6 Tips Ampuh Tetap Kuat Bekerja Meski Berpuasa

Bekerja saat berpuasa tentu bisa memicu tubuh menjadi lemas. Sehingga diperlukan tips agar tetap kuat bekerja meski berpuasa


Ilustrasi bekerja saat berpuasa di bulan Ramadan

Bekerja saat tengah berpuasa tentu memiliki tantangan tersendiri. Sebab, bekerja di saat tengah menahan lapar dan dahaga bisa memicu tubuh menjadi lemas, semangat bekerja pun ikut berkurang. Padahal, bekerja juga termasuk ibadah yang berpahala terutama saat bulan Ramadan.

Tapi tenang, kamu tetap bisa kok bekerja dan nggak merasa lemas meski tengah berpuasa. Berikut 6 tips ampuh tetap kuat bekerja meski berpuasa yang bisa kamu ikuti:

1. Penuhi Kebutuhan Sahur dengan Makanan yang Kaya Nutrisi

Tips ampuh tetap kuat bekerja meski berpuasa yang pertama adalah wajib penuhi kebutuhan sahur dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Bukan hanya sekadar kenyang saja, kamu juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh agar tetap kuat dan bersemangat saat bekerja.

Pilihlah makanan yang mengandung protein, karbohidrat serta lemak yang cukup. Tambahkan juga menu lain seperti buah-buahan atau kacang-kacangan serta susu agar imun tetap terjaga baik saat berpuasa.

Baca Juga: 7 Tips Melatih Anak Untuk Berpuasa, Dimulai Sejak Balita!

2. Konsumsi Air Minum yang Cukup

Selanjutnya, cukupkan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air minum yang cukup agar puasamu kuat seharian. Kamu bisa mengonsumsi air minum setidaknya 500 ml saat sahur atau kamu bisa menerapkan pola 2-4-2.

Pola 2-4-2 yang dimaksud adalah dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hari dan dua gelas saat sahur. Untuk 4 gelas saat malam hari, bisa dibagi dengan satu gelas sebelum makan malam, satu gelas setelah makan malam, satu gelas setelah tarawih dan satu gelas sebelum tidur. Sementara, dua gelas saat sahur bisa dibagi dengan satu gelas sebelum sahur dan satu gelas setelah sahur.

Baca Juga: 5 Langkah Mencapai Kesempurnaan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan

3. Hindari Kafein Saat Sahur dan Berbuka

Meminum kafein bisa membantu tubuh lebih segar dan menghindari rasa kantuk. Tetapi, meminum kafein juga bisa membuatmu cepat dehidrasi. Maka dari itu hindarilah meminum kafein saat sahur dan berbuka agar tubuhmu tetap terhidrasi saat berpuasa.

Kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, tetapi juga pada teh dan minuman yang bersoda. Jadi, gantilah minumanmu dengan mengonsumsi air putih atau susu agar tubuh tetap terhidrasi dan kuat berpuasa seharian.

4. Tambahkan Vitamin atau Multivitamin

Selain tambahan serat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan, kamu juga bisa menambahkan asupan vitamin atau multivitamin selama berpuasa. Pilihlah vitamin yang mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin D, Zinc, Yodium atau Magnesium untuk menunjang daya tahan tubuh dan membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Untuk vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan vitamin C bisa diminum saat sahur, yaitu 30 menit sebelum makan sahur atau 1 jam setelah makan. Sementara, vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin D bisa dikonsumsi saat buka puasa.

Baca Juga: 7 Amalan di Bulan Ramadan Sesuai Sunah Rasulullah

5. Atur Jam Tidur yang Cukup

Tips kuat bekerja meski berpuasa selanjutnya adalah jam tidur yang cukup. Mengingat selama Ramadan jam tidur sedikit berkurang karena terpotong dengan jam sahur. Sehingga, mengatur jam tidur yang lebih baik dan berkualitas diperlukan agar tetap kuat berpuasa.

Cobalah tidur lebih awal, tepatnya setelah melaksanakan tarawih dan bangunlah satu jam sebelum sahur. Dengan pola tidur yang baik ini, bisa membantu tubuhmu untuk segar dan kuat selama berpuasa seharian.

6. Tidak Melewatkan Olahraga

Tips kuat bekerja yang terakhir adalah tetap melakukan aktivitas berolahraga. Meskipun tengah berpuasa, berolahraga tetap harus dilakukan agar tubuh selalu sehat serta stamina kuat. Namun jangan berolahraga terlalu berat ya, berolahraga sekitar 20-35% saja.

Selama berpuasa, kamu bisa berolahraga sebelum jam berbuka yaitu sekitar 90 menit sebelumnya atau sekitar jam 3-4 pagi sebelum sahur. Tapi tetap diingat, sesuaikan olahraga ini dengan kondisi fisik kamu ya.

Demikianlah enam tips ampuh tetap kuat berpuasa meski bekerja yang bisa kamu coba. Semoga, tips-tips di atas bisa membuatmu kuat berpuasa dan lancar beraktivitas seharian ya.

Baca Juga: 7 Amalan di Bulan Ramadan Sesuai Sunah Rasulullah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *