Tetap Awet Muda di Usia 30-an? Ikuti 7 Tips Jitunya Yuk!

Tetap awet muda di usia 30a-n tidak hanya jadi impian, tapi bisa terwujud kalau kamu mencoba 7 tips ini


0

Memasuki usia 30-an, akan ada banyak perubahan yang terjadi pada kulit. Mulai dari kerutan di dahi, garis halus sekitar mata dan garis senyum, flek hitam dan perubahan lainnya. Hal ini sebetulnya sesuatu yang wajar mengingat berkurangnya kadar hormon, kolagen, serta regenerasi kulit yang melambat. Namun, sebagai seorang wanita memiliki kulit yang tetap awet di usia 30-an tentu menjadi idaman.

Oleh karena itu, diperlukan pencegahan dengan perawatan lebih agar perubahan tersebut tidak semakin parah. Perawatan ini juga sedikit berbeda dibanding saat berusia 20-an.

Kira-kira apa aja ya tips jitu merawat kulit yang tepat di usia 30-an agar tetap awet muda? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Rutin membersihkan wajah menyeluruh

Ilustrasi membersihkan wajah (pexels.com/Miriam Alonso)

Tips pertama yang wajib dilakukan adalah rutin membersihkan wajah dua kali pada pagi hari sebelum beraktivitas dan sebelum tidur untuk menghilangkan debu serta kotoran yang bisa membuat wajah kusam dan tidak sehat. Kamu bisa membersihkan wajah dengan teknik double cleansing, yaitu menggunakan micellar water atau cleansing balm untuk pembersihan pertama setelahnya disempurnakan dengan sabun pencuci wajah secara menyeluruh.

Tujuan double cleansing ini adalah agar debu dan kotoran yang menempel bisa terangkat sempurna sehingga wajahmu bersih dan terhindar dari kusam. Kamu bisa gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu.

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

2. Eksfoliasi wajah dua kali seminggu

Ilustrasi eksfoliasi wajah dua kali seminggu (pexels.com/Monstera)

Pergantian sel kulit mulai melambat ketika sudah memasuki usia 30-an dan akan mengalami pergantian sel kulit baru sekitar 28-35 hari. Akibat lamanya pergantian ini, sel-sel kulit mati lebih lama menumpuk dan akhirnya menyebabkan kulit jadi bertekstur kasar, kusam dan kering. Untuk itu, diperlukan eksfoliasi kulit setiap dua kali seminggu.

Pilihlah produk yang mengandung senyawa Alpha Hydroxy acid (AHA), Beta Hydroxy Acids (BHA), Salicylic Acids atau retinoid. Lakukan eksfoliasi wajah dengan gerakan lembut dan perlahan supaya pori-pori tidak cedera. Eksfoliasi ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dan mengangkat sel kulit baru.

3. Gunakan pelembap wajah

Ilustrasi menggunakan pelembap wajah (pexels.com/Anna Tarazevich)

Menginjak usia 30-an, kemampuan kulit dalam memproduksi sebum yang berfungsi untuk melembapkan kulit akan berkurang. Akibatnya kulit menjadi kering dan kerutan-kerutan halus di wajah muncul. Oleh karena itu, wajib menggunakan pelembap saat berada di dalam maupun di luar ruangan agar elastisitas kulit tetap terjaga.

Gunakan produk pelembap yang diformulasikan khusus untuk anti-aging atau pelembap yang mengandung retinol, lanolin, niacinamide, ceramide, hyaluronic acid, dan glycerin.

4. Tambahkan produk skincare lain

Ilustrasi menggunakan skincare tambahan (pexels.com/Yan Krukau)

Selain pelembap wajah, usahakan menambah produk skincare lain seperti toner, serum, dan eye cream untuk memaksimalkan perawatan kulit wajah di usia 30. Ketiga skincare ini bisa kamu gunakan sebelum memakai pelembap.

Kamu bisa memilih toner dengan kandungan vitamin B, gliserin, rose water atau hyaluronic acid untuk mempertahankan kelembapan kulit dan mengelupas sel-sel kulit mati. Hindari toner yang mengandung alkohol karena sifatnya yang bisa menarik air dari kulit, sehingga kulit menjadi kering. Untuk serum, pilihlah serum khusus anti-aging seperti retinol yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Tambahkan juga serum dengan kandungan vitamin E, C dan niacinamide untuk melembapkan kulit dan merangsang produksi kolagen sehingga wajah menjadi lebih kencang, sehat dan tampak bercahaya. Lalu tambahkan rangkaian skincare eye cream atau eye serum pada bagian bawah mata untuk menyamarkan kerutan-kerutan halus dan warna gelap yang mulai nampak.

Baca Juga: Rutin Memakai Skincare Tapi Gak Glowing-Glowing? Ternyata ini 8 Alasannya

5. Gunakan tabir surya

Ilustrasi menggunakan tabir surya (pexels.com/Misolo Cosmetic)

Jangan lupa aplikasikan tabir surya atau sunscreen pada wajah untuk menghindari terkena paparan sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahari bisa merusak kolagen, menipiskan kulit, memunculkan bintik hitam dan kerutan pada kulit wajah. Pilihlah tabir surya dengan minimal kadar 50 SPF dengan kandungan zinc dan titanium dioxide untuk perlindungan wajah lebih baik.

Gunakan tabir surya ini tidak hanya di luar ruangan tetapi juga di dalam ruangan ya karena sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela atau celah pintu.

6. Cukupi kebutuhan dengan minum air mineral

Ilustrasi meminum air mineral (unsplash.com/engin akyurt)

Selain perawatan dari luar, kulit juga membutuhkan perawatan dari dalam. Salah satunya rutin meminum air mineral atau air putih agar kulit tetap terhidrasi dan lembap. Kamu bisa minum air setidaknya dua liter per hari atau delapan gelas per hari.

Konsumsi air mineral nyatanya tidak hanya menyehatkan kulit saja, tetapi juga membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Jadi, jangan lupa cukupi kebutuhan cairan tubuhmu ya agar tidak hanya sehat dari luar, tapi juga dari dalam.

7. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Ilustrasi makanan sehat dan bernutrisi (unsplash.com/ Louis Hansel)

Konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi juga bisa membantu menjaga kulit agar tetap awet muda dan segar. Plihlah makanan seperti buah-buahan, sayur serta ikan yang mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kulit.

Pilihlah sayur seperti bayam dan kale, karena mengandung vitamin E dan retinol yang membantu mendorong sel kulit mati. Kedua sayur ini juga mengandung asam folat yang berfungsi untuk merawat kesehatan sel dan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan. Untuk buah, semangka bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, kandungan air dalam buah ini banyak mengandung mangan, selenium, kalsium, dan vitamin C, K, E yang membantu menghidrasi kulit, melawan polutan dan senyawa kimia yang bisa merusak kulit.

Terakhir, kamu bisa mengonsumsi ikan seperti salmon, makarel atau ikan kembung yang mengandung banyak asam lemak omega 3 yang bisa membantu kulit agar tetap kenyal dan lembap.

Selain tips di atas, kamu juga harus rutin berolahraga dan mengatur jam tidur dengan baik ya agar semua tips yang kamu coba mendapat hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Cara Alami Atasi Keriput, Untuk Mencegah Penuaan Dini

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *