Penting! 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadan

Menjelang Ramadan ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar Ramadan berjalan dengan lancar


Ilustrasi persiapan Ramadan (pixabay.com/mucahityildiz)

Bulan Ramadan, bulan yang penuh dengan pengampunan ini akan datang sebentar lagi. Tentu banyak yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan ini. Ada lima hal penting yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadan agar semua berjalan dengan lancar nantinya.

Untuk yang masih bingung hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menyambut Ramadan. Yuk cek penjelasan selengkapnya di bawah ini ya!

1. Perkuat Keimanan

Hal penting yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadan pertama kali adalah memperkuat keimanan. Mengingat selama bulan Ramadan ada banyak keberkahan dan pahala yang dilipatgandakan, maka kamu bisa mulai perkuat keimananmu dengan berlatih dari sekarang.

Perkuat keimananmu dengan mulai beribadah lebih rajin. Bisa dimulai dari menambah salat-salat sunah seperti salat duha dan salat tahajud, shalat sunah rawatib yang mengiringi salat wajib, lalu memperbanyak zikir, membaca Alquran, mendalami ilmu agama atau ibadah-ibadah lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Masjid bagi Anak, Ayah Bunda Wajib Tahu!

2. Persiapkan Fisik dan Jasmani

Meskipun tengah berpuasa, kamu tentu tetap beraktivitas seperti biasa. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan jasmani agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Nah, agar tetap sehat selama puasa mulailah dengan mengatur pola hidup sehat dari sekarang.

Biasakan dengan bangun pagi setiap harinya, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta mulai minum multivitamin. Dengan memulai rutinitas yang baik ini, nantinya akan memudahkan puasa kamu lancar dan tidak mudah sakit selama Ramadan.

3. Mulai Belajar Sedekah

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadan lainnya adalah mulai belajar sedekah. Sebab, setiap amalan yang dikerjakan selama Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya. Bersedekah tidak harus dalam jumlah yang besar, kamu bisa memulainya dari jumlah yang kecil dahulu lalu mulai menambahkan angkanya semampu kamu.

Kamu juga bisa berbagi dengan memberikan makanan-makanan kepada yang membutuhkan. Kebiasaan yang kamu mulai dari saat ini, akan membawa keberkahan dan pahala ketika kamu melanjutkannya hingga Ramadan tiba.

Baca Juga: 7 Tips Melatih Anak Untuk Berpuasa, Dimulai Sejak Balita!

4. Melatih Ketahanan Diri

Puasa adalah aktivitas terbaik untuk menahan diri dari segala hawa nafsu. Menahan diri untuk tidak makan dan minum di jam berpuasa, menahan amarah, menahan untuk tidak bergunjing serta menahan dari kebiasan-kebiasaan buruk lainnya.

Kamu bisa mulai melatih ketahanan diri dari kebiasaan buruk tersebut dengan cara shalat dan perbanyak berzikir. Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk sama-sama belajar menahan diri. Memang menahan diri ini tidak mudah, tetapi kebiasaan yang kamu lakukan dari sekarang ini akan berdampak baik untuk puasa yang kamu jalani saat Ramadan nanti.

5. Membuat List Kebutuhan Selama Ramadan

Terakhir adalah membuat list kebutuhan selama Ramadan. Mengingat harga akan naik dan barang-barang yang bisa mendadak langka saat Ramadan, jadi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan apa saja kebutuhan-kebutuhan selama bulan Ramadan dari sekarang.

Cobalah untuk membuat list-list yang dibutuhkan selama Ramadan, seperti bahan-bahan pokok, bumbu dapur, makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa seperti susu, madu, vitamin, kurma serta perlengkapan untuk beribadah. Segeralah membuat list tersebut dan mulai membelinya dengan mencicil agar kebutuhan saat Ramadan tercukupi.

Jadi, itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadan agar ibadah di bulan Ramadan nanti bisa maksimal. Semoga, tidak hanya berjalan selama Ramadan saja, tetapi juga bisa berlanjut di bulan-bulan lainnya juga ya. Selamat mempersiapkan puasa.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Muslim Indonesia Menyambut Bulan Ramadan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *