5 Cara Mengusir Kucing Liar, Tanpa Menyakiti!

Tidak semua kucing bersahabat, apalagi banyak kucing liar yang berpotensi membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit, untuk itu perlu menerapkan cara mengusir kucing liar secara tepat tanpa menyakiti


Ilustrasi kucing liar (pixabay.com/Dimhou)

Kucing liar banyak ditemukan di Indonesia. Bagi sebagian orang, kehadiran mereka cukup mengganggu. Ada beberapa orang yang memang takut dengan kucing atau bahkan trauma karena pernah dicakar sehingga tidak ingin dekat dengan binatang tersebut.

Faktanya, tidak semua kucing bersahabat, apalagi banyak kucing liar yang berpotensi membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan cara mengusir kucing liar secara tepat tanpa menyakiti dan dilakukan secara kasar.

Nah, untungnya ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan metode-metode sederhana terkait cara mengusir kucing liar tanpa harus menyakiti. Lantas, bagaimana cara mengusir kucing liar yang baik dan benar tanpa menyakiti? Coba saja terapkan salah satu cara berikut ini.

1. Menebar aroma yang tidak disukai oleh kucing

Sama seperti tikus, kecoa, dan hewan liar lainnya, kucing juga tidak menyukai aroma tertentu. Biasanya aroma yang harum dan kita sukai justru tidak disukai oleh kucing.

Aroma yang menyengat tidak disukai oleh kucing karena terasa menusuk hidung mereka. Kamu bisa menggunakan aroma-aroma seperti lemon, cabai, dan mentol. Aroma lemon tidak disukai kucing karena menyengat, sedangkan aroma cabai dapat membuat matanya perih.

Sementara aroma mentol hampir sama seperti lemon. Aroma mentol sendiri biasanya digunakan untuk pembuatan balsam, minyak kayu putih, minyak angin, dan lainnya.

2. Meletakkan tanaman yang dibenci kucing

lavender-g32da49c58_640
Tanaman lavender (pixabay.com/NoName_13)

Kamu juga dapat meletakkan tanaman yang memiliki aroma yang tidak disukai kucing, seperti bunga geranium, resemary, serai, rue, coleus canina, lavender, pennyroyal, dan lain sebagainya.

Tanaman pengusir kucing ini mengandung aroma yang tidak disukai kebanyakan kucing. Kelebihan utamanya adalah kucing akan menjauh sendiri tanpa perlu disakiti atau ditakuti. Anda juga akan mendapatkan tampilan cantik dari kebun dan taman Anda dari tanaman ini.

Letakkan tanaman tersebut di sekitar halaman rumah, bisa disatukan dengan tanaman lain atau dibiarkan berdiri sendiri.

Baca Juga: Musim Hujan, Hati-Hati Dengan Serangga Satu Ini

3. Menyemprotkan air

watering-ga706d70b1_640
Ilustrasi menyiram air (pixabay.com/jackmac34)

Air adalah musuh kucing, oleh sebab itu Anda bisa menyemprotkan air untuk mengusir kucing liar di sekitar halaman rumah.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, seperti dengan menggunakan keran atau pistol air berukuran kecil. Selain itu, Anda juga dapat sekaligus memanfaatkan perangkat air sebagai penyiram tanaman.

Caranya yakni dengan memasang timer otomatis pada jam-jam saat kucing biasanya masuk ke wilayah rumah. Anda juga dapat menggunakan teknologi sensor yang langsung menyemprotkan air ketika kucing lewat sehingga lebih mudah dan praktis.

4. Membuat tempat kesukaan kucing menjadi tidak nyaman

cactus-g3a6627dd1_640
Ilustrasi kerikil tajam dan tumbuhan berduri (anurajrv)

Kucing adalah hewan yang suka sekali bersantai. Oleh sebab itu, Anda bisa mengusir kucing dengan membuatnya tidak nyaman dan enggan untuk mendatangi area tertentu.

Ada banyak cara untuk membuat tempat incaran kucing di rumah jadi tidak nyaman. Salah satunya, dengan mengisi bebatuan atau kerikil tajam di area di mana kucing selalu bersantai. Bisa juga dengan meletakkan tumbuhan berduri di tempat yang disukai oleh kucing.

5. Menggunakan perangkat ultrasonik

Bentuk-sensor-ultrasonik
Ilustrasi sensor ultrasonik (ruangteknisi.com)

Cara mengusir kucing liar tanpa menyakiti berikutnya ini cukup ampuh dan tidak akan mengganggu manusia, yakni dengan memasang perangkat ultrasonik di sekitar rumah.

Alat tersebut dapat mengeluarkan suara yang mengakibatkan kucing akan kesal ketika mendengarnya. Meski demikian, manusia tidak akan terganggu dengan suara tersebut karena berada di luar jangkauan kemampuan pendengaran manusia.

Selain menggunakan perangkat, Anda juga dapat membuat alat sendiri dengan menempatkan kelereng atau kerikil di kaleng yang kosong sehingga kucing menjadi marah ketika ia berjalan di sekitar rumah.

Cara lainnya adalah menggunakan bel yang sensitif atau lonceng angin yang mengeluarkan suara saat kucing bergerak dan menyebabkan getaran.

Baca Juga: 8 Teori Sains Tentang Alam Dalam Alquran, Sudah ada sejak 14 Abad Lalu!

6. Membersihkan sumber makanan bagi kucing di area sekitar rumah

image-167
Ilustrasi Membersihkan halaman rumah

Kucing liar biasanya suka berada di tempat yang banyak makanan. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kucing peliharaan di rumah, hindari memberi kucing Anda makanan di luar ruangan.

Setelah memberi makan kucing, segera bersihkan sisa-sisa makanan untuk mencegah kucing liar datang. Selain itu, hindari membuang sisa daging ke tumpukan sampah di samping rumah.

Pastikan juga peralatan masak Anda bersih dan tidak berbau. Pasalnya, alat masak yang bau dapat mengundang kucing liar datang ke rumah.

7. Menggunakan lidi

6d412e2c59b07f47c53139a372d33be2
Ilustrasi sapu lidi (my-best.id)

Pada umumnya kucing takut pada benda-benda yang berbentuk pipih, keras, dan panjang. Misalnya seperti timun, irisan bambu, dan lidi.

Anda dapat memanfaatkan lidi untuk mengusir kucing tanpa menyakitinya. Cukup dengan mengibaskan lidi tanpa perlu memukulnya, kucing akan pergi karena merasa tidak nyaman.

Selain gerakan meliuk-liuk, suara yang ditimbulkan akibat kibasan lidi juga mengganggu ketenteraman kucing.

8. Menggunakan obat pengusir kucing

Ilustrasi obat pengusir kucing (berita.99.co)

Jika tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan obat pengusir kucing yang tersedia di pasaran. Ada yang berupa bubuk, ada juga yang berupa semprotan.

Selain itu, obat pengusir kucing juga hadir dalam bentuk butiran. Cara penggunaannya cukup mudah dan praktis, yakni dengan menaburkannya di sekitar area yang disukai kucing liar.

Jangan lupa memilih obat pengusir kucing yang mengandung bahan organik agar tidak membahayakan nyawa kucing.

9. Menaruh botol berisi air

bottles-g5e56413d6_640
Botol berisi air (pixabay.com/Hans)

Botol berisi air merupakan salah satu cara mudah sekaligus aman yang dapat dilakukan untuk mengusir kucing liar. Caranya cukup dengan menaruh botol-botol berisi air di tempat yang kucing kerap kunjungi. Memang sih belum ada keterangan ilmiah yang menjelaskan dengan menaruh botol-botol berisi air, kucing tidak akan mendekat.

Ada juga teori yang mengatakan bahwa jika kamu meletakkan air kemasan di sekitar pagar Anda, kucing akan mulai dengan silau dari sinar matahari yang terpantul dalam cairan melalui botol transparan.

Cara unik ini diakui ampuh oleh penduduk Jepang dalam mengusir kucing yang datang ke rumah. Air di dalam botol dipercaya dapat membuat kucing liar merasa terancam dan kemudian pergi.

Nah, itulah 9 tips untuk mengusir kucing liar di area rumah kita. Selalu ingat, kucing-kucing liar ini diusir secara halus ya, jangan main kasar terhadap binatang.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Kucing yang Wajib Diketahui

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *