3 Pemain Asing Asal Myanmar dan Timor Leste Yang Bermain di Liga Indonesia Musim 2023/24


Sejak penambahan kuota khusus pemain asing dari ASEAN (Kawasan Asia Tenggara) hampir semua klub di Liga Indonesia merekrut pemain dari ASEAN.

Dari postingan yang diunggah oleh akun Instagram @garudafansbook, mayoritas pemain keturunan asal Filipina sangat mendominasi, akan tetapi terdapat beberapa klub yang menggunakan kuota ASEAN dengan merekrut pemain asal Myanmar dan Timor Leste. Berikut Daftarnya:

1. Pedro Henrique (Persikabo Bogor)

Pedro adalah mantan pemain Tim Nasional (Timnas) Timor Leste U-23 yang masih memiliki darah Brazil. Pemain berusia 31 tahun ini lahir pada tanggal 17 Januari 1992, dan berposisi sebagai pemain striker.

Sebelum mulai bermain di Indonesia di awal Musim 2022/23, Pedro sidah berkelana dengan bermain di banyak negara. Seperti di Brazil, Iran, Bahrain, Maladewa, Bangladesh, Angola, Korea Selatan, Oman, Qatar, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Dengan pengalamannya yang banyak, tentu saja membuat Pedro sedikit-banyak mengenali iklim sepak bola di negara yang dia tempati.

Dari semua klub yang dia bela, dia mencatatkan permainan paling banyak di Madura United, sejak didatangkan pada bulan Juli 2022, Pedro berhasil memainkan 15 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 1 asis.

Kepindahan Pedro ke Persikabo Bogor bisa dikatakan sangat berhasil, dia berkontribusi banyak bagi klub asal Jawa Barat ini. Dari 27 pertandingan yang dimainkan, Pedro berhasil mencetak 9 gol, 2 asis dan bermain selama 1.026 menit.

Pedro adalah tipe pemain versatile, terbukti dari awal membela klub Brazil sampai bermain di Liga Indonesia, pemain yang memiliki tinggi 1,82 Meter ini pernah bermain di posisi striker utama, second striker dan sayap kiri.

Baca Juga:

2. Paulo Gali (PSIS Semarang)

Gali menjadi salah satu pemain luar negeri yang begitu terkenal di Indonesia, terlihat dalam beberapa pertandingan di kejuaraan seperti AFF dan Sea Games, Gali mampu tampil enerjik dan menarik perhatian penikmat sepak bola.

Gali sendiri menjadi salah satu pemain yang diandalkan di skuad Timnas Timor Leste, itu terbukti dari statistiknya apabila dia selalu dipanggil untuk memperkuat Timnas Timor Leste U-16 sampai skuad senior Timor Leste.

Dari total 22 laga yang dia jalani dengan Timnas Timor Leste kelompok umur sampai senior, Gali berhasil mencetak 14 gol bagi negaranya.

Salah satu gol yang diingat masyarakat Indonesia yakni ketika Gali mampu mencetak gol indah ke gawang Timnas Indonesia senior di kompetisi FMD.

Sebelum diresmikan oleh PSIS Semarang, Gali baru saja mencatatkan raihan apik sebagai juara Liga Timor Leste dengan klubnya bernama Karketu Dili FC. Di klub itu pemain yang memiliki tinggi 1,65 Meter ini bermain dengan salah satu pemain sepak bola asal Indonesia bernama Janeth Kamare.

Baca Juga:

3. Win Naing Tun (Borneo FC)

Win adalah pemain Timnas kelompok umur dan Timnas senior Myanmar, pemain muda yang lahir pada tanggal 3 Mei 2000 ini bermain di posisi striker.

Sebelum bergabung dengan Borneo FC, pemain ini pernah membela Yangon United, Ayeyawady United dan Yadarnabon FC. Dari 3 klub yang dibela Win di Myanmar, dia memiliki statistik terbaik selama membela klub Ayeyawady United, dengan klub ini Win mencatatkan 24 laga dengan raihan 11 gol dan 2.095 menit bermain.

Win justru tampil gacor ketika membela Timnas Myanmar,  sejak bergabung dengan Timnas Myanmar U-18 sampai senior, dia selalu mencetak gol terutama saat membela skuad U-20 negaranya.

Dari total 33 laga yang dia jalani dengan Timnas Myanmar U-20, Win mencatatkan 25 gol. Selain itu di gelaran Sea Games Vietnam, Win juga berhasil membobol gawang Timnas Indonesia.

Pemain berusia 23 tahun ini juga debut di skuad senior Timnas Myanmar di usia yang cukup muda, yakni saat dia berumur 21 tahun 25 hari.

Sejauh ini Win telah bermain di berbagai level internasional seperti Sea Games, AFF, International Friendlies, Asian Cup Qualification, dan World Cup Qualification.

Dari total 17 laga yang dijalani Win dengan Timnas senior Myanmar, Win baru berhasil mencetak satu gol di ajang Asian Cup Qualification pada tanggal 14 Juni 2022, gol tersebut dicetak Win ketika Myanmar tengah berhadapan dengan Singapura, di waktu ini Win bermain selama 45 menit.

Baca Juga: 3 Pemain Timnas Negara ASEAN Ini Akan Bermain di Liga Indonesia. Ada Yang Sudah diresmikan (Part 3)

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *