10 Fakta Unik Tentang Kucing yang Wajib Diketahui

Cat lovers wajib banget nihh mengetahui fakta-fakta unik tentang kucing. Disimak yaa!


Kucing merupakan hewan mamalia yang sering dipelihara oleh manusia. Keunikan kucing yaitu berupa bentuk tubuh, mata dan warna bulunya yang mempunyai daya tarik tersendiri. Selain itu, kucing dinilai bisa mengurangi stres pemiliknya, tak heran banyak orang yang memelihara kucing. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Rakuten Inisight pada tahun 2018 menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama dalam memelihara kucing dibandingkan negara Asia lainnya, presentasenya sekitar 47%.

Kucing yang saat ini sering dipelihara merupakan kucing domestik dengan nama spesies Felis Catus atau Felis Dometicus, dengan panjang tubuh 76cm, berat tubuh jantan kurang lebih 3-4 kg sementara berat tubuh betina kurang lebih 2-3 kg.

Kucing sebagai mamalia crepuscular tidak memakan apapun yang mengandung tumbuhan hal ini dikarenakan ia dapat berburu serta membunuh hewan, seperti cicak, tikus, kadal, ikan dan serangga. Wahh, jadi makin penasaran nihh fakta unik apa saja yaa, yang dimiliki kucing? Mari kita simak!

1. Memiliki papila di lidahnya

Siapa nihh yang pernah di jilat kucing? Rasanya kasar bukan? Nah, hal ini disebabkan oleh papila yang ada di lidahnya, papila ini berfungsi untuk membersihkan badan kucing agar tetap bersih dan juga sehat.

2. Tidak bisa merasakan manis

Menurut ahli biokimia Joe Brand dari Monell Chemical Senses Center mengatakan bahwa kucing tidak bisa merasakan manis seperti mamalia lainnya. Hal ini dikarenakan sel perasa T1R2 dan T1R3 tidak berfungsi dengan baik pada kucing.

Baca Juga: Kenapa Jalan Dibuat Berkelok, Ini Alasannya!

3. Telinganya dapat berputar 180°

Kucing mempunyai 32 jaringan otot yang dapat mengendalikan telinganya, sehingga dengan jaringan otot sebanyak itu ia bisa berputar 180° tanpa menoleh ke asal suara yang didengarnya.

4. Mempunyai Tapetum Lucidum

Apa itu Tapetum Lucidum? Merupakan lapisan jaringan pada mata di hewan-hewan vertebrata. Lapisan ini terletak di belakang retina, yang dapat merefleksikan cahaya yang masuk melalui retina. Dan kucing memiliki lapisan Tapetum Lucidum ini untuk memperjelas kemampuan penglihatannya di kala gelap.

5. Kumisnya berfungsi sebagai alat navigasi

Saat siang hari, penglihatan kucing dinilai buruk. Kumis ini digunakan sebagai sensor untuk mengukur jarak di siang hari, sehingga jangan sampai kumis kucing di cukur yaa, karna kumisnya sangat berpengaruh untuk sensor atau alat navigasi.

6. “Paw” untuk mengeluarkan keringat

Kucing memiliki telapak kaki yang unik, yang seringkali disebut dengan paw. Paw ini berfungsi untuk mengeluarkan keringat kucing ketika udara terasa panas lho, selain itu fungsi lain dari paw adalah sebagai peredam suara ketika melompat.

7. Memiliki suara dengkuran yang khas

Suara dengkuran kucing yang khas memiliki manfaat lho, manfaat bagi kita adalah dapat mengurangi stres dan membantu penyembuhan dan kepadatan tulang. Hal tersebut telah terbukti oleh penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Scientific American.

8. Bisa memahami emosi manusia

Kucing bisa memahami emosi kita lho, saat kita sedih biasanya ia akan menghampiri kita seolah bertanya “mengapa bersedih” dan biasanya kucing pun akan menghibur kita. Selain itu, saat ada bahaya pun kucing bisa mengetahuinya dan berusaha untuk melindungi kita.

9. Keseimbangan tubuh yang baik

Karna tulang punggungnya fleksibel sehingga kucing dapat menyeimbangkan tubuhnya dengan baik. Tak heran, seringkali kita melihat kucing dapat berjalan di tembok atau atap rumah tanpa terjatuh.

10. Mempunyai gen yang sama dengan harimau

Ternyata, kucing mempunyai gen yang sama dengan harimau lho. Diketahui persamaan gennya memiliki presentase 95.6%. Hal ini terlihat dari perilaku mengendus, mengintai hingga menerkam mangsanya yang sama seperti harimau.

Wahh, ternyata banyak sekali ya fakta unik tentang kucing hewan lucu nan menggemaskan ini. Teman-teman yang pelihara kucing sekarang udah tau dong? Jangan lupa rawat dan sayangi terus kucingnya ya.

Thanks for reading.

Source : Jurnal Penelitian Keragaman Kucing Domestik (felis domesticus) berdasarkan Morfogenetik (Jurnal Peternakan Sriwijaya Vol. 1 No. 1)

Baca Juga: Mengintip Manfaat Si Mungil dari Tanaman Kersen

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *