5 Makanan Yang Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Nomor 2 Adalah Superfood!


Ilustrasi makanan untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Fungsi sistem imun merupakan bagian penting dan perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh tetap kuat dan optimal. Sistem imun yang kuat sangat berguna bagi pertahanan tubuh dalam mencegah berbagai penyakit menular.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah melalui pangan. Mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral akan membantu tubuh untuk tetap sehat melawan virus dan bakteri pembawa penyakit serta diselingi dengan pola makan yang baik dan sehat untuk menjaga kebugaran supaya semakin menunjang peningkatan imunitas tubuh.

Berikut ini pembahasan kelima makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

1. Jahe

Jahe

Jahe sangat membantu dalam meningkatkan daya imun tubuh. Tumbuhan yang rimpangnya juga bisa digunakan sebagai rempah-rempah untuk bumbu masak ini memiliki kandungan gingerol dan curcumin yang sangat baik bagi tubuh, dan kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan serta antiinflamasi yang ampuh untuk menangkal radikal bebas sehingga akan meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain bermanfaat untuk imun tubuh manusia, jahe juga memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang diyakini mampu memperkuat daya tahan tubuh serta mencegah infeksi.

Baca Juga:

2. Daun Kelor

Daun kelor

Kelor mengandung zat gizi yang sangat lengkap dibandingkan bahan pangan lainnya. Kandungan vitamin C pada kelor tujuh kali jeruk, kandungan vitamin A empat kali wortel, kandungan kalsium setara empat gelas susu, dan kandungan proteinnya dua kali yoghurt.

Selain itu, tanaman yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan melebihi antioksidan yang terdapat pada buah stoberi sehingga dapat menambah imunitas tubuh, menangkal radikal bebas, dan mampu menangkal virus maupun penyakit.

Kandungan daun kelor ini sudah lama diketahui akan kebaikannya, karena ia merupakan salah satu di antara superfood. Superfood sendiri merupakan pangan fungsional yang bergizi tinggi dan kaya akan fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh dan imunitas manusia.

3. Pepaya

Pepaya

Buah pepaya mempunyai kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh dan bisa dikonsumsi ataupun digunakan untuk pengobatan karena memiliki banyak kandungan yang baik dalam memproteksi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Khasiat buah yang merupakan tanaman dari famili caricaceae ini di antaranya ialah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C di dalamnya.

Baca Juga:

4. Kiwi

Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki kadar antioksidan dan nilai gizi yang cukup tinggi, kaya akan vitamin C, serat, kalsium, zat besi, fosfor, dan kalium. Selain itu, buah yang berbentuk seperti telur ayam ini merupakan sumber flavonoid yang baik.

Kadar flavonoid yang terdapat di dalam perasan buah berdaging kehijau-hijuan ini juga dapat digunakan sebagai daya tahan tubuh.

5. Bayam

Bayam

Tanaman berbentuk semak ini memiliki kandungan vitamin C, yang mana kandungan tersebut adalah antioksidan alami yang diperlukan manusia untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit dan serbuan radikal bebas penyebab kanker, mencegah sariawan, melawan efek racun pada obat-obatan yang diminum, mencegah sakit pada gusi, serta bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit muka, kulit kepala, dan rambut.

Bayam juga mengandung vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin A, folat, dan magnesium yang berkhasiat sama, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itu dia penjelasan mengenai lima makanan yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sekali lagi, imun berperan sangat penting dalam memproteksi diri dari berbagai macam virus, bakteri, dan benda-benda asing lainnya yang dapat menyebabkan penyakit.

Jangan biarkan sistem imun tubuh melemah, dan jauhi hal-hal yang dapat mengancam kekebalan tubuh seperti kurang tidur, dehidrasi, kekurangan nutrisi, kurang aktif bergerak, hingga stres.

Baca Juga: Pahami Manfaatnya, 3 Penyakit Serius ini Dapat Dicegah Dengan Serat

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *