4 Negara Asia di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

Nomor 2 Berhasil Bantai Thailand U-17


BekelSego – Setelah drama quarter final di kejuaraan Piala Asia U-17  Thailand selesai, 4 negara Asia dipastikan akan bermain di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Adapun 4 negara yang dinyatakan lolos ke Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, masing-masing telah berhasil mengalahkan lawan mereka di babak quarter final Piala Asia U-17 di Thailand.

1. Iran

Iran dikenal sebagai salah satu negara yang kuat dalam hal sepak bola, negara asal Mehdi Taremi ini juga memiliki Timnas kelompok umur yang kuat.

Pada Minggu malam (25/6), skuad asuhan Hossein Abdi dijadwalkan untuk bertemu Yaman U-17, pria berusia 56 tahun ini menurunkan kesebelasan utama yang diisi oleh Shakouri (GK), Andarz, Nafari, Darvishaali, Zoleykhaei, Zamani, Razzaghinia, Barage, Gholizadeh, Sadeghi dan Taheri.

Kedua tim bermain begitu alot, hal ini dibuktikan dengan skor kacamata tidak berubah sampai peluit penghujung babak normal dibunyikan, akhirnya permainan dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Perjuangan pemain Iran-U17 di Piala Asia U-17 Thailand patut diacungi double jempol, sebab mereka harus berjuang sampai babak pinalti untuk bisa mengalahkan Yaman U-17. Pinalti berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Iran U-17, di laga ini kiper Iran bernama Arsha Shakouri melakukan aksi heroik dengan menepis 2 tendangan pemain Yaman U-17 bernama Al-Salami dan Abdulnabi.

Dua top skorer yang dimiliki skuad Iran U-17 adalah pemain akademi klub Sepahan FC bernama Kasra Taheri dan Esmaeil Gholizadeh, mereka sama-sama memiliki raihan 2 gol untuk skuad Iran U-17.

Baca Juga:

2. Korea Selatan

Skuad Korea Selatan (Korsel) U-17 menjadi negara kedua yang lolos ke Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, hebatnya salah satu pemain asuhan Sung Hwan Byun, bernama Kim Myung Jun memegang posisi sebagai top skorer di Piala Asia U-17 Thailand untuk sementara.

Sejauh ini mereka telah mengoleksi 14 gol dan hanya mencatatkan satu kekalahan ketika melawan Iran U-17, karena itu Korsel berposisi sebagai runner-up grub B, dan dijadwalkan bertemu dengan tuan rumah Thailand U-17 di babak quarter final.

Pelatih korsel menurunkan kesebelasan utama yang diisi oleh Hong (GK), Lee, Ko, Kang, Hwang, Lim, Back, Jin, Yun, Yang, Kim ketika melawan Thailand.

Sedari awal peluit dibunyikan, Timnas Korsel U-17 sudah menunjukkan dominasinya, akan tetapi dari sekian banyak peluang yang dimiliki, hanya satu peluang yang mampu berbuah menjadi gol.

Pada babak pertama pertandingan, skor sempat imbang setelah salah satu pemain Thailand U-17 berhasil membobol gawang Hong di menit ke-16. Skor 1-1 bertahan sampai penghujung babak pertama berakhir.

Sayang, impian Thailand U-17 untuk menemani skuad Garuda di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia  hanya tinggal impian semata, sebab di babak kedua pemain Korsel U-17 berhasil melesakkan tambahan 3 gol ke gawang skuad Gajah Putih.

Total 4 gol yang ditorehkan oleh pemain Korsel U-17 tersebut dicetak oleh Min Woo Kang, Myung Jun Kim, Do Young Yun dan Hyun Min Kim. Skor berakhir dengan angka 4-1 untuk Korsel U-17.

3. Jepang

Jepang U-17 adalah negara paling produktif di Piala Asia U-17 Thailand, negara di zona Asia Timur ini telah mencatatkan 16 gol tanpa sekalipun mencatatkan kekalahan.

Di laga pertama melawan Uzbekistan U-17, Jepang U-17 menorehkan hasil imbang dengan skor 1-1, di laga kedua melawan Vietnam U-17 menang dengan skor 4-0, di laga selanjutnya saat melawan India U-17,  skuad Samurai Biru menang dengan skor telak 8-4, dan di laga quarter final melawan Australia U-17, mereka berhasil menang lagi dengan skor 3-1.

Setidaknya terdapat 3 pemain yang menjadi top skorer di skuad Jepang U-17, mereka juga sama-sama mengoleksi 3 gol. Ketiga pemain itu adalah Kohei Mochizuki, Yutaka Michiwaki, dan Gaku Nawata. Dengan kemenangan atas Australia U-17, memantapkan langkah Jepang U-17 untuk lolos ke Pildun U-17 Indonesia 2023.

Baca Juga:

4. Uzbekistan

Skuad Uzbekistan U-17 secara mengejutkan menjadi negara Asia terakhir yang lolos ke Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, mereka lolos setelah sukses menekuk skuad Arab Saudi U-17.

Sebelum lolos ke babak quarter final, Uzbekistan U-17 berhasil melawan 3 negara dengan raihan positif tanpa sekalipun mengalami kekalahan. Meski tidak mencetak banyak gol, skuad mereka mampu memaksimalkan setiap laga dengan baik

Laga pertama melawan Jepang U-17 berakhir dengan skor imbang 1-1, laga kedua melawan India U-17 menang tipis dengan skor 1-0, laga melawan Vietnam U-17 juga menang dengan skor tipis 1-0. Dan di laga melawan Arab Saudi U-17, skuad arahan Jamoliddin Rakhmatullaev malah menang dengan skor 2-0.

Uniknya total 5 gol yang didapatkan oleh skuad Uzbekistan U-17 berasal dari 5 pemain yang berbeda. Diantaranya dicetak oleh Amirbek Saidov, Dilshod Akhmadaliev, Shodiyor Shodibiyev, Mukhammedali Reimov dan satu gol lagi merupakan gol bunuh diri pemain Arab Saudi U-17.

Baca Juga: Resmi, FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *