Tips Mengatasi Rasa Pedas di Mulut, Coba 5 Cara Ini!

Rasa pedas sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat, kamu bisa menggunakan tips mengatasi rasa pedas di mulut ini


Ilustrasi makan cabai (pixabay.com/englishlikeanative)

Makan kurang lengkap jika tidak ditemani dengan sambal maupun saos yang memiliki rasa pedas. Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai makanan yang berasa pedas. Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa mengakibatkan lidah dan bibir terasa terbakar bahkan dapat menyebabkan sakit perut dan gangguan pencernaan.

Rasa pedas sendiri disebabkan oleh senyawa kimia dari cabai yang menimbulkan sensasi pedas yaitu capsaicin yang bersifat non-polar dan tidak dapat larut dalam air. Sehingga, untuk mengurangi sensasi pedas pada mulut membutuhkan makanan yang memiliki kandungan molekul non-polar untuk menghilangkan pedasnya.

Rasa pedas yang ada pada capsaicin ternyata juga berkhasiat bagi tubuh. Dilansir heatline, beragam khasiat dari capsaicin untuk tunuh manusia seperti; meredakan nyeri, mengatasi gatal-gatal pada kulit, meredakan pilek, meningkatkan metabolisme dan berat badan, menyehatkan jantung, mengontrol gula darah, dan menurunkan resiko kanker.

Rasa pedas sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya, akan tetapi tidak semua orang tahan terhadap efek capsaicin yang membakat mulut. Sehingga, tidak sedikit orang yang ketika makan pedas butuh cara menghilangkan rasa pedas tersebut dengan cepat.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa pedas dengan cepat? Simak 5 tips berikut ya!

1. Minum Susu             

Ilustrasi minum susu (pixabay.com/congerdesign)

Ketika merasakan sensasi pedas kita dianjurkan minum susu. Hal tersebut karena susu mengandung senyawa protein yang disebut kasein yang dapat memecah capsaicin atau zat pemicu rasa pedas dalam cabai. Selain itu, kasein dan capsaicin bersifat non-polar. Lemak yang terkandung dalam susu dan kasein dapat mengikat capsaicin sehingga dapat menetralisir rasa pedas.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, minum susu setelah makan pedas bisa memperlambat proses pencernaan, dan malah menyebabkan perut terasa kembung. Karena itu, setelah makan pedas minumlah sedikit susu saja untuk menetralkan lidah atau tunggu 15-20 menit sebelum minum segelas susu.

Baca Juga: Tetap Awet Muda di Usia 30-an? Ikuti 7 Tips Jitunya Yuk!

2. Konsumsi Madu atau Gula

Ilustrasi air gula atau madu (pixabay.com/congerdesign)

Mengonsumsi madu maupun gula dapat menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Hal tersebut karena zat ini mengandung sukrosa yang membantu mempercepat proses pengeluaran capsaicin dari dalam rongga mulut. Selain itu, kandungan sukrosa pada madu dan gula dapat memberikan efek analgesik sehingga mampu mengurasi sensasi pedas yang diakibatkan capsaicin.

Air gula dapat menghilangkan kepedasan cabai hingga tingkat yang tidak terdeteksi. Itu sebabnya, satu sendok makan atau gula mungkin dapat membantu mengatasi rasa pedas di mulut.

Cobalah untuk mencampurkan 1 sendok makan gula ke dalam air atau oleskan madu secukupnya. Hal ini bertujuan melapisi lidah untuk meredakan sensasi terbakar dari cabai.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Es Krim?

3. Makan Nasi atau Roti

Ilustrasi roti (pixabay.com/Couleur)

Mengonsumsi karbohidrat sepeti nasi, roti, gandum, dan lain-lain dapat membantu mengurangi rasa pedas dengan cepat. Karbohidrat dapat menyerap capsaicin yang tertinggal di mulut dan bertugas sebagai tembok pembatas antara mulut dengan capsaicin sehingga dapat membantu mengurangi rasa pedas pada bibir dan lidah.

Baca Juga: 8 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

4. Konsumsi Makanan atau Minuman Asam

Air jeruk (pixabay.com/NoName_13)

Minuman asam seperti air perasan jeruk, sari lemon dapat membantu mengurasi sensasi pedas pada mulut. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan asam dalam minuman asam tersebut, sehingga mampu menetralisir dan menenangkan sensasi pedas di mulut.

Meski begitu, jangan sampai mengonsumsi minuman asam berlebihan agar tidak muncul masalah pencernaan, ya

5. Minum Air Hangat

Ilustrasi minuman hangat (pixabay.com/chezbeate)

Walaupun sekilas lebih menyiksa mulut, namun minuman hangat ternyata dapat cepat menetralisir sensasi pedas. Kebanyakan dari kita sering mengira bahwa minum air dingin dapat menghilangkan sensasi pedas dengan cepat, akan tetapi ketika minum air dingin justru dapat menyebarkan rasa pedas di rongga mulut.

Sehingga, ketika merasakan pedas kita lebih dianjurkan minum dengan air yang hangat. Kenapa air hangat dapat menghilangkan rasa pedas? Hal tersebut karena air hangat memiliki efek pengencer senyawa capsaicin yang lebih baik apabila dibandingkan dengan air dingin. Sehingga ketika merasakan sensasi pedas kita lebih dianjurkan minum dengan air hangat.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Tetap Kuat Bekerja Meski Berpuasa

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *