Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Es Krim?

Jika kamu menderita diabetes, es krim benar-benar dapat menjadi bagian dari dietmu. Namun, Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.


Ilustrasi es krim (pexels.com/calebe-miranda)

Banyak orang menikmati es krim sebagai makanan penutup yang lezat setelah makan, tetapi jika kamu menderita diabetes, kamu mungkin bertanya-tanya apakah kamu harus menghindarinya? Untuk membantu menjaga kadar gula darah yang sehat, penderita diabetes disarankan untuk menghindari makanan manis seperti es krim. Namun, menghilangkan semua makanan manis biasanya tidak mungkin dilakukan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Di Amerika Serikat, diabetes adalah kondisi yang sangat umum. Lebih dari 37 juta orang di Amerika Serikat mengidap diabetes, dan hampir 100 juta orang Amerika Serikat mengidap prediabetes. Masih ada cara yang aman dan sehat untuk menikmati es krim bagi penderita diabetes. Namun, penderita diabetes harus memperhatikan asupan gula dan karbohidrat mereka.

Bagaimana Es Krim Dapat Mempengaruhi Kadar Gula Darah?

Makanan kaya karbohidrat seperti es krim dapat meningkatkan gula darah, sehingga menyulitkan penderita diabetes untuk mengonsumsinya. Tubuh kamu mengubah karbohidrat menjadi glukosa atau gula dan hormon insulin biasanya mengatur kadar gula darah.

Efek insulin menjadi “resisten” bagi penderita diabetes tipe 2. Gula darah yang tinggi dapat merusak tubuh dari waktu ke waktu. Penyakit jantung, kerusakan saraf, penyakit ginjal, dan masalah penglihatan adalah beberapa komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

Baca Juga: 5 Tips Meminimalisir Naiknya Kolesterol dan Tekanan Darah Pasca Liburan

Apakah Es Krim Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes?

Tidak ada orang yang sehat jika mengonsumsi gula tambahan dan karbohidrat sederhana dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, karbohidrat kompleks yang mengandung kadar serat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi sangat penting bagi penderita diabetes. Meskipun makanan dengan tambahan gula sederhana, seperti es krim, masih dapat dinikmati dari waktu ke waktu, membuat pilihan yang bijaksana dapat membantu mengontrol gula darah.

Bagi penderita diabetes, es krim dapat menjadi bagian dari diet sehat, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipikirkan. “Es krim tentu saja dapat dimasukkan ke dalam pola makan sehat, termasuk untuk seseorang dengan diabetes, dengan mempraktikkan kontrol porsi yang baik dan membuat pilihan cerdas pada jenis es krim yang Anda konsumsi,” kata Josten Fish, RD, seorang ahli gizi terdaftar yang telah bekerja dengan pasien yang memiliki komplikasi diabetes.

Baca Juga: 7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan

Memilih Es Krim Terbaik untuk Diabetes

Jika kamu menderita diabetes, ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan saat memilih es krim. Menurut CDC, penderita diabetes dua kali lebih mungkin terkena stroke atau penyakit jantung dibandingkan orang yang tidak menderita diabetes.

Mengubah kebiasaan sehat, seperti makan dengan cara yang menjaga gula darah tetap stabil dapat membantu. Pertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Apa yang Harus Diperhatikan :

Karena tambahan gula dan karbohidrat memengaruhi gula darah, pilihlah es krim dengan lebih sedikit bahan-bahan ini. Erythritol, buah monk, dan stevia adalah contoh pemanis non-nutrisi yang digunakan pada beberapa produk merek. Meskipun pemanis alternatif ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah seperti halnya gula biasa, beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan. Menambahkan kacang-kacangan, yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat, ke dalam es krim adalah pilihan lain yang baik karena kacang-kacangan dapat mengurangi lonjakan gula darah dan mempercepat proses penyerapan.

Untuk makanan penutup, parameter nutrisi ramah diabetes menyarankan untuk membatasi setiap porsi tidak lebih dari 30 gram karbohidrat, 360 miligram natrium, dan 2 gram lemak jenuh. Namun, karena es krim mengandung lebih banyak lemak jenuh, kamu harus mencari es krim yang mengandung tidak lebih dari 3 gram per sajian.

2. Yang Harus Dihindari

Hindari rasa es krim karamel dan marshmallow yang mengandung sumber gula tambahan. Namun, jika karamel asin adalah salah satu rasa favorit, batasi diri dengan ukuran porsi yang lebih kecil.

Cara Menikmati Es Krim ke dalam Diet Sehat untuk Penderita Diabetes

Jika kamu menderita diabetes, kamu harus fokus mengonsumsi makanan yang lebih rendah karbohidrat dan gula, tetapi bukan berarti kamu harus berhenti mengonsumsi es krim. Jika ingin memasukkan es krim ke dalam menu makanan yang ramah diabetes, berikut ini beberapa saran dari ahli gizi:

  1. Tambahkan protein ke dalam es krim. Meskipun es krim mengandung protein, menambahkan lebih banyak protein akan memperlambat pencernaan dan penyerapan gula. Menurut Fish, akan lebih baik bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi es krim bersamaan dengan makanan kaya protein. Daripada hanya memakan es krim sendiri, kadar gula darah akan lebih stabil jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain yang mengandung protein dan serat, baik itu sebagai bagian dari makanan utama maupun camilan berprotein tinggi. Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah pilihan terbaik.
  2. Makanlah satu gigitan saja
  3. Kendalikan karbohidrat lain. Jika kamu berencana untuk menikmati es krim setelah makan malam, kurangi karbohidrat. Fish menyarankan, “Pastikan untuk memperhitungkan kandungan karbohidrat dalam es krim untuk menjaga jumlah total makanan Anda pada tingkat yang disarankan saat memakannya sebagai bagian dari makanan.
  4. Buatlah es krim sendiri. Fish menyarankan untuk membuat es krim rendah gula di rumah, di mana kamu dapat mengontrol sumber gula atau pemanis tambahan, jika kamu senang memasak dan membuat kue.

Es krim dapat dimasukkan ke dalam diet sehat meskipun kamu menderita diabetes, meskipun ada beberapa pertimbangan tambahan. Sebaiknya makan es krim secukupnya dan pilihlah es krim yang mengandung lebih sedikit karbohidrat, lebih sedikit gula dan lebih sedikit lemak jenuh.

Penting untuk diingat bahwa makan dengan cara yang sehat juga menyenangkan. Menurut Fish, “Menghilangkan semua makanan penutup, termasuk es krim, sebenarnya dapat menyebabkan keinginan untuk makan lebih banyak makanan penutup dan mungkin pesta makan. Jika Anda menyukai yogurt beku, sesekali menikmati semangkuk saja tidak masalah. Ikuti saran lain dari dokter Anda, seperti makan makanan yang ramah diabetes dan berolahraga serta tidur yang cukup.”

Jadi intinya, penderita diabetes boleh kok mengonsumsi es krim. Asal jangan berlebihan dan selalu selektif dalam memilih es krim.

Baca Juga: Mengintip Manfaat Si Mungil dari Tanaman Kersen

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *