5 Tips Merawat Ikan Cupang, Agar Sehat dan Tidak Mudah Sakit

Dengan merawat ikan cupang dengan baik, Ikan cupang tidak akan mudah sakit


Ikan cupang (pixabay.com)

Ikan Cupang merupakan ikan yang sangat mudah untuk ditemukan, dan banyak orang yang hobi memelihara ikan cupang ini. Merawat ikan cupang juga tidak sembarangan, melainkan dalam pemeliharaannya juga harus tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips dan juga cara merawat ikan cupang yang bisa dilakukan, untuk membuat ikan cupang peliharaan menjadi lebih sehat dan juga tidak mudah sakit.

1. Membersihkan akuarium secara rutin

Untuk membuat ikan cupang menjadi lebih sehat, ada baiknya kamu untuk membersihkan ikan akuarium ikan cupang secara rutin. Akuarium yang kotor membuat ikan cupang menjadi tidak sehat, dan membuat ikan cupang menjadi mudah sakit.

Jika kamu ingin membersihkan akuarium, kamu bisa membersihkannya secara rutin 3 hari sekali. Jika kamu tidak bisa rutin membersihkan 3 hari sekali, kamu bisa membersihkannya selama seminggu sekali. Dengan cara tersebut akuariumnya jadi bersih, dan ikan menjadi tampak sehat.

Baca Juga:

 

2. Memberikan pakan yang sehat dan  memiliki protein

Ikan cupang juga wajib untuk diberi pakan, agar ikan cupang nantinya bisa sehat dan juga tidak mudah untuk sakit. Tentunya pemberian pakan bisa menggunakan jentik nyamuk, atau bisa menggunakan pakan lain misalnya seperti cacing.

Jika kamu memiliki pelet di rumah, kamu juga bisa mmeberikan pelet kepada ikan tersebut. Pelet didalamnya mempunyai protein, sehingga membuat ikan menjadi lebih sehat, Untuk pemberian pakan pelet ini 2 kali sehari, dan jangan sampai kurang atau lebih supaya ikan cupang menjadi sehat.

3. Rutin menjemur ikan dalam merawat ikan cupang

Ikan cupang juga sangat memerlukan sinar matahari, di mana sinar matahari ini sangat bagus sekali untuk menghilangkan bakteri dan juga jamur. Untuk menjemur ikan cupang ini sebenarnya sangat mudah sekali, kamu tinggal menjemurnya di bawah sinar matahari.

Jemur ikan cupang selama kurang lebih 15 menit, dan dengan cara demikian bakteri-bakeri yang ada pada tempat ikan bisa menghilang. Namun jika ikan tampak panik saat sedang dijemur, maka ikan bisa dipindahkan ke tempat agak teduh dan tidak terlalu panas.

4. Lakukan secara perlahan saat ingin memindahkan ikan cupang ke wadah baru

Saat kamu baru pertama kali membeli ikan cupang, tentu ada air dalam wadah tersebut. Wadah atau tempat untuk air tersebut, menjadi tempat untuk tinggal bagi ikan cupang. Karena itu, jika ikan cupang dipindahkan, harus dilakukan secara perlahan lahan.

Pemindahan ikan ini bisa dilakukan secara perlahan-lahan, dan bisa menggunakan wadah serta air yang lama. Jika sudah mulai beradaptasi dengan baik, maka bisa dipindakan perlahan dan ganti dengan air baru. Air yang digunakan, bisa menggunakan air sumur.

Baca Juga:

5. Memberi obat jika ikan cupang sakit atau sirip patah

Ikan cupang juga bisa sakit, jika tidak dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Jika ikan cupang  sedang sakit, bisa ditangani dengan menggunakan biji ketapang. Rendam biji ketapang dalam aquarium, sehingga ikan bisa sembuh kembali.

Jika ada sirip yang patah pada ikan cupang, kamu juga bisa menggunakan obat metil berwarna biru. Langsung saja berikan metil biru ke bagian sirip yang patah tersebut, dan perlahan lahan ikan cupang bisa bergerak lagi jika sudah diobati.

Sekian informasi mengenai tips dan juga cara yang bisa dilakukan, untuk merawat ikan cupang dengan baik. Perawatan ikan cupang sendiri sangat mudah, namun harus dilakukan dengan baik agar ikan cupang bisa sehat dan tidak mudah sakit.

Baca Juga: 3 Metode Sistem Hidroponik Populer, Untuk Skala Hobi Hingga Bisnis!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *