentan terkena kanker dan obesitas.

Baca Juga:

6. Margarin

Terakhir ada margarin, salah satu makanan yang bisa bikin cepat tua dari usia aslimu. Meski rasanya enak dan bisa bikin aneka olahan makanan menjadi gurih, nyatanya mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan tubuh dan kulit.

Kandungan lemak tak sehat pada margarin dapat meningkatkan risiko dehidrasi yang menyebabkan kulit mudah kering. Selain itu, terdapat pula kandungan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dan mengakibatkan peradangan dalam tubuh sehingga memicu timbulnya penyakit jantung.

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa bikin cepat tua, yuk mulai perbaiki pola makan. Sehingga impian wajah yang awet muda pun bisa didapatkan.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Berat Badan Yang Ideal, Jangan Terbawa Nafsu

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *