7 Amalan di Bulan Ramadan Sesuai Sunah Rasulullah


Ilustrasi ibadah di bulan Ramadan

Selain berpuasa, ada juga 7 amalan baik bulan Ramadan sesuai sunah Rasulullah yang bisa dikerjakan umat muslim. Amalan-amalan tersebut nantinya akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT. Tentunya, momentum yang hanya terdapat setahun sekali ini tidak boleh dilewatkan oleh umat muslim.

Nah, inilah amalan-amalan baik bulan Ramadan yang bisa diterapkan untuk mendapatkan pahala tambahan selama berpuasa!

1. Makan Sahur

Amalan baik bulan Ramadan sesuai sunah Rasulullah yang pertama adalah melakukan sahur. Sebelum berpuasa, hendaklah makan sahur untuk menjaga tenaga agar tetap kuat dan tidak lemas selama berpuasa. Pilihlah menu sahur seperti sayur, protein seperti ikan atau ayam dan buah yang sehat untuk menjaga stamina.

Cukupkan pula dengan air mineral serta tambahkan suplemen seperti multivitamin dan susu untuk menjaga tubuh agar tetap kuat dan fit. Bagi kamu yang memiliki penyakit mag, bisa meminum obat mag setidaknya setengah jam sebelum sahur untuk mengurangi resiko mag yang bisa muncul.

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Amalan baik bulan Ramadan sesuai sunah Rasulullah selanjutnya adalah menyegerakan berbuka puasa. Ketika azan Maghrib telah berkumandang, hendaklah langsung berbuka puasa dan tidak menunda terlalu lama.

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis seperti buah kurma. Sebab, berbuka dengan yang manis disinyalir bisa mengembalikan kembali energi yang terkuras selama berpuasa seharian.

Baca Juga: 7 Amalan Sunah pada Hari Jumat, Sayang Jika Dilewatkan!

3. Membaca dan Mengkaji Alquran

Amalan baik selanjutnya yaitu dengan membaca dan mengkaji Alquran. Dibulan suci Ramadan, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk fokus membaca dan mengkaji ayat-ayat Alquran. Apalagi keberkahan dan pahalanya akan berlipat ganda.

Mulailah membaca Alquran di waktu luang, sebelum atau sesudah salat, baik salat wajib maupun salat sunah agar bisa khatam setidaknya satu kali selama Ramadan. Selanjutnya mengkaji setiap ayat yang terkandung di dalam Alquran, memahami dengan baik setiap arti di dalamnya. Bisa juga bertanya kepada yang lebih ahli agar tidak salah menafsirkan.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Muslim Indonesia Menyambut Bulan Ramadan

4. Memperbanyak I’tikaf di Masjid

Amalan baik sesuai sunah Rasulullah selanjutnya adalah memperbanyak I’tikaf di Masjid, khususnya di 10 hari  terakhir Ramadan. Tujuan dari I’tikaf ini adalah agar bisa bertemu dengan malam Lailatul Qadar serta mendapatkan pahala yang lebih besar.

Selain itu, dengan berdiam diri di Masjid juga akan bisa membantu menambah keimanan dan juga menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan tidak baik yang dibenci Allah. Maka, jangan lupa untuk mengupayakan diri beri’tikaf di Masjid ya.

5. Menjaga Setiap Lisan

Mengupayakan diri untuk menjaga setiap lisan yang dilontarkan juga termasuk ke dalam amalan baik sesuai sunah Rasulullah. Dianjurkan sebagai umat muslim untuk selalu menjaga lisan selama berpuasa. Sebab, setiap ucapan yang tidak baik seperti adu domba, menggunjing, berbicara kotor atau bicara kejelekan lainnya bisa mengurangi pahala puasa.

Maka, cobalah untuk berhati-hati dengan lisanmu agar puasa tidak sia-sia dan menjadi berkah. Cobalah untuk selalu berzikir, beristighfar, menyebut Asma Allah agar lisan senantiasa terjaga dengan ucapan yang baik.

Baca Juga: 7 Tips Melatih Anak Untuk Berpuasa, Dimulai Sejak Balita!

6. Banyak Bersedekah

Amalan baik bulan Ramadan sesuai sunah Rasulullah lainnya adalah banyak bersedekah. Sedekah bisa diberikan dalam bentuk uang atau juga berupa makanan dan minuman untuk umat muslim yang berpuasa.

Bersedekah selama bulan Ramadan, akan mendapatkan ganjaran pahala oleh Allah SWT. Jadi, yuk mulai perbanyak bersedekah. Perlu diingat juga, bersedekahlah dengan niat serta dari hati yang tulus dan ikhlas ya.

7. Perbanyak Ibadah di Malam Lailatul Qadar

Amalan baik sesuai Sunah Rasulullah yang terakhir adalah dengan perbanyak ibadah di malam Lailatul Qadar. Malam ini berada di 10 malam terakhir bulan suci Ramadan, tepatnya pada malam-malam ganjil.

Di malam Lailatul Qadar, setiap ibadah yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan malam-malam lain di bulan Ramadan. Maka, sangat dianjurkan untuk umat muslim memperbanyak ibadah serta melakukan amal kebaikan lainnya di malam Lailatul Qadar ini.

Itulah penjelasan mengenai 7 amalan baik bulan Ramadan sesuai sunah Rasulullah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala. Semoga, puasa tahun ini bisa meraih banyak keberkahan dan pahala yang berlimpah.

Baca Juga: Penting! 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *