5 Pemain Timnas Indonesia Yang Pernah Berkarir di Liga Thailand


Thailand menjadi negara yang memiliki sepak bola paling maju di Asia Tenggara, negara asal Chanatip Songkrasin ini memang memiliki prestasi membanggakan baik di tingkat ASEAN maupun Asia.

Liga Thailand juga memiliki kualitas yang bagus, hal ini dibuktikan dengan prestasi klub sepak bola Thailand bernama Thai Farmers Bank, yang pernah menjuarai kompetisi AFC Champions League.

Selain itu, Tim Nasional (Timnas) Thailand juga sangat dominan, Timnas mereka berstatus sebagai pemenang terbanyak di kompetisi AFF & Sea Games sampai sekarang.

Dengan segala prestasi yang mereka miliki, tidak mengherankan apabila banyak pemain sesama ASEAN yang berhijrah untuk bermain di Liga Thailand, bahkan  beberapa pemain Indonesia juga pernah berkarir di sana. Berikut daftarnya:

1. Ryuji Utomo

Ryuji adalah pemain sepak bola jebolan akademi ASIOP, pemain berusia 27 tahun ini pernah beberapa kali membela klub luar negri, salah satunya klub asal Thailand bernama Petroleum Authority of Thailand Rayong Football Club atau biasa disingkat dengan istilah PTT Rayong FC.

Status bergabungnya Ryuji dengan PTT Rayong sebagai pemain pinjaman dari Persija Jakarta di musim 2017/18, selama membela klub ini Ryuji tercatat hanya memainkan 2 pertandingan dengan menit main sebanyak 171 menit.

Setelah dibubarkan di tahun 2019, beberapa rekan satu klub Ryuji di PTT Rayong banyak yang membela klub lain di Thailand. Diantaranya seperti Abdulhafiz Beraheng yang membela Buriram United dan João Paulo yang menjadi pemain Suphanburi FC.

2. Yanto Basna

Yanto menjadi pemain sepak bola sekaligus mantan pemain timnas Indonesia yang pernah membela 3 klub asal Thailand. Pemain Elite Sports Indonesia ini membela klub Thailand dari tahun 2018 sampai akhir tahun 2021.

Tiga klub yang pernah dibela oleh Yanto adalah Khon Kaen United, Sukothai FC dan PT Prachuap FC. Dari tiga klub di Liga Thailand yang pernah dibela oleh Yanto, dia memiliki statistik paling baik ketika membela PT Prachuap FC.

Dengan klub berlogo warna hitam-oranye ini Yanto berhasil memainkan 19 laga dengan raihan 1 gol dan 1.646 menit bermain.

Baca Juga:

3. Irfan Bachdim

Irfan merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia-Belanda jebolan akademi Ajax dan Utrecht, pemain yang memiliki market value 1,74 Miliar ini pernah membela 2 klub asal Thailand.

Kedua klub itu adalah Chonburi FC dan Nakhonratchasima United. Terhitung Irfan berkarir di Thailand selama satu tahun, sejak tanggal 1 Januari 2013 sampai penghujung tahun 2013.

4. Terens Puhiri

Terens adalah pemain kelahiran Jayapura pada tanggal 13 Oktober 1996, pria yang debut dengan Timnas Indonesia pada awal tahun 2022 ini pernah tercatat sebagai pemain Liga Thailand yang bergabung dengan skuad Port FC.

Terens tercatat sebagai pemain pinjaman yang dimiliki Port FC dari Pusamania Borneo (Borneo FC), dia bermain untuk klub Madam Pang dari bulan Desember 2017 sampai bulan November 2018.

Selama membela Port FC, Terens berhasil memainkan 13 pertandingan dengan raihan 215 menit bermain, baik itu bermain di Liga Thailand maupun Thai FA Cup.

Baca Juga:

5. Victor Igbonefo

Victor adalah pemain naturalisasi Indonesia asal Nigeria, pemain berusia 37 tahun ini biasa diposisikan sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Total ada sekitar 5 klub Thailand yang pernah dibela oleh Victor, diantaranya yaitu Chiangrai United, Super Power FC, Navy FC, Swat Cat, dan PTT Rayong.

Selama berkarir di Thailand, Victor memiliki statistik paling bagus ketika membela Swat Cat, dengan klub ini Victor berhasil memainkan 35 laga dengan raihan 2 gol, 1 asis, dan 3.150 menit bermain.

Raihan 2 gol yang dicetak oleh Victor di Liga Thailand terjadi ketika Swat Cat bermain menghadapi Chonburi FC dan Thai Honda FC, sedangkan raihan satu asis dia cetak ketika menghadapi mantan klubnya, Super Power FC.

Baca Juga: The Real Legenda! 3 Pemain Asing Ini Betah Bermain di Liga Indonesia

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *