5 Fakta Royal Excelsior Virton FC, Klub Milik N’golo Kante di Liga Belgia


N’golo Kante baru saja diresmikan oleh Al-Ittihad sebagai salah satu pemain anyar mereka pada hari Rabu (21/6) melalui postingan video dan gambar yang diunggah oleh akun @alittihadclub.sa.

Sebum postingan itu diunggah, Fabrizio Romano membeberkan fakta apabila mantan pemain Chelsea ini dikontrak sampai 4 tahun oleh Al-Ittihad, dengan total gaji sekitar 100 juta euro per musim.

Tak butuh waktu lam, beberapa hari setelah berita resmi perpindahan N’golo Kante ke Saudi Pro League diumumkan, salah satu akun instagram klub Liga 3 Belgia bernama @excelsiorvirton mengunggah informasi yang mengejutkan penggemar pemain Tim Nasional (Timnas) Prancis Ini.

Royal Excelsior Virton FC secara resmi mengganti Flavio Becca ke N’golo Kante.” Itulah salah satu penggalan kalimat yang tertulis dalam unggahan tersebut. Tercantum juga sebuah tautan yang berisi penjelasan lengkap soal informasi tersebut.

Dalam website resmi Royal Excelsior Virton FC terdapat unggahan berjudul Flavio Becca & N’golo Kante: Together, always higher. Di artikel tersebut dijelaskan jika N’golo kante per 1 Juli 2023 akan berstatus sebagai pemilik baru Royal Excelsior Virton.

Tentu saja setelah Royal Excelsior Virton berpindah tangan menjadi milik N’golo Kante, banyak netizen yang penasaran mengenai fakta klub asal Belgia ini, tidak sedikit juga dari mereka yang mulai mengikuti instagram @excelsiorvirton. Berikut beberapa fakta Royal Excelsior Virton.

Turun kasta ke liga divisi 3 Belgia 

Sejak didirikan pada tahun 1922, Royal Excelsior Virton belum bisa menghasilkan prestasi yang begitu mentereng di Liga Belgia.

Setelah bertengger di Challenger Pro League (CPL) selama 2 musim, per musim 2023/24 Royal Excelsior Virton malah mengalami degradasi dan turun ke kasta ke-3 Liga Belgia, atau yang biasa disebut dengan istilah 1ste Nationale.

Pada liga 1ste Nationale, Royal Excelsior Virton akan bermain melawan 18 klub lain seperti Jong KAA Gent, Oh Leuven U-23, KSK Heist, Young Reds dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Pernah Dibobol Marselino 

Pada tanggal 22 April 2023, Royal Excelsior Virton dijadwalkan menghadapi KMSK Deinze di laga lanjutan CPL Relegation Playoff , pada pertandingan kali ini klub berjuluk Les Gaumais harus menelan kekalahan dengan skor 3-1.

Tercatat dalam website Transfermarkt, apabila salah satu pencetak gol klub KMSK Deinze ke gawang Royal Excelsior Virton adalah Marselino Ferdinan, gol itu terjadi setelah bekas pemain Persebaya ini mendapat umpan manis dari rekan satu klubnya bernama Gaëtan di menit ke-77.

Memiliki pemain berdarah Arab 

Untuk menyongsong musim 2023/24, petinggi klub Royal Excelsior Virton memutuskan untuk menjual dan membeli beberapa pemain baru. Dan untuk sekarang setidaknya ada 31 pemain yang terdaftar dalam skuad resmi Royal Excelsior Virton.

Dari total 31 pemain itu, beberapa diantaranya memiliki darah Arab. Contohnya seperti Rayanne Khemais yang berkewarganegaraan Tunisia-Prancis, dia berposisi sebagai bek tengah. Selanjutnya ada Mohammed Gouaida, mantan pemain Timnas Tunisia ini juga berkewarganegaraan Tunisia-Prancis. Terakhir ada Jammal Aabbou, dia merupakan pria berkewarganegaraan Maroko-Belgia yang berusia masih berusia 23 tahun.

Dihuni banyak pemain asal Prancis 

Faktor banyaknya pemain Prancis di skuad Royal Excelsior Virton nampaknya menjadi salah satu alasan N’golo Kante mau membeli klub ini.

Terhitung ada sekitar lebih dari 50% pemain klub ini berasal dari Prancis, entah itu yang hanya memiliki satu kewarganegaraan Prancis saja, maupun yang memiliki kewarganegaraan ganda.

Daftar pemain asal Prancis yang membela klub ini diantaranya yakni, Vincensini, Bourdin, Khemais, Rémy, Droehnle, Dudouit, Doué, Espinosa, Sylla, Kilic, Llunga, Gouaida, Aguemon, Vitris, Anne, Mabella, Abdallah.

Termasuk petinggi dan pelatih Royal Excelsior Virton juga ada yang berkewarganegaraan Prancis, seperti Alex Hayes selaku Chief executive officer, Christian Bracconi selaku manager klub, Jérémy Dumesnil selaku pelatih kiper, Marc-Antoine Palma selaku Physioterapis.

Baca Juga:

Royal Excelsior Virton memiliki pemain timnas dari beberapa negara 

Meskipun sekarang Royal Excelsior Virton tengah berstatus sebagai klub yang jatuh ke liga divisi ketiga Belgia, akan tetapi banyak pemain berkualitas yang menghuni klub ini, banyak dari mereka merupakan pemain Timnas di negaranya.

Hakim Abdallah berstatus sebagai pemain Timnas Madagaskar, yang mana sebelumnya dia bermain untuk Timnas Prancis U-16 dan U-19. Kedua, ada Yan Mabella, dia sekarang berstatus sebagai pemain Timnas Kongo.

Yang ketiga Souleymane Anne, dia merupakan pemain Timnas Mauritania. Lalu Hervé Kage, dia merupakan pemain Timnas Republik Kongo, sebelumnya dia menjadi bagian dari Timnas Belgia U-21. Yang terakhir ada Yanick Aguemon, dia merupakan pemain berposisi sayap kiri yang sekaligus berstatus sebagai pemain Timnas Benin, sebelumnya dia adalah pemain Timnas Prancis U-20 dan U-23.

Banyak juga mantan pemain Timnas Prancis kelompok Umur yang menjadi pemain di Royal Excelsior Virton, diantaranya seperti Axel Vitris, Michel Espinosa, William Rémy, dan beberapa lainnya.

Baca Juga: Edouard Mendy Resmi Gabung ke Al-Ahli Saudi FC, Goodbye Chelsea

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *